...
6 min read

Mengenal Pengertian, Kelebihan & Kekurangan Outsourcing

Outsourcing

Kelebihan & kekurangan menggunakan layanan outsourcing bagi perusahaan

Salah satu upaya yang dilakukan banyak bisnis untuk memaksimalkan keuntungannya adalah dengan membatasi jumlah pengeluaran untuk biaya overhead. 

Di sisi lain, semua orang tahu untuk menjalankan bisnis yang sukses, tidak mungkin dilakukan seorang diri

Lalu apa langkah strategis yang biasa diambil bisnis sukses?

Salah satu cara untuk menurunkan biaya overhead adalah dengan outsource fungsi bisnis tertentu. 

Bantuan pihak ketiga untuk pekerjaan tertentu akan membebaskan perusahaan untuk fokus pada core business. 

Ada banyak keuntungan dan kerugian menggunakan outsourcing, mulai dari skill dan opportunity baru yang mungkin terbuka, hingga undang-undang terkait yang harus Anda patuhi. Menimbang faktor-faktor ini akan membantu Anda dalam mengambil  memutuskan apakah outsourcing tepat untuk bisnis Anda.

Dalam artikel ini, kami akan menjabarkan apa itu outsourcing, kelebihan dan kekurangannya, dan bagaimana menentukan apakah outsourcing akan menguntungkan bisnis Anda!

 

Apa Itu Outsourcing?

Outsourcing adalah proses mengontrak bisnis lain (pihak ketiga) untuk melakukan suatu pekerjaan khusus, seperti produksi inventory atau menyediakan service/layanan atas nama perusahaan

Outsourcing merupakan keputusan strategis yang diambil perusahaan untuk mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi dengan mempekerjakan individu atau perusahaan lain untuk melakukan sebuah tugas, menyediakan layanan, atau menangani operations yang sebelumnya dilakukan oleh karyawan di dalam perusahaan. 

Dengan kata lain, outsourcing artinya praktik menyelesaikan fungsi pekerjaan tertentu di luar perusahaan. Proses outsourcing fungsi bisnis juga disebut contracting out.

Outsourcing dapat melibatkan penyedia pihak ketiga besar seperti IBM untuk layanan IT atau sekadar mempekerjakan pekerja kantor sementara atau kontraktor independen.

 

Jenis-Jenis Pekerjaan Outsourcing

Jenis pekerjaan outsourcing sangat bergantung pada kebutuhan bisnis dan industrinya. Kegiatan outsourcing yang paling umum meliputi:

  • Accounting
  • Customer support
  • Human resources (HR) management
  • Manufacturing
  • Content writing
  • Research
  • Shipping and logistics
  • Engineering
  • Diagnostic services
  • Administrative tasks
  • Information technology (IT) operations

 

Read: Keuntungan & Kelebihan Menggunakan Manpower Outsourcing di Indonesia

 

Contoh Pekerjaan Outsourcing

Hampir semua aspek bisnis dapat di-outsource ke pihak ketiga, meskipun core functions seperti sales dan product development biasanya dikerjakan in-house. Fungsi bisnis yang paling umum untuk dialihdayakan meliputi:

  • HR Outsourcing – Banyak perusahaan memiliki departemen HR dengan dedikasi tinggi, namun untuk bisnis kecil dengan hanya segelintir staf, karyawan penuh waktu mungkin departemen HR tidak diperlukan.
  • Accounting and payroll – Payroll bukan pekerjaan mudah, dan pekerjaan ini tidak boleh membuat kesalahan sedikitpun. Untuk bisnis kecil yang tidak dapat bisa hire in-house, payroll outsourcing bisa menjadi pilihan yang baik.
  • Marketing – Marketing outsourcing ke agensi adalah pilihan populer untuk bisnis kecil dan perusahaan besar. Ini karena marketing agency dapat menawarkan keahlian khusus termasuk SEO, digital marketing, dan desain.
  • IT Support – Untuk bisnis kecil, sulit untuk memiliki tim support IT secara in-house. Outsourcing adalah pilihan hemat biaya yang dipilih oleh banyak bisnis.
  • Shipping and logistics – Outsource  pengiriman dan logistik merupakan opsi yang sangat populer untuk banyak bisnis, baik yang  besar dan kecil.
  • Research – Penting bagi bisnis untuk selalu mengikuti perkembangan market atau bisnis berisiko tertinggal. Jika Anda tidak memiliki resource, perusahaan dapat memilih untuk outsource penelitian ini ke perusahaan eksternal.
  • Website development – Di era serba modern, seluruh bisnis dituntut untuk memiliki situs web sendiri. Namun, banyak perusahaan tidak memiliki keterampilan website development sendiri, dan tidak dapat mempekerjakan karyawan tetap untuk tugas tersebut.

