...
4 min read

Layanan Payroll Outsourcing: Apakah Cocok Bagi Bisnis Kecil?

Payroll

Layanan payroll outsourcing yang digunakan oleh perusahaan skala kecil untuk membantu penggajian perusahaan

Salah satu miskonsepsi terbesar dalam bisnis skala kecil-menengah: layanan payroll outsourcing hanya cocok bagi bisnis besar. 

Ditambah fakta bahwa banyak business owner merasa tidak nyaman mendelegasikan bagian dari bisnis mereka ke pihak eksternal, penyebutan “outsourcing” saja bisa menjadi topik pembicaraan yang mengintimidasi.

Sebagai pemilik bisnis yang baru memulai perusahaan sendiri, Anda mungkin bertanya-tanya apakah opsi yang paling baik; payroll outsourcing atau dikerjakan oleh tim internal?

Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, dalam artikel ini, Abi akan membahas apa itu payroll, pro dan kontra melakukannya sendiri versus mengalihdayakannya, dan apa pilihan Anda jika Anda ingin melakukan outsourcing.

 

Apa itu Layanan Payroll Outsourcing?

Payroll Outsourcing adalah penggunaan pihak eksternal untuk menangani administrasi penggajian perusahaan. 

Perusahaan memilih untuk melakukan outsourcing payroll untuk menghemat waktu dan uang, dan untuk mencegah kesalahan payroll yang dapat memiliki konsekuensi serius.

Payroll Outsourcing juga memberikan akses ke payroll expert dan teknologi yang dapat memudahkan proses penggajian. 

Layanan ABI Payroll adalah pilihan yang cepat dan efektif. Bersama layanan ABI Payroll, semua proses payroll dilakukan oleh para ahli, semua data dapat Anda akses melalui e-portal Abhitech, Anda terima beres saja, mulai dari setoran langsung hingga pemotongan pajak. 

Tetapi kapan Anda harus mempertimbangkan payroll outsourcing? Mari lihat.

 

Waktu yang Tepat Mempertimbangkan Payroll Outsourcing

Ada beberapa tanda kini saatnya untuk mempertimbangkan outsourcing sebagai solusi penggajian Anda. 

Jika sistem yang ada saat ini sering menyebabkan kesalahan, tentu sudah menjadi hal mendesak. 

Hal ini dapat menyebabkan kebocoran biaya, waktu yang terbuang, dan kehilangan produktivitas. Perusahaan bisa jadi kesulitan mematuhi undang-undang perpajakan, dan karyawan mungkin kesal karena waktu tunggu yang lama hingga gaji diterima.

Selain itu, perusahaan akan dikenakan denda jika ada kesalahan administrasi penggajian. Denda yang mahal ini, kerugian juga bertambah ketika Anda memperhitungkan waktu yang dihabiskan untuk berurusan dengan audit atau penalti.

 

Apa yang Dilakukan Layanan Payroll Outsourcing?

Layanan payroll outsourcing menyederhanakan sistem pemrosesan payroll perusahaan. 

Automasi banyak aspek payroll, termasuk menghitung pemotongan dan pemotongan pajak, menyetorkan slip gaji karyawan, menyusun laporan payroll, dan membuat daftar payroll.

Layanan outsourcing penggajian yang terpercaya akan memberikan serangkaian fitur lengkap untuk menjalankan payroll secara efisien. 

Opsi outsourcing pada umumnya akan membantu Anda mengelola data payroll dari aplikasi mobile atau pc, sementara full payroll outsourcing services, seperti ABI Payroll akan membantu Anda terhubung langsung dengan support profesional. 

Daripada seluruh proses cek gaji setoran, menghitung pemotongan pajak, dan menyiapkan pengajuan pajak per 3 bulan secara internal, payroll outsourcing services menangani semuanya di belakang layar. Plus, professional payroll services secara signifikan mengurangi kemungkinan error dalam pemrosesan penggajian Anda.

 

Mengapa Harus Layanan Payroll Outsourcing?

Hemat biaya 

Mempekerjakan karyawan untuk mengerjakan penggajian secara internal memakan banyak biaya. 

Dan jika pemilik bisnis menghabiskan waktu untuk mengerjakan payroll alih-alih berfokus pada aspek lain dari perusahaan, perusahaan bisa kehilangan banyak peluang. 

Payroll outsourcing bisa menjadi pilihan yang jauh lebih terjangkau.

Hemat waktu 

Jika Anda menghabiskan waktu untuk mengkhawatirkan dokumen pajak penggajian, pemrosesan payroll, Anda tidak akan bisa fokus pada business area lainnya.

Sebagai pemimpin dalam bisnis, penting untuk mengalokasikan waktu untuk hal-hal yang strategis. Payroll outsourcing membantu mewujudkan hal itu.

Akurasi 

Kesalahan payroll dapat menyebabkan banyak masalah yang memusingkan. 

Karyawan mungkin menjadi frustasi dan meninggalkan perusahaan jika terlambat menerima gaji atau dibayar dengan jumlah yang salah. 

Payroll outsourcing membantu mengurangi potensi kesalahan, terutama untuk perusahaan dengan jumlah karyawan yang banyak.

