...
4 min read

Apa Itu Headhunter? Manfaat Jasa Head Hunter di Indonesia

Recruitment

head hunter di indonesia

Hiring kandidat yang sesuai merupakan tantangan besar bagi siapa pun yang terlibat dalam bidang HR atau management saat ini. Resource yang berkualitas cenderung sedikit, sedangkan jumlah posisi yang harus diisi sangat banyak.

Hanya mengiklankan lowongan pekerjaan tidak cukup dalam kondisi seperti ini. Saatnya mencoba pendekatan yang berbeda.

Jika Anda mencari kandidat dengan skill atau pelatihan yang tidak biasa, sangat penting untuk berusaha ekstra untuk menemukan dan menarik kandidat yang hebat.

Anda dapat mempertimbangkan manfaat dari metode pencarian tenaga kerja yang disebut headhunting jika Anda ingin menemukan talent terbaik.

 

Apa itu Headhunter?

Headhunter adalah seseorang atau perusahaan yang bekerja atas nama perusahaan untuk membantu mengisi posisi pekerjaan tertentu dan menyediakan layanan rekrutmen lainnya. Mereka bisa bekerja untuk lembaga atau sebagai freelancer.

Untuk mencari orang yang sesuai dengan posisi pekerjaan tertentu, head hunter di Indonesia bisa mendekati karyawan dari perusahaan lain, seringkali kompetitor dari perusahaan yang mencari karyawan, atau menciptakan kelompok kandidat dari mana mereka bisa memilih yang terbaik.

Selain itu, head hunter di Indonesia juga bisa disebut sebagai executive recruiters. Proses kerjanya dalam mencari kandidat yang berkualifikasi disebut sebagai executive search. Namun, ada perbedaan antara headhunter atau executive recruiters dan recruiters.

Alasan utama perusahaan biasanya menggunakan jasa headhunter untuk mencari kandidat untuk posisi pekerjaan tertentu adalah karena ada kebutuhan mendesak atau karena perusahaan tidak dapat menemukan kandidat yang cocok. Namun, ada banyak manfaat lain dari menggunakan jasa headhunter.

 

Recruiter Vs Head Hunter di Indonesia

Headhunter adalah perusahaan atau individu pihak ketiga yang dikontrak oleh perusahaan yang mencari untuk mengisi posisi pekerjaan tertentu. 

Sementara itu, recruiters adalah bagian langsung dari perusahaan yang mencari untuk mengisi posisi pekerjaan tertentu. 

Recruiters bisa dianggap sebagai headhunter internal; recruiters hanya mencari kandidat untuk satu perusahaan.

Selain itu, ketika seorang headhunter memperkenalkan diri kepada calon kandidat, mereka biasanya akan menyebut diri mereka sebagai perwakilan dari agen rekrutmen mereka. 

Namun, ketika seorang recruiter memperkenalkan diri, mereka biasanya akan mengidentifikasi diri mereka sebagai karyawan dari perusahaan yang mencari untuk mengisi posisi pekerjaan tertentu.

Selanjutnya, sumber utama kompensasi bagi recruiters biasanya berupa gaji tetap. Di sisi lain, kompensasi bagi headhunter sebagian besar berbasis komisi dan tidak akan dibayarkan kecuali jika mereka berhasil mengisi posisi pekerjaan yang dicari oleh perusahaan.

 

Kompensasi Head Hunter di Indonesia

Seperti yang dijelaskan di atas, kompensasi bagi headhunter di Indonesia umumnya berbasis komisi. Umumnya, kompensasi yang diterima head hunter adalah persentase dari gaji tahun pertama kandidat yang mereka presentasikan ke perusahaan yang mencari karyawan jika kandidat tersebut dipilih untuk pekerjaan.

Headhunter dapat menerima kompensasi hingga 30% dari gaji tahun pertama kandidat. Namun, penting untuk dicatat bahwa kompensasi ini hanya diterima jika kandidat headhunter dipilih untuk posisi tersebut; jika tidak, mereka tidak mendapatkan apa-apa. Inilah sebabnya mengapa kompensasi ini berupa komisi.

Selanjutnya, karena kompensasi biasanya sepenuhnya berbasis komisi, hal ini menciptakan insentif yang diinginkan bagi perusahaan yang mencari untuk mengisi posisi mereka. 

Contoh dari insentif ini adalah kecepatan dalam mendapatkan kandidat yang sesuai dan memastikan bahwa kandidat yang dipilih memenuhi spesifikasi pekerjaan yang ditetapkan.