Keputusan untuk melakukan outsourcing memang tidak mudah. Anda harus mempertimbangkan dengan hati-hati dan di mana letak kelemahan Anda saat memutuskan aspek mana dari bisnis Anda yang harus di-outsource ke pihak ketiga.

 

Kelebihan Outsourcing

Ada banyak kelebihan dalam menggunakan layanan outsourcing, seperti:

  • Memangkas biaya
  • Meningkatkan produktivitas dan efisiensi
  • Tenaga ahli
  • Pemahaman langsung terkait biaya
  • Keunggulan kompetitif
  • Pengurangan masalah staf

 

Kelebihan Outsourcing #1 – Memangkas Biaya

Biasanya pekerjaan outsourcing akan lebih murah daripada mempekerjakan staf tetap Anda sendiri. Tidak hanya memotong biaya, perusahaan juga menghabiskan lebih sedikit waktu untuk recruitment ‘kandidat yang sempurna’ serta memotong pengeluaran Anda dengan mempekerjakan dan melatih lebih sedikit staf dan mengurangi biaya overhead.

 

Kelebihan Outsourcing #2 – Meningkatkan produktivitas dan efisiensi

Outsourcing akan membebaskan Anda dari pekerjaan administratif untuk berkonsentrasi pada proses yang memberi keuntungan paling banyak. Ini juga berarti bahwa bisnis Anda dapat memperoleh keuntungan bahkan ketika staf Anda tidak ada. Tentu saja, ini juga berarti bahwa banyak hal dapat dilakukan lebih cepat dengan mengoutsource berbagai proyek pada saat yang bersamaan, membantu bisnis Anda meningkatkan produktivitas dan efisiensinya.

 

Kelebihan Outsourcing #3 – Tenaga Ahli

Outsourcing akan melibatkan banyak spesialis di bidangnya untuk mengerjakan pekerjaan sesuai keinginan (yang mungkin tidak dapat Anda akses jika dilakukan sendiri). Itu berarti Anda tahu bahwa pekerjaan tersebut akan sesuai dengan peraturan di industri Anda. Jika ada risiko dengan proyek Anda, para ahli dapat menjauhkan Anda dari proyek atau membantu Anda mengurangi risiko.

 

Kelebihan Outsourcing #4 – Pemahaman langsung tentang biaya 

Bila Anda menggunakan outsourcing untuk proyek, Anda akan tahu berapa biaya Anda untuk memenuhi proyek itu. Sehingga akan ada gambaran lebih jelas terkait  keuntungan Anda dan memastikan bahwa Anda dapat dengan mudah mengendalikan biaya dan mengurangi risiko keuangan.

 

Kelebihan Outsourcing #5- Keunggulan kompetitif

Dengan outsourcing, Anda akan melibatkan para ahli di bidangnya yang terbiasa melakukan aktivitas itu setiap hari. Hal ini berarti Anda memiliki keunggulan kompetitif yang lebih besar dibandingkan kompetitor Anda yang menggunakan staf internal.

 

Kelebihan Outsourcing #6 –Pengurangan masalah staf

Banyak bisnis yang menghadapi berbagai masalah staf, mulai dari kinerja yang buruk, sakit, dan pemecatan. Outsourcing menghilangkan masalah tersebut!

 

Download: [Checklist] Memaksimalkan Keuntungan Perusahaan dengan Outsourcing

 

Kekurangan Outsourcing

Ada beberapa kelemahan dalam outsourcing juga, seperti:

  • Kehilangan kendali
  • Risiko perlindungan dan kerahasiaan data
  • Kurangnya konsistensi
  • Risiko keuangan dan reputasi
  • Kurang fleksibel

 

Kekurangan Outsourcing #1 – Kehilangan kendali

Dengan aktivitas outsourcing, bisnis mungkin kehilangan kendali terkait bagaimana aktivitas itu dilakukan dan mungkin tidak sesuai dengan etos bisnis Anda sendiri dan cara melakukan sesuatu.

 

Kekurangan Outsourcing #2 – Risiko Perlindungan Data dan Kerahasiaan

Perjanjian tertulis antara para pihak harus menetapkan semua ketentuan outsourcing, termasuk tanggung jawab untuk perlindungan data dan informasi rahasia.

 

Kekurangan Outsourcing #3 – Kurangnya Konsistensi

Meskipun Anda dapat menetapkan ketentuan tertulis tentang outsourcing, dengan menggunakan kontrak outsourcing yang berbeda, Anda mungkin menemukan bahwa kontrak tersebut disampaikan dalam berbagai cara berbeda dan tidak konsisten dengan brand Anda. Selain itu, mungkin ada perubahan staf, manajemen, atau penggantian di dalam outsourcing itu sendiri yang berarti bahwa aktivitas Anda tertunda; tidak konsisten dengan pekerjaan sebelumnya yang dilakukan atau tidak sesuai standar.

