Menentukan Strategi Bisnis yang Tepat dengan Menggunakan HR Managed Service

Overview

Di Tahun 2020, sebuah perusahaan manufaktur di wilayah operasional Jabodetabek menghubungi Abhitech untuk konsultasi.

Mereka mempunyai masalah yang ingin diselesaikan agar target bisnis perusahaan bisa tercapai. Tim management perusahaan ini ingin menentukan strategi bisnis yang tepat. Namun, setelah dievaluasi, terjadi masalah penting di bagian Human Resource (HR) perusahaan.

 

Masalah

Tim management dari perusahaan manufaktur ini ingin mengevaluasi strategi bisnis dengan data real dari perusahaan.

Mereka ingin mengetahui:

  1. Seberapa efisien karyawan saya?
  2. Seberapa produktif karyawan saya?
  3. Apakah karyawan saya terlalu banyak bekerja overtime? Kenapa bisa terus-terusan overtime?
  4. Apakah proses flow kerja sudah efisien?
  5. Apakah manpower planning sudah efektif?
  6. Seberapa efisien sistem promosi? Berapa banyak karyawan yang sudah bekerja lebih dari sekian tahun? Bagaimana kinerjanya?

Untuk mengetahui hal itu, management perlu data set dari Human Resource (HR).

Namun, tim management sangat susah mendapatkan data real tersebut.

Di saat itu, tim management sadar bahwa:

  1. Datanya tersebar ke berbagai divisi
  2. Data per divisi tidak sama. Tim management mendapatkan dua data dari dua divisi berbeda. Dan isi nya berbeda.
  3. Data Confidential. Data karyawan lengkap termasuk attendance berada di divisi HR, namun data gaji karyawan berada di divisi Finance. HR tidak boleh tahu confidentiality dari gaji karyawan.
  4. Setelah di telusuri lebih lanjut, ternyata ada beberapa kali payroll gaji karyawan yang terlambat karena proses data management dan payroll yang berantakan.

 

Mengapa Memakai Service Abhitech

Perusahaan manufaktur ini mendapat HR Managed Service dari Abhitech, bukan hanya HR Software.

Kalau memakai HR software, karyawan internal perusahaan belum siap untuk memakai sistemnya.  Membutuhkan lebih banyak waktu karena karyawan internal butuh adaptasi untuk memakai software lainnya.

Selain itu, membutuhkan lebih banyak biaya karena butuh hiring 1-2 karwayan baru untuk memakai softwarenya.

Pada akhirnya, perusahaan ini takut kalau software HR tidak terpakai. Lalu, akan membuat karyawan pusing untuk mengoperasikan nya.

Sedangkan dengan Abhitech, perusahaan manufaktur ini di assist dari awal sampai proses berjalan setiap bulan. Abhitech langsung turun tangan untuk membantu memperbaiki proses internal, SOP HR internal, hingga eksekusi setiap bulan. Proses ini juga didukung oleh platform Abhitech Business Intelligence (ABI); ABI People & ABI Payroll.

Melalui Abhitech, perusahaan ini mendapatkan service HR bukan sekedar produk software HR yang menghabiskan lebih banyak waktu & biaya.

 

Solusi Dari Abhitech

Data Keeping via ABI People:

Semua data karyawan perusahaan disimpan kedalam satu sistem ABI People yang terintegrasi. Abhitech yang mengelola data tersebut, membuat laporan dan visual insight yang diinginkan oleh perusahaan.

 

Confidentiality via ABI People:

Abhitech mengurus data lengkap karyawan dan data gaji karyawan didalam ABI E-Portal. Sehingga, aspek kerahasiaan gaji tetap terjaga agar tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

Perusahaan manufaktur ini menentukan siapa saja yang bisa mendapatkan akses untuk kedua data tersebut. Tim Abhitech memberikan akses kepada orang-orang tertentu untuk mendapatkan data lengkap.

 

Payroll via ABI Payroll:

Karena kelengkapan data dan proses data management yang efisien, maka tim Abhitech melakukan payroll dengan tepat waktu dan akurat. Setiap ada perpindahan karyawan baik ke divisi lain, promosi atau resign, Abhitech selalu mengupdate data tersebut sebelum payroll cycle melalui ABI PAYROLL.

 

Cara Abhitech Menyelesaikan Masalah

Ketika handle project ini, tim Abhitech sempat kaget karena tidak ada satu set of data yang bisa dipakai. Setiap orang punya 3 data yang berbeda.

Namun, dalam satu bulan seluruh data bisa direkonsiliasi dengan baik. Di bulan ketiga, data ter-verifikasi benar tanpa ada subjektivitas dari internal perusahaan manufaktur.

Selain itu, tim Abhitech mengembangkan proses rutin yang di sesuaikan dengan proses bisnis  perusahaan manufaktur tersebut. Semua timeline termasuk jadwal di manage dan monitor oleh tim Abhitech.

Bahkan, template setiap karyawan apabila ada perubahaan data juga sudah disiapkan oleh tim Abhitech.

Apabila ada perubahan alamat, pindah divisi dan perubahan apapun, maka perusahaan dapat mengetahuinya dengan sekali klik via ABI PEOPLE.

 

Hasil dari Solusi Abhitech

  • Strategi bisnis yang tepat berhasil dibentuk dari data yang akurat
  • Data yang dibutuhkan langsung tersedia. Dengan sekali klik, tim dari perusahaan manufaktur ini bisa akses datanya kapanpun
  • Standard Operational Procedures (SOP) dan proses internal HR menjadi lebih baik, efisien, dan hasilnya lebih akurat
  • Tidak perlu minta untuk saling kirim data.
  • Semua data terintegrasi. Tidak ada data yang tidak akurat.
  • Gajian selalu akurat.
  • Tidak ada gajian yang terlambat
  • Confidentiality dari perusahaan terus terjaga dengan proses data dan payroll yang lebih efisien

 

Apabila anda juga ingin masalah operational, proses dan administrasi HR perusahaan anda selesai sehingga anda bisa fokus ke strategi HR untuk pertumbuhan bisnis, KLIK LINK INI SEKARANG!

Related Posts