...
4 min read

Pahami Hak Cuti Melahirkan Ini! Free 4 Contoh Surat Cuti Melahirkan

People Management

Cuti melahirkan menjadi topik yang lebih menarik, tidak hanya bagi karyawan yang sedang hamil tetapi juga karyawan yang baru bergabung.

Karyawan yang ingin merencanakan keluarga akan mempertimbangkan kebijakan atau tunjangan cuti hamil sebagai alasan untuk bergabung dengan perusahaan. 

Bahkan ketika karyawan yang tidak mengantisipasi perlunya cuti hamil lebih menyukai perusahaan yang mendukung karyawan beserta keluarga.

Bagi perusahaan, cuti hamil – baik dibayar atau tidak dibayar – mungkin tampak seperti expense. 

Tapi kebijakan cuti hamil dapat memiliki manfaat yang kuat untuk perusahaan selain menarik talent. 

Kebijakan ini dapat membantu meningkatkan produktivitas, retensi, dan bahkan loyalitas perusahaan. Pemimpin bisnis yang cerdas tahu ini bisa menjadi nilai yang bagus bagi perusahaan.

 

Apa itu Cuti Melahirkan?

Cuti hamil merupakan periode waktu ketika seorang calon ibu berhenti bekerja setelah melahirkan anak. 

Ketika seorang karyawan sedang menunggu tanggal melahirkan, perusahaan bisa mulai bersiap untuk menerima permintaan cuti. 

Cuti hamil dapat dimulai sebelum anak lahir jika ibu memintanya atau mengalami komplikasi dalam kehamilannya; atau bisa juga dimulai setelah lahir.

Untuk perusahaan dengan jumlah karyawan yang sedikit, cuti hamil juga dapat menyebabkan komplikasi bagi perusahaan. 

Mengisi kekosongan workload dan shift bisa menjadi masalah baru yang timbul. Tetapi kini semakin banyak perusahaan yang melihat manfaat dari memberikan tunjangan cuti hamil sesuai kemampuan perusahaan.

 

Download Template Surat Cuti Melahirkan

Ketentuan Cuti Melahirkan Berdasarkan Undang-Undang

Karyawan yang sedang hamil dan akan segera melahirkan berhak memperoleh istirahat atau cuti selama 1,5 bulan sebelum melahirkan dan 1,5 bulan sesudah melahirkan, menurut perhitungan dokter kandungan atau bidan. Hal ini diatur pada Pasal 82 UU No 13/2003 tentang Ketenagakerjaan karyawan.

Tidak hanya bagi karyawan yang hendak melahirkan, karyawan wanita yang mengalami keguguran juga berhak memperoleh istirahat atau cuti selama 1,5 bulan atau sesuai surat keterangan dokter kandungan.

 

Kapan cuti melahirkan dimulai?

Walau disebut pada undang-undang ketenagakerjaan bahwa cuti melahirkan dapat diperoleh 1,5 bulan sebelum melahirkan, karyawan memiliki opsi untuk memakai jatah cuti tersebut saat melahirkan.

Sehingga karyawan memperoleh 3 bulan cuti penuh setelah melahirkan.

Beberapa perusahaan bahkan memiliki peraturan cuti melahirkan yang lebih dari 3 bulan bagi karyawannya.

 

Apakah cuti melahirkan dibayar atau tidak?

Beberapa negara tidak membayar karyawan yang mengambil cuti melahirkan. Namun, peraturan di Indonesia mewajibkan perusahaan untuk membayarkan hak upah atau gaji secara penuh kepada karyawan yang sedang dalam cuti hamil selama 3 bulan.

Perusahaan yang tidak membayar hak upah karyawan dalam cuti hamil dapat bisa dikenakan sanksi karena dianggap melanggar peraturan yang berlaku di Indonesia.

 

Hak Cuti Ayah (Paternity Leave)

Di beberapa negara, selain untuk ibu perusahaan juga memberikan cuti bagi ayah atau paternity leave.

Paternity leave adalah cuti yang diberikan kepada karyawan laki-laki untuk mengambil libur 2-3 bulan untuk berbagi peran dan membantu istri merawat bayi yang baru lahir.

Negara Norwegia pertama kali memperkenalkan konsep cuti ini pada tahun 1993.

