...
3 min read

46 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan HRD di Tahun 2021!

People Management

Dulu HRD dikenal sebagai *“The Fun Police”

Re: Sekelompok orang yang ingin menghentikan orang lain bersenang-senang

Terlebih dalam hal peraturan perusahaan, dan/atau compliance atau payroll officer.

Namun tidak bisa disangkal, saat ini HRD telah mengalami banyak perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Kini perusahaan mulai menyadari pentingnya mengalihkan fungsi HRD.

Jika dulu HR fokus pada personnel management dan tugas administrasi, seperti perekrutan, terminasi, payroll, dan banyak lainnya.

Tugas administrative tersebut harus ditinggalkan oleh HR Profesional di tahun 2021.

→ Lihat: Daftar hal yang harus ditinggalkan oleh HRD profesional

Sejak akhir 1970-an, HR tumbuh semakin menantang. Sekarang energi HR dialihkan untuk mengelola employee engagement dan memperkuat workplace culture.

HR Profesional yang visioner akan memastikan tim mereka happy di tempat kerja sehingga akan terus bertahan di perusahaan kedepannya.

Bisnis yang sedang berkembang sering kali melakukan rangkap pekerjaan. Bisa jadi CEO atau General Manajer ikut mengerjakan tugas HR.

Atau jika Anda seperti 80%* bisnis lain yang percaya bahwa fungsi HR perusahaan Anda kurang, itu mungkin pertanda Anda memerlukan bantuan!

Jika perusahaan Anda sedang mempertimbangkan untuk outsource HR, Anda menjadi bagian dari tren yang sedang berkembang.

Jangan menghabiskan waktu seputar masalah compliance yang akan menghabiskan seluruh waktu Anda.

 

GRATIS! Checklist 46 Hal yang Tidak Boleh dilakukan HRD di Tahun 2021

 

Ini adalah alasan yang baik untuk mempertimbangkan outsourcing HR. Tetapi jika Anda bertanya-tanya mengapa perusahaan lain mengalihdayakan sumber daya manusia, baca terus!

Society for Human Resources Management (SHRM) melakukan survei terhadap ratusan perusahaan tentang kebiasaan outsourcing mereka, ditemukan beberapa alasan paling umum perusahaan melakukan outsourcing. Enam diantaranya adalah:

 

  • 26% perusahaan melakukan outsourcing untuk menghemat uang

Perusahaan mana yang tidak ingin menghemat pengeluaran sebaik mungkin?

Outsourcing HR memungkinkan perusahaan untuk memangkas biaya sambil tetap fokus pada core business dan tanggung jawab yang dihadapi pelanggan.

Anda dapat mengantisipasi penghematan sekitar 20% – 30% persen dibandingkan dengan memaksakan semua fungsi HR in house.

Perusahaan outsourcing yang tepat menawarkan peace of mind karena fungsi HR perusahaan ditangani oleh seorang ahli berpengalaman.

 

  • 23% perusahaan melakukan outsourcing untuk fokus pada strategi

Dengan terpenuhinya kebutuhan HR yang kritis, tim dan karyawan Anda dapat fokus pada strategi HR yang dapat memberikan outcome.

Jika Anda bekerja pada industry medis, Anda pasti ingin karyawan Anda fokus pada penyediaan layanan medis.

Jika Anda menjalankan bisnis teknologi otomotif, Anda ingin orang-orang Anda berfokus pada perbaikan dan perawatan kendaraan.

Outsourcing HR membantu Anda mengalokasikan lebih banyak waktu dan effort untuk memastikan bisnis Anda melakukan yang terbaik, dengan keyakinan bahwa praktik HR ditangani dengan benar.

 

  • 22% perusahaan melakukan outsourcing untuk meningkatkan compliance

Semua perusahaan harus mematuhi undang-undang dan peraturan tertentu, dan bisnis di industri tertentu, memiliki peraturan khusus juga.

Kegagalan untuk mematuhi peraturan dapat berakibat serius dan mahal.

Outsource ke perusahaan dengan spesialisasi HR akan memberi Anda peace of mind bahwa perusahaan Anda akan selalu mematuhi semua peraturan SDM yang berlaku.

