...
4 min read

Checklist Menjadi HR Business Partner di 2023

People Management

Tahukah Anda, HR business partner (HRBP) dapat membentuk strategi HR jangka panjang yang membantu perusahaan mencapai tujuannya? 

Cara Menjadi HRBP

Artikel ini akan membantu Anda mengeliminasi pekerjaan HR yang bersifat administratif, agar dapat sepenuhnya bertransormasi menjadi HR business partner.

Sebagai pemilik bisnis, Anda memahami pentingnya manpower planning. Tapi, kita semua tahu bahwa itu tidak mudah. 

Tidak ada panduan instan yang akan memberitahu Anda posisi apa yang Anda butuhkan untuk memaksimalkan efisiensi sebagai sebuah perusahaan dan di mana Anda akan menemukan karyawan yang paling cocok untuk mengisi posisi tersebut.

Strategic human resource management lebih dari sekadar menentukan seberapa besar kenaikan gaji karyawan setiap tahun atau bagaimana Anda harus mengelola ketidakhadiran.

Jika Anda tidak membuat strategi HR yang menggabungkan kepentingan bisnis, hal itu pada akhirnya akan merugikan bisnis Anda. Di situlah HR business partner masuk.

Panduan ini akan membantu Anda memahami apa yang dilakukan HR business partner, dan yang perlu dihindari!

 

Apa Itu HR Business Partner?

HR business partner adalah seorang HR profesional yang mengembangkan strategi HR komprehensif yang sejalan dengan tujuan organisasi. 

Dengan kata lain, orang ini ini bekerja dengan pimpinan untuk mendiskusikan apa yang ingin dicapai oleh perusahaan dan kemudian mencoba membentuk strategi HR untuk mewujudkannya.

Meskipun nama “business partner” merujuk kepada outsourcing yang hadir dengan perspektif orang luar, pada kenyataannya bisa juga merupakan profesional HR senior yang sudah bekerja di dalam perusahaan dan memiliki pemahaman mendalam tentang apa yang dibutuhkan untuk membuat perusahaan sukses.

 

HR Business Partner vs. Manajer HR: apa bedanya?

Ada beberapa tumpang tindih antara HR business partner dan manajer HR. Keduanya bertanggung jawab atas perencanaan sumber daya manusia dan memetakan strategi HR untuk mencapai perubahan perusahaan yang produktif.

Namun, HRBP cenderung bekerja pada tingkat yang lebih tinggi daripada manajer HR, dan mungkin juga memiliki lebih banyak keahlian bisnis. 

Dapat dikatakan bahwa peran HRBP berurusan dengan keseluruhan strategi perusahaan, sementara manajer HR menangani masalah sehari-hari dan memastikan semuanya berjalan lancar.

 

Tanggung Jawab HR Business Partner

Ada banyak tugas yang mungkin termasuk dalam job desc HR business partner, tergantung pada perusahaan dan situasinya. Namun, ketiganya paling menggambarkan pekerjannya:

 

1. Mengembangkan strategi HR menyeluruh

HR business partner mengembangkan berbagai strategi dan kebijakan yang mengatur perusahaan agar selaras dengan tujuan perusahaan tersebut.

Strategi ini mungkin berfokus pada peningkatan produktivitas pekerja, mengubah struktur kompensasi dan tunjangan, atau sekadar menyelaraskan tenaga kerja saat ini dengan cara yang lebih efisien. HR business partner juga dapat memberi tahu jenis struktur organisasi apa yang paling cocok untuk bisnis Anda.

 

2. Mengevaluasi dan mengelola staf

Menyusun strategi keseluruhan adalah satu hal, tetapi menerapkan rencana realistis untuk mewujudkannya adalah hal lain.

HRBP harus mengevaluasi staf dan membuat rencana untuk mengelola mereka dengan cara yang akan memastikan perusahaan mencapai tujuan yang ditetapkan dalam strategi HR.

HRBP mungkin juga mengembangkan onboarding checklist untuk memperlancar transisi bagi karyawan baru.

 

3. Meningkatkan rekrutmen

Bagian penting dari setiap strategi HR adalah melibatkan talent management dan talent acquisition. HR business partner harus mampu mendatangkan karyawan baru yang unggul yang dapat membantu membawa perusahaan ke tingkat berikutnya.

