...
< 1 min read

Kapan Gaji Biasanya Dibayarkan?

Payroll

Jadwal pembayaran gaji dapat bervariasi antara perusahaan satu dengan yang lainnya.

Beberapa perusahaan membayar gaji pada awal bulan, tengah bulan, atau akhir bulan. Ada juga perusahaan yang membayar gaji pada tanggal tetap setiap bulan, misalnya tanggal 25 atau tanggal 30 setiap bulan.

Berikut adalah beberapa contoh jadwal pembayaran gaji yang umum:

  • Awal Bulan: Gaji dibayarkan pada tanggal 1 atau 2 setiap bulan.
  • Pertengahan Bulan: Gaji dibayarkan pada tanggal 15 setiap bulan.
  • Akhir Bulan: Gaji dibayarkan pada tanggal 30 atau 31 setiap bulan.

 

Baca juga: Cara Hitung Pajak Gaji Karyawan dengan Excel 2023

 

Selain itu, perusahaan juga dapat memiliki jadwal pembayaran gaji yang berbeda untuk karyawan yang bekerja dalam skema pembayaran bulanan, dua mingguan, atau mingguan.

Jadwal pembayaran gaji dapat bervariasi tergantung pada kebijakan perusahaan atau instansi tempat Anda bekerja.

Secara umum, ada beberapa pilihan jadwal pembayaran gaji yang umum di beberapa negara:

  • Pembayaran Gaji Bulanan: Gaji dibayarkan satu kali dalam sebulan. Biasanya, tanggal pembayaran gaji bulanan disesuaikan dengan awal atau akhir bulan.
  • Pembayaran Gaji Setiap Dua Minggu: Gaji dibayarkan setiap dua minggu sekali, sehingga dalam satu bulan, Anda akan menerima dua kali pembayaran gaji.
  • Pembayaran Gaji Mingguan: Gaji dibayarkan setiap minggu, sehingga Anda akan menerima empat kali pembayaran gaji dalam satu bulan.
  • Pembayaran Gaji Sekaligus (Gaji Tahunan): Terkadang, gaji dibayarkan dalam bentuk lump sum (sekali bayar) setiap tahun atau dalam interval waktu tertentu.

 

Baca juga: Contoh Template Excel Komponen Slip Gaji Karyawan 

 

Selain itu, beberapa perusahaan atau instansi mungkin memiliki kebijakan pembayaran gaji yang khusus, seperti pembayaran gaji dua kali dalam sebulan atau lainnya.

Selalu pastikan untuk mengetahui jadwal pembayaran gaji yang berlaku di perusahaan atau instansi Anda dengan mengecek peraturan atau kebijakan HR yang telah ditentukan.

Apabila Anda ingin mempunyai proses HR yang lebih efektif, tidak memakan waktu, dan membuat Anda fokus pada hal yang lebih efisien, Anda dapat menghubungi Abhitech.

Was this article helpful?
5 of 5