...
5 min read

7 Best Practice Membuat Surat Lamaran Kerja

Recruitment

cara buat surat lamaran kerja lengkap dengan template dan contoh lamaran kerja

Di era digital recruitment ini, apakah kandidat masih perlu menulis lampiran untuk melengkapi resume atau CV saat melamar kerja? Apakah menulis surat lamaran kerja benar-benar penting?

Jawaban singkatnya: Ya!

Namun, tidak jarang, para jobseeker menulis surat yang terlalu panjang dan bertele-tele, atau bahkan tidak menulis sama sekali.

Surat lamaran kerja merupakan sarana untuk membantu memperkenalkan diri Anda dengan cara yang berkesan dan personal selama proses recruitment. 

Surat lamaran kerja yang baik berisikan informasi yang lebih mendalam dari resume. Penulisan yang baik akan membawa pembaca dalam perjalanan karir yang dipandu dari beberapa pencapaian dalam karir dan kehidupan terbesar Anda. 

Tujuannya adalah untuk menguraikan informasi yang terkandung dalam resume Anda sambil memperlihatkan kepribadian Anda. 

Tidak seperti resume, surat lamaran kerja akan menggambarkan diri jobseeker lebih dalam, memberikan konteks pencapaian dan kualifikasi, serta menjelaskan motivasi pelamar untuk bergabung dengan perusahaan. 

Jadi, bagaimana cara memberikan kesan pertama yang baik melalui surat lamaran kerja sambil menonjolkan diri yang sebenarnya? 

Saat mulai menulis surat lamaran, penting untuk merancang struktur dan menulis isi berdasarkan persyaratan pada lowongan kerja. Bagaimana caranya? Baca selengkapnya pada artikel dibawah ini!

 

Apa Itu Surat Lamaran Kerja?

Surat lamaran adalah dokumen yang diserahkan kepada calon employer untuk menyertai resume saat melamar pekerjaan dan menyatakan ketertarikan pelamar terhadap lowongan kerja.

Surat lamaran kerja menjelaskan siapa diri pelamar sebagai seorang profesional dan individu. 

Surat tersebut harus menyoroti pencapaian dan keterampilan pelamar untuk membantu menarik perhatian hiring manager atau recruiter yang bertanggung jawab untuk mereview lamaran kerja. 

Surat lamaran kerja dapat membuat calon employer terkesan dan membedakan pelamar tersebut dari yang lainnya. 

Jika ditulis dengan baik, surat ini menjelaskan kepada pembaca mengapa mereka harus mengundang Anda untuk wawancara dan menyoroti kualifikasi utama yang membuat Anda cocok untuk peran tersebut.

Sehingga, surat ini merupakan kesempatan pelamar kerja kuat untuk menekankan kualifikasi diri yang paling relevan dan menjelaskan mengapa pelamar yakin bahwa ia adalah kandidat terbaik untuk pekerjaan itu.

Surat lamaran juga dapat membantu menjelaskan resume pelamar lebih jauh. Karena resume terbatas pada format yang ringkas, surat lamaran menyediakan ruang untuk elaborasi. 

Gunakan surat lamaran secara maksimal untuk meningkatkan peluang untuk maju dalam proses perekrutan.

 

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

Setelah memahami fungsi surat lamaran, ikuti langkah-langkah ini untuk menulis surat lamaran yang menarik:

 

1. Riset Perusahaan dan Lowongan Pekerjaan

Teliti secara menyeluruh perusahaan yang hendak dilamar dan spesifikasi posisi pada lowongan tersebut. Semakin banyak informasi yang diketahui tentang pekerjaan itu, semakin baik pelamar dapat menyesuaikan surat lamaran. Cari detail seperti:

  • Penghargaan terbaru yang diterima perusahaan
  • Pencapaian besar atau hal yang membedakan perusahaan dari kompetitornya
  • Sertifikasi khusus, keterampilan atau pengetahuan yang diperlukan atau berguna untuk pekerjaan itu
  • Ukuran perusahaan
  • Budaya perusahaan
  • Proyek CSR yang melibatkan perusahaan

 

2. Gunakan Format Profesional

Surat ini harus mengikuti format profesional dan menyertakan:

  • Nama, 
  • Informasi kontak, 
  • Tanggal dan informasi perusahaan. 

