...
5 min read

Penilaian Kinerja Karyawan: Pengertian, Jenis, & Contoh

Recruitment

Penilaian kinerja karyawan adalah salah satu alat yang paling banyak digunakan oleh perusahaan di berbagai sektor.

Jika Anda berencana untuk mengimplementasikan penilaian kinerja karyawan untuk pertama kalinya, ingin mengubah pendekatan perusahaan Anda, atau hanya membutuhkan panduan referensi, berikut ini adalah semua yang perlu Anda ketahui untuk membuat sistem yang tak terbantahkan. 

Selain itu, kami telah menyertakan beberapa contoh penilaian kinerja karyawan yang dapat Anda mulai gunakan hari ini.

Namun, apa itu penilaian kinerja? Biarkan kami menjelaskannya kepada Anda di bawah ini.

 

Apa itu Penilaian Kinerja Karyawan?

Penilaian kinerja adalah mekanisme penilaian formal di mana manajer dan pemangku kepentingan utama lainnya mengevaluasi kinerja kerja seorang karyawan. 

Tujuan penilaian kinerja karyawan adalah untuk mempelajari lebih lanjut tentang kelebihan dan kelemahan mereka, memberikan feedback yang konstruktif untuk pengembangan skill kedepannya.

Apapun metode penilaian kinerja yang dipakai, penilaian yang direncanakan dan dilaksanakan dengan baik akan meningkatkan employee engagement dan menetapkan tone untuk menciptakan budaya feedback dan pengembangan berkelanjutan di perusahaan Anda.

Penilaian kinerja juga dikenal sebagai performance appraisals, performance evaluations, atau employee evaluations.

 

Tujuan Penilaian Kinerja Karyawan

Penilaian kinerja seharusnya membantu karyawan memahami:

  • Area kelebihan karyawan
  • Cara karyawan dapat meningkatkan kinerja
  • Bagaimana agar pekerjaan karyawan sejalan dengan tujuan perusahaan yang lebih besar
  • Apa yang diharapkan dari mereka di masa depan

Sebagian besar manajer menggunakan Penilaian Kinerja Karyawan untuk mengakui karyawan yang berkinerja tinggi, menyelesaikan masalah kinerja sebelum menjadi tak teratasi, mengkomunikasikan harapan, mendorong pertumbuhan dan pengembangan, serta meningkatkan keterlibatan karyawan.

 

Manfaat penilaian kinerja karyawan bagi perusahaan

  • Meningkatkan produktivitas: evaluasi kinerja mengukur nilai tambah karyawan dalam hal peningkatan pendapatan perusahaan dan kinerja kerja, dibandingkan dengan standar industri dan pengembalian investasi karyawan secara keseluruhan.
  • Meningkatkan hubungan antara manajer dan karyawan: setelah evaluasi, karyawan memiliki kesempatan untuk membahas kekhawatiran mereka dengan atasan mereka, yang melalui umpan balik konstruktif sangat membantu dalam menyelesaikan keluhan dan meningkatkan hubungan di antara seluruh tim.
  • Membantu mendeteksi bakat baru: orang sering menunjukkan potensi kerja mereka di lapangan. Penilaian kinerja membantu melihat sikap dan keterampilan yang sering tersembunyi di dalam kepribadian yang intropektif atau dengan keterampilan komunikasi yang lebih sedikit.
  • Memungkinkan pengukuran kesuksesan proses seleksi perusahaan. Jika evaluasinya tidak menguntungkan, mungkin perlu untuk memikirkan kembali beberapa aspek dari proses ini.

 

Manfaat penilaian kinerja bagi karyawan

Namun manfaat penilaian kinerja tidak hanya berhubungan dengan perusahaan itu sendiri. Ketika digunakan dengan tepat, penilaian kinerja adalah alat yang kuat bagi karyawan untuk melakukan evaluasi diri dan meningkatkan kinerja mereka tanpa tekanan eksternal. Beberapa karyawan mungkin melihat metode evaluasi ini sebagai bentuk tekanan jika mereka tidak mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Tugas perusahaan adalah membuat mereka menyadari bahwa hal ini bukanlah kasusnya.

 

Berikut adalah manfaat signifikan dari penilaian kinerja karyawan:

Ketika evaluasi karyawan positif, sikap mereka akan menular ke seluruh tim. Ini meningkatkan semangat kerja sehari-hari dan meningkatkan kinerja kelompok.