Seperti bertemu dengan kepala departemen dan mengevaluasi upaya rekrutmen saat ini untuk menghasilkan rencana yang akan memastikan perusahaan dapat mengisi semua posisi yang dibutuhkan oleh strategi HR.

Pada posisi ini HR juga harus dapat meningkatkan employee retention dan mengurangi tingkat employee turnover sehingga talent yang baik tidak lari untuk peluang yang lebih baik setelah hanya satu atau dua tahun.

 

Langkah #1 Menjadi HR Business Partner: Tinggalkan 32 Pekerjaan HR Ini!

Jika tim HR Anda tenggelam berlarut-larut  dalam tugas HR dan bertanya-tanya mengapa pekerjaan HR tidak memberikan dampak langsung pada bisnis,

Maka checklist ini sangat cocok untuk Anda!

32 pekerjaan yang perlu ditinggalkan HR jika ingin menjadi HR business partner di 2023.

 

Waktu yang Tepat Mendapat Bantuan HR Business Partner

HR business partner sangat penting jika Anda menghadapi salah satu dari empat situasi berikut:

 

Jumlah Manpower Banyak: Ketika Anda memiliki tenaga kerja yang besar, Anda menghadapi risiko besar bahwa beberapa inefisiensi yang serius dapat terjadi tanpa Anda sadari. Anda mungkin memiliki terlalu sedikit orang yang bekerja di lini produksi, misalnya, menyebabkan produk membutuhkan waktu lebih lama untuk sampai ke retailer dan pada akhirnya menghasilkan output yang lebih rendah. HR business partner dapat mendalami tenaga kerja Anda saat ini dan menemukan ketidakefisienan yang dapat menyebabkan peningkatan efisiensi yang luar biasa dan bertahan lama.

 

Mengalami Kesulitan dan Ingin Berkembang: Mungkin Anda belum menjadi perusahaan besar, tetapi Anda ingin berkembang. Masalahnya adalah, Anda merasa akhir-akhir ini tidak stabil, dan analitik di tim menunjukkan bahwa tidak ada peningkatan penjualan. Ini adalah waktu yang ideal untuk membawa HR business partner untuk melihat apakah strategi HR yang baru dapat membantu mengatasi kesulitan yang dihadapi.

 

Departemen HR Merasa Disconnected dari Sisi Bisnis: Kadang-kadang, departemen HR Anda terjebak dalam peraturan dan hal-hal administratif, dan kehilangan pandangan dari sisi bisnis. HR business partner dapat membuat departemen HR Anda berfokus pada peningkatan revenue daripada terobsesi pada jam kehadiran karyawan di kantor.

 

You Feel Lost: Jika Anda tidak memiliki latar belakang HR, mencoba menerapkan strategi HR yang baik bisa membuat frustasi. Jika Anda merasa bingung bagaimana cara mengelola karyawan Anda, inilah saatnya untuk mendatangkan seorang profesional yang juga dapat mempertimbangkan sisi bisnis.

 

Waktunya Mengambil Langkah Selanjutnya

Proses rekrutmen seringkali menyebabkan sakit kepala bagi siapa saja yang menjalankan bisnis. Karyawan bisa jadi merupakan pengeluaran terbesar Anda, dan Anda ingin memastikan bahwa Anda membelanjakan uang dengan bijak.

Manpower Outsourcing dapat membantu memastikan perusahaan Anda mempekerjakan orang yang tepat untuk posisi yang tepat. Manpower Outsourcing seperti Abhitech juga akan membantu mengidentifikasi posisi apa yang Anda butuhkan, posisi apa yang perlu dibuat, dan posisi apa yang perlu dipindahkan atau dihilangkan.

Sekarang saatnya menyisihkan waktu untuk meninjau strategi HR Anda saat ini. Apakah itu sesuatu yang dapat Anda tangani sendiri, atau apakah Anda akan lebih baik dilayani oleh partner profesional untuk membantu memandu Anda dan bisnis Anda? Hanya Anda yang bisa menjawab pertanyaan itu.

 

Apabila Anda ingin mempunyai proses HR yang lebih efektif, tidak memakan waktu, dan membuat Anda fokus pada hal yang lebih efisien, Anda dapat menghubungi Abhitech.

Was this article helpful?
5 of 5