Mulailah dengan sapaan profesional, seperti “Dear X“, dan sapa hiring manager dengan namanya jika memungkinkan. 

Jika setelah riset tidak menemukan nama hiring manager, gunakan “Manajer Rekrutmen [Departemen] yang Terhormat,” untuk menyapa penerima.

 

3. Sebutkan Posisi yang Dilamar

Buka surat dengan pernyataan yang jelas tentang posisi yang dilamar. Sebutkan nama perusahaan tersebut. Sebutkan pula dimana pelamar melihat lowongan pekerjaan. Jika pelamar dirujuk oleh seseorang di perusahaan tersebut, pastikan untuk mencantumkan nama dan posisinya.

 

4. Jelaskan Mengapa Pelamar yang Paling Cocok untuk Pekerjaan Itu

Dalam satu atau dua kalimat, jelaskan mengapa pelamar merupakan kandidat paling cocok untuk lowongan pekerjaan ini. 

Berikan detail yang jelas tentang pengalaman, keterampilan, pendidikan, atau sertifikasi pelamar.

 

5. Ringkas Kualifikasi Pelamar

Sebutkan kualifikasi teratas yang membuat pelamar cocok untuk pekerjaan itu. 

Berikan ringkasan singkat tentang latar belakang pelamar yang menyoroti poin terpenting dari resume pelamar. 

Pertimbangkan apa yang ingin hiring manager ketahui terlebih dahulu. Pembaca kemungkinan akan membaca surat lamaran sebelum me-review lamaran kerja pelamar, jadi ini adalah kesempatan pelamar untuk membuat argumen yang meyakinkan mengapa pembaca harus meninjau resume pelamar.

 

6. Sebutkan Mengapa Pelamar Menginginkan Pekerjaan Tersebut

Sertakan pernyataan pribadi tentang mengapa pelamar menginginkan posisi ini. 

Bagian ini merinci mengapa pelamar memilih perusahaan ini dan apa yang paling membuat pelamar bersemangat tentang peluang kerja ini.

 

7. Sertakan Penutup Profesional

Berterimakasihlah kepada pembaca karena telah membaca dan mereview surat pelamar, rujuk resume dan dokumen terlampir lainnya dan tawarkan untuk memberikan informasi tambahan sesuai kebutuhan. 

Sebutkan bahwa pelamar menantikan langkah selanjutnya dalam proses perekrutan dan akhiri dengan “Hormat saya”, sebagai penutup.

 

Template Surat Lamaran Kerja

[Nama Pelamar]

[Kota Pelamar]

[Tanggal]

Yang terhormat [Nama Hiring Manager],

Saya menulis untuk mengungkapkan minat saya pada posisi [jabatan] di [perusahaan]. [Jelaskan bagaimana Pelamar mengetahui tentang pekerjaan itu dan beri nama kontak Anda jika Anda dirujuk oleh seseorang di dalam perusahaan.] Saya yakin [keterampilan dan kualifikasi] saya membuat saya cocok untuk pekerjaan ini.

[Gunakan paragraf kedua untuk menguraikan bagaimana Pelamar akan membantu perusahaan. Rujuk proyek tertentu jika memungkinkan.]

[Gunakan paragraf ketiga untuk meringkas kualifikasi utama Pelamar. Uraikan pencapaian terpenting Pelamar dan sertakan detail yang tidak dapat Pelamar berikan dalam format resume Anda yang lebih ringkas.]