Ini mendorong karyawan keluar dari zona nyaman mereka, mendorong mereka untuk mencapai tujuan yang mungkin tidak mereka bayangkan sebelumnya.

Jika pendekatan mereka terhadap evaluasi kinerja sebagai saluran komunikasi dua arah, dan perusahaan secara terus-menerus mendengarkan umpan balik dari karyawan, hal ini akan membantu karyawan merasa didengar dan, sebagai hasilnya, lebih terlibat.

Ini membantu karyawan menentukan peran mereka dalam perusahaan dan melihat masa depan profesional mereka dengan lebih jelas. Dengan kata lain, ini mengarahkan mereka untuk meningkatkan keterampilan mereka.

Bonus, uang selalu membantu. Jika penilaian kinerja karyawan positif, hal ini dapat meningkatkan gaji karyawan.

 

Apa aspek dari seorang karyawan yang perlu dievaluasi oleh perusahaan Anda?

Ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan, misalnya kelebihan dan kekurangan, tetapi ini tergantung pada setiap perusahaan. Kami percaya bahwa beberapa hal tidak boleh terlewatkan dalam proses penilaian kinerja:

Apa yang akan dilakukan selanjutnya?: Selalu harus ada langkah berikutnya bagi karyawan. Mereka harus memiliki target yang akan dicapai. Penting untuk berfokus pada evaluasi tanpa melupakan bahwa masa lalu adalah masa lalu dan yang dapat kita ubah adalah kinerja di masa depan.

Apakah mereka bahagia?: Tanpa masuk ke dalam perdebatan filosofis tentang apakah kita dapat mencapai kebahagiaan yang sebenarnya, penting untuk mengetahui apakah suasana hati seseorang baik, apakah mereka memiliki keseimbangan pribadi-profesional yang baik, dan apakah mereka merasa dihargai dan dihormati di perusahaan agar dapat diperhitungkan dalam tinjauan tahunan di masa depan.

Apakah tujuan yang realistis?: Ketika tujuan direncanakan, semuanya terlihat menyenangkan dan dapat dicapai, tetapi apakah demikian kenyataannya? Ketika sebuah tujuan tidak tercapai, penting untuk mengevaluasi hasil yang telah dicapai dengan yang diharapkan dan memastikan apakah tujuan tersebut realistis. Tujuannya adalah untuk memperbaiki proses.

 

Jenis-Jenis Penilaian Kinerja Karyawan

Penilaian mingguan atau dua mingguan

Penilaian Kinerja mingguan atau dua mingguan tidak perlu mengumpulkan banyak data setiap kali atau memiliki orientasi tujuan yang khusus. Evaluasi ini berguna untuk pencatatan dan memastikan proyek – terutama yang bersifat agile atau cepat – tetap berjalan sesuai jadwal minggu demi minggu.

 

Penilaian kinerja bulanan

Penilaian kinerja bulanan sangat berguna bagi bisnis yang mempekerjakan orang dengan kontrak jangka pendek atau pekerja lepas, serta bagi karyawan baru selama proses onboarding mereka, ketika mereka berpindah dari deskripsi pekerjaan ke kinerja nyata. Proyek-proyek baru juga mendapatkan manfaat dari ulasan karyawan bulanan agar tetap berjalan sesuai rencana dan tujuan perusahaan tercapai. Beberapa karyawan umumnya lebih memilih pertemuan bulanan daripada penilaian tahunan.

 

Penilaian kinerja per-kuartal (Quarterly)

Perusahaan membagi tahun bisnis mereka menjadi kuartal (K1, K2, K3, K4), dengan tujuan, target, dan anggaran yang telah ditetapkan. Sudah wajar bahwa penilaian kinerja dilakukan bersamaan dengan periode ini. Tiga bulan adalah waktu yang cukup bagi seorang karyawan untuk mencapai tujuan dan targetnya, serta mempertajam keterampilan perusahaannya. Anda juga dapat menggabungkan evaluasi mingguan/dua mingguan atau bulanan menjadi satu laporan progres karyawan setiap triwulanan untuk persiapan pertemuan peninjauan.

 

Penilaian kinerja tahunan

Beberapa bisnis masih melakukan penilaian tahunan, tetapi semakin banyak digantikan, atau setidaknya ditambahi, dengan survei pulsa dan penilaian 360 derajat sepanjang tahun. Penilaian kinerja tradisional dan formal ini cenderung berlebihan, dengan terlalu banyak informasi yang sulit dikelola, atau tidak adil dalam mengevaluasi usaha seorang karyawan. Mereka hanya melihat kinerja masa lalu daripada kinerja masa depan, dan satu tahun adalah waktu yang terlalu lama bagi karyawan untuk tidak mendapatkan umpan balik.