HR outsourcing yang tepat, terdiri dari para expert yang berpengetahuan luas dalam regulations dan compliance, bahkan yang khusus untuk industri tertentu.

Aturan-aturan ini dapat berubah dengan cepat, dan perusahaan tidak boleh ketinggalan. Satu kesalahan langkah atau pelanggaran dapat berdampak negatif yang signifikan pada revenue.

HR compliance dapat mengalihkan perhatian tim Anda dari business goal, jika tidak dialihdayakan.

 

  • 18% perusahaan melakukan outsourcing untuk meningkatkan akurasi

Jika Anda memiliki terlalu banyak hal yang harus dikerjakan, akurasi tentu dapat menurun.

Akurasi ini bukan hanya berpengaruh pada peraturan yang ada, tapi juga bisa mempengaruhi semangat dan motivasi karyawan karena merasa tidak dihargai.

Motivasi karyawan akan berdampak secara langsung pada produktivitas dan result yang berpotensi menurun

 

  • 18% perusahaan melakukan outsourcing karena kurangnya pengalaman internal

Mengetahui kelemahan Anda sama pentingnya dengan mengetahui kekuatan Anda, jadi menyerahkan tugas yang Anda tahu tidak dapat Anda tangani dengan baik kepada seseorang yang ahli adalah keputusan bisnis yang bagus.

Konsultan ahli dan berpengalaman dalam Payroll Best Practice berperan besar dalam hal ini.

Pengalaman proses kerja Abhitech selama >30 tahun di payroll dan kualitas konsultan yang mengerjakan proses payroll untuk perusahaan-perusahaan multinational di Indonesia.

 

  • 18% perusahaan melakukan outsourcing untuk memanfaatkan kemajuan teknologi

SOP yang ketinggalan zaman untuk departemen HR tidak bisa menjadi strategi bisnis yang layak di tahun 2021.

Pelanggaran privasi, cyberattack, dan menampung sejumlah besar informasi sensitif dengan cepat menambah beban di pundak mereka yang bertanggung jawab.

HR partner akan membawa aplikasi canggih dan portal payroll/people didalam layanannya.

Aplikasi tersebut harus versi terbaru dalam melindungi informasi dan catatan karyawan dari segala jenis virus atau serangan dengan memiliki akses ke teknologi terbaru dan mengetahui cara mengamankannya.

Kekhawatiran menemukan perangkat lunak yang tepat yang akan melindungi karyawan Anda berkurang.

 

Tinggalkan Pekerjaan Admisnistratif HRD 

Jangan buang waktu dan tenaga HR Internal Anda mengerjakan tugas administratif dan berulang! Alihkan fokus mereka untuk pekerjaan strategis yang dapat menghasilkan impact nyata bagi perusahaan.

Abhitech telah menyiapkan 46 Pekerjaan Administratif HR yang harus ditinggalkan pada tahun 2021, download checklistnya secara GRATIS!

 

Alasan untuk Outsource HR Anda

Dengan begitu banyak yang dipertaruhkan di bidang HR, masuk akal perusahaan yang baik untuk melakukan outsourcing HR tahun ini.

Di Abhitech, kami tahu (dari beroperasi selama lebih dari 30 tahun) bahwa HR benar-benar merupakan landasan untuk menumbuhkan setiap perusahaan yang sukses dan memastikannya stabil dan terlindungi. Let us help!

Ketika Abhitech membantu, perusahaan Anda dapat menjadi lebih fokus pada expertise dan produk yang Anda tawarkan, sambil menghemat waktu, uang, dan meningkatkan perusahaan Anda secara keseluruhan.

Jika Anda merasa kini saatnya untuk meningkatkan kinerja HR perusahaan Anda ke standar modern, schedule konsultasi dengan kami hari ini.

Apabila Anda ingin mempunyai proses HR yang lebih efektif, tidak memakan waktu, dan membuat Anda fokus pada hal yang lebih efisien, Anda dapat menghubungi Abhitech.

Was this article helpful?
5 of 5