[Gunakan paragraf keempat untuk menjelaskan secara singkat mengapa Pelamar ingin bekerja di perusahaan ini. Sebutkan dokumen tambahan yang disertakan dengan surat lamaran Pelamar, dan ungkapkan antusiasme Pelamar untuk maju dalam proses perekrutan.]

Salam,

[Nama Pelamar]

Contoh Surat Lamaran Kerja

Arif Budiman

Jakarta

8 Maret 2023

Yang terhormat Bapak Joko Sutono,

Surat ini saya tulis untuk mengungkapkan minat saya pada posisi marketing associate untuk Perusahaan Maju Mundur. Sales associate Anda Anda, Alfin, merujuk saya ke peluang ini. Saya percaya bahwa pengalaman saya selama lima tahun dalam pemasaran alat kesehatan menjadikan saya sangat cocok untuk lowongan pekerjaan ini.

Saat ini saya bekerja di Perusahaan Selalu Sejahtera, saya membuat beberapa campaign sukses untuk produk alat kesehatan. Skill saya dalam analisis market membantu saya mengidentifikasi demografi utama untuk menargetkan upaya pemasaran ini. Kampanye saya yang paling sukses di tahun 2019:

    • Penjualan produk dua kali lipat selama tiga bulan.
    • Menyertakan video komersial yang menjadi viral, ditonton lebih dari 10 juta kali dalam seminggu.
    • Menghasilkan lebih dari 5.000 likes Facebook baru dalam sebulan.

Saya percaya bahwa saya dapat membawa tingkat kesuksesan ini ke Perusahaan Maju Mundur  dan membantu campaign alat kesehatan yang mendatang untuk menjangkau audiens baru. Saya melihat potensi besar dalam pemasaran ke demografis yang lebih muda yang aware terhadap pentingnya medical check up tahunan dan ingin mendiskusikan kemungkinannya dengan Anda.

Saya memiliki Sertifikasi Digital Marketing Certification, Social Marketing Certification, dan sertifikasi Google Analytics Individual certification. Saya memiliki pengalaman dan keterampilan yang diperlukan untuk membantu perusahaan Anda menciptakan digital presence yang kuat dan sangat meningkatkan followers sosial media Anda.

Meskipun saya sangat menikmati mengerjakan campaign marketing dengan perusahaan saat ini, saya merasa siap menghadapi tantangan baru dan tertarik dengan kesempatan untuk membantu mengembangkan perusahaan Anda menjadi raksasa dalam industri Alat Kesehatan. 

Resume saya terlampir. Referensi tersedia sesuai dengan permintaan. Saya berharap dapat segera bertemu dengan Anda.

Salam,

Arif Budiman

Kesimpulan

Menulis surat lamaran kerja tentu membutuhkan waktu dan banyak riset. Namun, penting untuk menghabiskan waktu dalam membuat surat yang profesional. Begitulah cara pelamar memberi kesan pada recruiter, hiring manager, dan/atau klien.

Setelah menulis, mengedit, dan mengoreksi surat lamaran—saatnya mengirimkan lamaran Anda. Baik itu melalui Abi Eportal, LinkedIn, atau melalui email—perhatikan sepenuhnya saat mengirim.

Jika Anda melampirkan surat lamaran Anda sebagai file, pastikan file Anda dalam format yang benar. PDF biasanya format yang paling banyak digunakan. Beri nama file ‘[Nama Anda] Surat Lamaran Kerja’.

Langkah selanjutnya dalam proses lamaran biasanya adalah interview. Baik secara langsung atau virtual, interview adalah kesempatan luar biasa untuk membuat kesan yang luar biasa—jadi manfaatkanlah sebaik-baiknya. 

 

 

Apabila Anda ingin mempunyai proses HR yang lebih efektif, tidak memakan waktu, dan membuat Anda fokus pada hal yang lebih efisien, Anda dapat menghubungi Abhitech.

Was this article helpful?
5 of 5