Meskipun demikian, ulasan dan umpan balik sepanjang tahun yang dikumpulkan menjadi satu laporan kinerja keseluruhan selama 12 bulan merupakan bank informasi yang berguna, asalkan semua umpan balik memiliki tindakan yang dilampirkan.

 

Metode Penilaian Kinerja Karyawan

Ada berbagai metodologi yang membantu perusahaan mengevaluasi kinerja karyawan mereka. Beberapa di antaranya bertahan hingga saat ini: yang disebut metodologi penilaian modern. Metodologi ini dapat digabungkan untuk memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang kinerja seorang karyawan kepada manajer.

Mari kita lihat beberapa metodologi tersebut:

  1. Customer evaluation:  Pelanggan alami kita adalah orang-orang yang dapat mengajari kita banyak hal tentang cara meningkatkan layanan perusahaan kita. Mengapa tidak meminta pendapat mereka? Sebagai contoh, di Smowltech, kami menerima umpan balik, mengumpulkan kisah sukses, dan fokus pada hal-hal yang dapat kami perbaiki.
  2. Low appraisal: Manajer atau anggota tim sumber daya manusia mengevaluasi kinerja seorang karyawan pada suatu waktu tertentu. Ini adalah metode yang paling klasik.
  3. Upward appraisal: Berbeda dengan metode sebelumnya. Di sini, manajer menerima penilaian dari bawahannya. Biasanya dilakukan oleh tim atau kelompok kerja yang sangat terstruktur.
  4. Peer review: Dalam metode ini, semua orang di perusahaan mengevaluasi rekan sejawat mereka, proses kerja, dan perusahaan itu sendiri.
  5. Self-evaluation: Meskipun kita sering lebih kritis terhadap diri sendiri daripada orang lain, selalu menarik untuk melakukan introspeksi. Oleh karena itu, dengan metode ini, karyawan mengevaluasi kinerja, sikap, dan peran mereka dalam perusahaan.
  6. 360-degree evaluation: Ini merupakan kombinasi dari semua metode sebelumnya. Ini adalah yang paling menyeluruh dan lengkap, karena mengumpulkan pendapat dari semua tingkatan yang ada dalam perusahaan.

 

Kesimpulan

Manfaat dari penilaian kinerja karyawan lebih besar daripada kekurangannya. Meskipun masih ada pandangan bahwa sistem penilaian kinerja hanya bertujuan untuk menuntut lebih banyak dari karyawan, semakin umum kita melihat penerapannya di berbagai perusahaan.

Tanggung jawab setiap perusahaan adalah menggunakan metodologi ini secara baik dalam jangka panjang sehingga data yang dikumpulkan dapat diandalkan dan bernilai bagi manajer dan karyawan. Dengan informasi ini, perusahaan Anda dapat memaksimalkan sumber daya dan meningkatkan hasil dan hubungan antarmanusia.

Di sisi lain, hal ini juga berdampak positif pada keterlibatan karyawan, dan bagi mereka, ini merupakan peluang emas untuk menunjukkan kelebihan mereka dalam ulasan kinerja tahunan. Mereka juga akan memiliki akses ke pelatihan yang lebih baik serta manfaat profesional dan pribadi yang lebih baik.

Di Abhitech, kami tahu (dari beroperasi selama lebih dari 30 tahun) bahwa HR benar-benar merupakan landasan untuk menumbuhkan setiap perusahaan yang sukses dan memastikannya stabil dan terlindungi. Let us help!

Ketika Abhitech membantu, perusahaan Anda dapat menjadi lebih fokus pada expertise dan produk yang Anda tawarkan, sambil menghemat waktu, uang, dan meningkatkan perusahaan Anda secara keseluruhan.

Jika Anda merasa kini saatnya untuk meningkatkan kinerja HR perusahaan Anda ke standar modern, schedule konsultasi dengan kami hari ini.

Apabila Anda ingin mempunyai proses HR yang lebih efektif, tidak memakan waktu, dan membuat Anda fokus pada hal yang lebih efisien, Anda dapat menghubungi Abhitech.

Was this article helpful?
5 of 5