 

Kekurangan Outsourcing #4 – Risiko keuangan dan reputasi

Sekali lagi, Anda mungkin telah menetapkan apa yang terjadi dalam situasi tertentu dalam kontrak tertulis antara Anda dan outsourcing, tetapi mungkin ada situasi yang tidak dapat Anda kendalikan, termasuk jika outsourcing keluar dari bisnis atau memberi Anda pekerjaan yang salah atau lalai.

 

Kekurangan Outsourcing #5 – Kurang fleksibel

Dengan seorang karyawan, Anda hanya dapat menanyakan bagaimana perkembangannya, atau mendapatkan update, dengan pertemuan tatap muka atau panggilan telepon. Dengan outsourcing, Anda tidak akan dapat update, mengklarifikasi instruksi, atau membicarakan berbagai hal kapanpun Anda mau – Anda dapat melakukan panggilan zoom tetapi ini harus dijadwalkan terlebih dahulu dan akan bergantung sepenuhnya pada ketersediaan outsourcing.

 

Apakah Outsourcing Cocok Untuk Bisnis Anda?

Penting untuk dipahami bahwa outsourcing memang bermanfaat bagi banyak bisnis, bukan berarti outsourcing adalah hal yang tepat untuk seluruh bisnis.

Outsourcing dapat memungkinkan perusahaan tumbuh, dengan memberi perusahaan kemampuan untuk fokus pada apa yang benar-benar penting bagi bisnis. Baik itu meluangkan waktu untuk benar-benar memahami target pasar Anda, mengembangkan produk atau layanan baru atau bekerja untuk mengamankan penjualan yang sangat penting itu, outsourcing dapat memungkinkan Anda melakukan hal-hal ini.

Namun, penting untuk dipahami bahwa ada beberapa risiko yang menyertai outsourcing. Ini termasuk potensi kualitas untuk dikompromikan, dengan deadline yang terlewat atau pekerjaan berada di bawah standar yang diharapkan.

Yang paling penting adalah memahami pro dan kontra outsourcing dan mempertimbangkannya dengan hati-hati terhadap kebutuhan bisnis Anda. Anda kemudian dapat membuat keputusan yang tepat untuk bisnis Anda, apakah itu berarti melakukan outsourcing atau mempekerjakan karyawan internal.

 

Kesimpulan

Outsourcing melibatkan pengontrakan fungsi atau proses bisnis tertentu kepada pihak ketiga. Ini bisa menjadi kontraktor, pekerja lepas atau perusahaan eksternal.

Ada banyak kelebihan outsourcing dan juga kekurangannya yang perlu Anda pertimbangkan dengan hati-hati sebelum memutuskan apakah itu pilihan yang tepat untuk bisnis Anda.

Dengan melakukan outsource pada area bisnis non-prioritas, upcaya Ini akan membantu tim internal untuk berkonsentrasi pada tugas-tugas strategis, mengurangi biaya, dan pekerjaan departemen yang tidak terganggu dan berkualitas tinggi.

Abhitech perusahaan Outsourcing akan menyediakan para profesional yang mahir pada bidangnya agar sesuai dengan persyaratan perusahaan

Kenapa Abhitech?

Pengalaman Abhitech selama >30 tahun dan kualitas konsultan yang mengerjakan outsourcing tenaga kerja untuk perusahaan-perusahaan multinational di Indonesia.

Tim konsultan kami mengerjakan pekerjaan HR anda. Anda tidak perlu belajar untuk menggunakan software apapun.

Semua data yang berada di dalam system Abhitech sangat aman. Kami melakukan double process untuk memastikan hal itu:

Secara operational process: seluruh prosedurnya sudah tersertifikasi ISO 9001.

Secara technical process: semua server & database storage dikelola in-house oleh Abhitech dengan security standard international yang di support oleh technology supplier yang diakui.

Anda bisa menyesuaikan siapa saja (karyawan atau department internal) yang mendapat akses untuk melihat detail gaji setiap karyawan.

Semua data yang berada di dalam system Abhitech pasti selalu update. Kami melakukan triple process untuk memastikan hal itu:

Sesuaikan Kebutuhan Manpower Outsourcing Perusahaan Anda! (Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan Bonus HRIS)

 

Apabila Anda ingin mempunyai proses HR yang lebih efektif, tidak memakan waktu, dan membuat Anda fokus pada hal yang lebih efisien, Anda dapat menghubungi Abhitech.

Was this article helpful?
5 of 5