Beberapa perusahaan multinasional telah menerapkan paternity leave, seperti Johnson and Johnson memberikan cuti ayah selama 2 bulan, IKEA Asia Tenggara 1 bulan, dan Facebook (4 bulan).

Apakah perusahaan di Indonesia memiliki hak cuti ayah?

Sayangnya peraturan ketenagakerjaan di Indonesia belum sepenuhnya mengadopsi aturan cuti ayah bagi karyawan laki-laki.

UU Ketenagakerjaan No 13 Tahun 2003 hanya memberi cuti ayah selama 2 hari dengan cuti melahirkan selama 3 bulan, yang dapat diambil sebelum dan sesudah persalinan.

 

Contoh Surat Cuti Melahirkan dalam Bahasa Inggris

 

Apa itu surat cuti hamil dan apakah itu wajib?

Surat cuti hamil tidak diwajibkan oleh hukum. Surat tersebut digunakan untuk mendokumentasikan permintaan cuti karyawan sehingga perusahaan dapat mengatur skema bekerja selama ketidakhadiran dan kapan ibu berencana untuk kembali. 

Surat cuti melahirkan umumnya menjelaskan jumlah cuti yang akan diambil berdasarkan kebutuhan dan kapan perusahaan dapat mengharapkan karyawan untuk kembali bekerja. 

Surat cuti juga dapat disertai dengan saran pembagian workload saat mereka tidak ada.

Jika perusahaan menerima surat cuti hamil resmi atau pemberitahuan lisan, pastikan untuk mendokumentasikan permintaan karyawan. 

Mendokumentasikan permintaan cuti akan memberikan timeline yang membantu dalam distribusi pekerjaan.

 

Mengapa cuti hamil sangat penting?

Selain membantu pekerja, cuti hamil akan membantu pengusaha. 

Cuti hamil dapat meningkatkan moral dan produktivitas serta keterikatan tenaga kerja. Ibu yang menerima cuti hamil akan kembali ke perusahaan tersebut dan lebih mungkin untuk meningkatkan retensi.

Mengurangi biaya turnover yang tinggi dan biaya pelatihan terkait untuk karyawan baru adalah manfaat lain dari kebijakan cuti hamil. 

Kebijakan cuti hamil dapat menjadi daya tarik yang kuat bagi pencari kerja. Talent dengan harga premium, setiap benefit yang diberikan akan membantu peluang perusahaan untuk mempekerjakan kandidat dengan kualitas terbaik.

 

Contoh Surat Cuti Melahirkan

Surat cuti hamil adalah cara profesional untuk mengkomunikasikan bahwa karyawan berniat untuk mengambil cuti hamil di akhir kehamilan. 

Surat ini juga memastikan bahwa semua orang memahami tanggal ketidakhadiran karyawan dan bagaimana workload akan dikelola selama ketidakhadiran karyawan. 

Surat cuti harus menyertakan proposal tentang bagaimana pekerjaan karyawan harus ditangani, menulis surat bisa memakan waktu dan perencanaan.

Download GRATIS template surat cuti melahirkan yang dapat langsung digunakan

 

Kesimpulan

Cuti hamil sangat bermanfaat baik untuk pekerja dan perusahaan. Kebijakan cuti hamil menarik dan mempertahankan karyawan dan membantu para ibu meluangkan waktu yang mereka butuhkan sehingga mereka dapat kembali bekerja dan siap bekerja.

Abhitech dapat membantumu mengelola cuti karyawan tanpa repot. 

Layanan People Management akan memudahkan proses pengajuan cuti oleh karyawan dan persetujuan secara langsung oleh atasan melalui aplikasi. 

Selain sederhana dan cepat, prosesnya dapat dilakukan dari mana saja dan tanpa perlu form kertas cuti. 

Perusahaan-perusahaan seperti Axiata, Hutchison, Chevron, dan lainnya sudah merasakan dampak positif memakai layanan Abi People.

Sekarang saatnya perusahaan anda. Apabila anda ingin mempunyai proses HR yang lebih efektif, tidak memakan waktu, dan membuat anda fokus eksekusi aktivitas utama bisnis anda, maka:

Konsultasi 45 menit dengan tim Abhitech

atau

Demo layanan Abi People gratis!

 

Apabila Anda ingin mempunyai proses HR yang lebih efektif, tidak memakan waktu, dan membuat Anda fokus pada hal yang lebih efisien, Anda dapat menghubungi Abhitech.

Was this article helpful?
5 of 5