 

Manfaat Menggunakan Jasa Headhunter bagi Perusahaan

Seorang headhunter yang baik adalah seseorang yang memantau pasar tenaga kerja untuk mencari individu dengan keterampilan khusus, dengan tujuan untuk mengisi posisi tertentu (atau beberapa posisi) bagi perusahaan tertentu. Bagi perusahaan, ada beberapa keuntungan dalam bekerja sama dengan headhunter:

  • Mempersempit Pencarian. Jika Anda adalah pemilik bisnis dan ingin mencari orang terbaik untuk mengisi posisi tertentu, headhunter akan memfokuskan proses Anda. Menyebarkan lowongan pekerjaan dan meninjau resume membutuhkan waktu dan usaha. Dengan headhunting, Anda akan menerima daftar kandidat potensial yang jauh lebih sedikit, namun berkualifikasi tinggi.
  • Efisiensi Biaya. Menemukan kandidat terbaik dapat mahal dari segi waktu dan sumber daya yang harus Anda atau karyawan Anda dedikasikan untuk pencarian. Dalam beberapa kasus, menggunakan jasa headhunter dapat menghemat waktu dan uang.
  • Identifikasi Kandidat Tidak Terdaftar. Headhunter tahu bagaimana mencari dan mendekati individu yang mungkin saat ini tidak mencari pekerjaan, namun cocok untuk posisi yang tersedia.
  • Motivasi Tinggi. Banyak headhunter menerima kompensasi hanya setelah Anda merekrut kandidat yang mereka temukan, sehingga headhunter memiliki insentif besar untuk bekerja keras untuk mengidentifikasi orang yang tepat bagi Anda dan perusahaan Anda.

 

Manfaat Menggunakan Jasa Headhunter bagi Job Seeker

Pencari kerja juga dapat mendapatkan manfaat dari menggunakan jasa headhunter. Berikut adalah beberapa alasan mengapa:

  • Mengurangi Waktu Melamar Pekerjaan. Headhunter akan membantu Anda menemukan pekerjaan sesuai dengan bidang kualifikasi Anda, sehingga Anda dapat menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mencari dan melamar pekerjaan.
  • Lebih Banyak Pilihan. Headhunter biasanya memiliki akses ke pekerjaan yang tidak tercantum secara publik, membuat Anda memiliki kesempatan untuk peran yang sebaliknya tidak akan tersedia untuk Anda.
  • Feedback. Headhunter dapat meninjau resume Anda atau memberikan umpan balik tentang hasil wawancara Anda, yang dapat membuat Anda menjadi kandidat yang lebih kuat.

 

Cara Menemukan Head Hunter di Indonesia

Perusahaan yang mencari headhunter dapat mencarinya secara online, melalui komunitas jaringan profesional, atau melalui referensi pribadi atau profesional.

Cari secara online dengan mengetikkan nama kota Anda diikuti dengan kata “headhunter.” Namun, tidak semua profesional di industri tersebut menyukai istilah tersebut, jadi pertimbangkan beberapa alternatif: “staffing professional,” “recruitment agency,” “astaffing agency,” atau “executive recruiter.” Istilah lain yang populer adalah “executive search firms,” terutama jika bisnis Anda mencari eksekutif.

Selanjutnya, cari di situs jaringan profesional. Hubungi orang-orang dengan gelar headhunter dan kata kunci relevan dalam biodata dan riwayat pekerjaan mereka, dan buka dialog dengan mereka. Anda juga dapat mencari agen penyalur tenaga kerja yang mengkhususkan diri dalam bidang kandidat yang Anda inginkan.

 

Perusahaan Head Hunter Terbaik di Jakarta

Jadi, perusahaan headhunter mana yang terbaik di Jakarta? Ada beberapa perusahaan yang dapat Anda akses disini.

Dengan jaringan luas, pemahaman mendalam tentang pasar tenaga kerja Jakarta, dan proses seleksi yang ketat, mereka dapat membantu Anda menemukan dan merekrut kandidat yang tepat dengan efisien dan efektif.

Dalam memilih head hunter Jakarta, lakukan riset, pertimbangkan spesialisasi dan proses seleksi, evaluasi layanan dan biaya, serta jangan lupakan faktor kesesuaian budaya.

Dengan memilih head hunter yang tepat, Anda dapat meningkatkan peluang sukses dalam merekrut dan membangun tim yang kuat untuk menghadapi tantangan bisnis di Jakarta.

Bagi para profesional HR dan pemilik bisnis di Indonesia, bekerja sama dengan headhunter yang andal dan terpercaya seperti Abhitech akan membantu menghemat waktu dan sumber daya dalam proses rekrutmen.

Dengan bantuan Abhitech, Anda dapat memastikan – Karyawan yang Anda cari masuk bulan depan. 

Begini cara mewujudkannya:

  1. Tim konsultan rekrutmen kami akan riset mendalam mengenai posisi yang Anda cari, termasuk kpi, candidate personality, user personality, dan culture.
  2. Tim kami memakai 100,000 database kandidat, network passive candidates, social media, communities, groups dan 4 cara diatas untuk sourcing kandidat yang Anda cari.
  3. Administrasi seperti jadwal interview, psikotest, negosiasi gaji, onboarding dan lainnya pun akan kami bantu koordinasi dan fasilitasi.

Klik disini untuk diskusi dengan tim rekrutmen expert kami mengenai detail teknik rekrutmen diatas tanpa kewajiban untuk memakai service rekrutmen kami.

Apabila Anda ingin dicarikan karyawan oleh tim rekrutmen expert kami, beritahu apa posisi nya. Agar segera kami siapkan 3 profile kandidat yang sesuai. Klik disini.

Apabila Anda ingin mempunyai proses HR yang lebih efektif, tidak memakan waktu, dan membuat Anda fokus pada hal yang lebih efisien, Anda dapat menghubungi Abhitech.

Was this article helpful?
5 of 5