Setoran langsung 

Karyawan senang jika dibayar tepat waktu. Payroll yang dialihdayakan memungkinkan Anda mengatur setoran langsung otomatis sehingga tidak ada lagi karyawan yang bertanya-tanya kapan gaji mereka akan masuk.

Sekarang setelah Anda mengetahui manfaatnya, Anda mungkin bertanya-tanya: Bagaimana cara mengalihdayakan sistem penggajian saya?

 

Bagaimana cara melakukan payroll outsourcing 

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diambil untuk memastikan transisi berjalan mulus.

Hitung anggaran

Seperti segala hal di dunia bisnis, ada baiknya untuk memiliki anggaran sebelum berkomitmen. 

Berita baiknya adalah outsourcing penggajian layanan lengkap tidak harus mahal. Biaya yang dikeluarkan bisa jadi merupakan sebagian kecil dari biaya waktu yang mungkin Anda habiskan untuk payroll yang dikerjakan sendiri.

Untuk layanan yang lebih canggih, penetapan harga bisa sedikit lebih tinggi per bulan. Tetapi penghematan jangka panjang dari segi waktu, tenaga, dan akurasi dengan cepat membuat payroll yang dialihdayakan menjadi hemat biaya.

Tentukan jenis layanan 

Proses apa dari payroll yang Anda butuhkan bantuan outsourcing? 

Apakah aspek manajemen payroll, pajak, dan tunjangan karyawan? Pastikan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini saat sedang mencari penyedia layanan payroll yang tepat untuk perusahaan.

Lakukan riset 

Langkah ini berjalan seiring dengan menentukan jenis layanan. 

Tidak mungkin mengetahui vendor mana yang tepat untuk perusahaan tanpa melakukan riset yang solid sebelumnya. 

 

Pilih layanan payroll yang tepat

Setelah menetapkan anggaran, menentukan apa yang dibutuhkan, dan meneliti pilihan, inilah saatnya untuk memilih penyedia layanan payroll. 

Saat memilih vendor, pastikan memenuhi kriteria dasar seperti terintegrasi dengan cepat dan mudah dengan proses payroll yang ada saat ini. 

Penting juga bagi karyawan untuk merasa aman dan percaya diri dalam sistem payroll baru mereka.

 

Apa yang harus diingat ketika memilih vendor payroll?

Ada banyak hal yang harus dibahas dalam pemilihan payroll outsourcing. Inilah yang harus diingat ketika mempertimbangkan solusi payroll:

Payroll Outsourcing adalah perusahaan payroll eksternal untuk mengelola tugas-tugas seperti gaji karyawan, pajak gaji, tunjangan, dan banyak lagi.

Saat terbaik untuk mempertimbangkan payroll outsourcing adalah ketika Anda menemukan bahwa payroll management memakan waktu, mahal, sering menyebabkan kesalahan, atau menciptakan keterlambatan pembayaran gaji karyawan.

Hal ini penting untuk perusahaan kecil dan besar.

Layanan payroll outsourcing menyederhanakan pemrosesan payroll Anda. Daripada menghabiskan waktu, uang, dan energi untuk memproses penggajian secara internal, Anda dapat menggunakan energi itu untuk menjalankan bisnis Anda secara kreatif.

 

Abhitech melalui ABI Payroll dapat membantu Anda dengan konsultasi tentang opsi terbaik untuk perhitungan penggajian dan pesangon serta HR Service yang lengkap seperti menyusun kontrak pemutusan karyawan dan menyiapkan surat pemberitahuan hukum.

Kenapa Abi Payroll?

  1. Konsultan ahli dan berpengalaman dalam Payroll Best Practice

Pengalaman proses kerja Abhitech selama >30 tahun di payroll dan kualitas konsultan yang mengerjakan proses payroll untuk perusahaan-perusahaan multinasional di Indonesia

  1. Didukung oleh Sistem HR (Platform Abi Payroll)

Proses rutin:

Waktu dan Kehadiran merupakan input data penting untuk pemrosesan payroll.

Setiap pemotongan berdasar kebijakan pemerintah/industri seperti BPJS dan pajak gaji (PPh 21) dihitung secara bertahap dengan compliance yang ketat.

Proses Pembayaran Gaji:

Transfer gaji dapat dikelola oleh Abhitech dengan pengaturan tertentu. Jika tidak, output data payroll yang diproses dapat disediakan untuk transfer independen.

Slip gaji akan dibuat secara otomatis dan dikirim ke alamat email masing-masing karyawan atau melalui portal layanan mandiri online.

Confidentiality:

Dengan standar ISO 9001 dan proses yang ketat, kami pastikan data anda aman.

Anda bisa menyesuaikan siapa saja (karyawan atau department internal) yang mendapat akses untuk melihat detail gaji setiap karyawan.

Coba Abi Payroll sekarang juga!

atau

Tanyakan Lebih Lanjut Seputar Abi Payroll dengan Tim Abhitech

 

Apabila Anda ingin mempunyai proses HR yang lebih efektif, tidak memakan waktu, dan membuat Anda fokus pada hal yang lebih efisien, Anda dapat menghubungi Abhitech.

Was this article helpful?
5 of 5