...
5 min read

Meningkatkan Efisiensi Transformasi Bisnis melalui Outsourcing

Outsourcing
transformasi-bisnis-abhitech

Di era digital seperti sekarang, transformasi bisnis bukanlah sebuah hal yang baru. Teknologi yang terus berkembang turut mempengaruhi permintaan pasar. Perusahaan yang tidak siap dengan hal tersebut, bisa saja akan tertinggal. 

Sebaliknya, perusahaan yang mampu beradaptasi dan bertransformasi akan lebih mudah bertahan, bahkan berkembang.

Namun, perkembangan bisnis bukan hanya sekedar beralih dari teknologi lama ke teknologi baru.

Melainkan, bagaimana perubahan cara kerja, manajemen, hingga strategi bisnis secara keseluruhan. Salah satu cara yang efektif untuk mempercepat transformasi adalah dengan outsourcing.

Mengapa Transformasi Bisnis Sangat Penting?

Perubahan bisnis penting dilakukan untuk beradaptasi terhadap perubahan pasar dan permintaan konsumen yang selalu berubah. 

Dengan memanfaatkan outsourcing, perusahaan bisa lebih fokus pada hal-hal penting seperti inovasi produk dan strategi pasar. Selain itu, berikut beberapa alasan lainnya:

1. Perubahan Dinamika Pasar dan Teknologi

Seperti yang kita ketahui, dalam beberapa tahun terakhir, teknologi telah mengubah bagaimana cara bisnis dijalankan. Misalnya, kehadiran teknologi baru bernama cloud computing yang memungkinkan bisnis untuk menyimpan dan mengelola data dengan lebih mudah dan murah.

Selain itu, Platform e-commerce juga membuka peluang bagi perusahaan untuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan biaya lebih rendah.

Perubahan yang cukup signifikan ini juga mengharuskan perusahaan untuk terus beradaptasi terhadap transformasi yang ada.

Saat ini, konsumen cenderung lebih tertarik pada segala sesuatu yang lebih cepat dan mudah. Oleh sebab itu, jika perusahaan Anda tidak mampu memenuhi harapan ini, ada kemungkinan besar pelanggan akan beralih ke kompetitor.

2. Tantangan dalam Proses Transformasi

Salah satu tantangan dalam proses transformasi pada bisnis yaitu persaingan antar kompetitor yang semakin tinggi. Selain itu, perusahaan juga harus turut mengubah budaya kerja mengikuti perkembangan yang ada. 

Jika tidak ditangani dengan tepat, transformasi ini bisa mengganggu operasional harian perusahaan.

Untuk mengatasi hal tersebut, banyak perusahaan yang beralih ke outsourcing. Yakni, dengan menyerahkan tugas-tugas tertentu kepada pihak ketiga. 

Dengan begitu, Anda bisa menghemat waktu, biaya, dan sumber daya. Agar lebih yakin, Anda bisa memahami terlebih dahulu kekurangan dan kelebihan outsourcing.

Apa Itu Outsourcing dalam Transformasi Bisnis?

Apa-Itu-Outsourcing-abhitech

Outsourcing dalam perubahan bisnis merupakan salah satu praktik yang menunjukan bahwa perusahaan perlu memanfaatkan adanya perkembangan bisnis yang ada.

Dengan memanfaatkannya secara optimal, Anda dapat melakukan penghematan waktu, biaya dan juga lebih terfokus pada pengembangan perusahaan. Sebelum itu, mari pahami terlebih dahulu definisi dan jenis outsourcing berikut:

Definisi dan Konsep Outsourcing

Secara sederhana, outsourcing adalah praktik ketika perusahaan memindahkan sebagian proses bisnisnya ke pihak ketiga. 

Misalnya, alih-alih mengelola sistem IT sendiri, banyak perusahaan yang memilih untuk mengalihkan tugas tersebut kepada penyedia jasa outsourcing IT professional.

Dalam konteks transformasi bisnis, outsourcing memungkinkan perusahaan untuk tetap fokus pada pekerjaan utama mereka, sementara tugas-tugas lainnya dikerjakan oleh mitra yang khusus menangani suatu bidang.

Jenis-jenis Outsourcing yang Umum Digunakan

Beberapa jenis outsourcing yang paling umum digunakan dalam proses transformasi pada bisnis antara lain:

  1. IT Outsourcing: Termasuk pengelolaan infrastruktur IT, pengembangan aplikasi, hingga layanan keamanan data.
  2. Manpower Outsourcing: Melibatkan tenaga kerja eksternal untuk mendukung tugas-tugas operasional seperti administrasi, HR, atau layanan pelanggan.
  3. Business Process Outsourcing (BPO): Biasanya melibatkan pengelolaan proses-proses tertentu seperti akuntansi, pengelolaan pelanggan, dan supply chain.

Dengan menggunakan outsourcing, perusahaan dapat menghemat pengeluaran biaya, serta waktu untuk lebih fokus ke pekerjaan yang lebih inti.

Keuntungan Outsourcing dalam Transformasi Bisnis

Manfaat yang didapat dengan adanya outsourcing adalah, Anda dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas perusahaan secara bersamaan dalam waktu dan biaya operasional yang lebih sedikit.

Jika memanfaatkannya dengan baik, Anda dapat mempercepat pertumbuhan perusahaan Anda menjadi lebih optimal. Adapun manfaat lainnya yaitu sebagai berikut:

1. Penghematan Biaya Operasional

Salah satu alasan utama mengapa banyak perusahaan memilih outsourcing adalah dapat menghemat biaya operasional. 

Daripada harus mengeluarkan biaya yang besar untuk merekrut, melatih, dan mengelola tim internal, dengan outsourcing perusahaan dapat memanfaatkan keahlian pihak penyedia jasa dengan biaya yang lebih efisien.

Hal ini, tentunya dapat membantu perusahaan untuk tetap fokus pada jobdesk yang lebih besar tanpa dibebani oleh biaya operasional yang tinggi.

2. Akses ke Keahlian dan Teknologi Terkini

Outsourcing juga memberikan akses langsung ke teknologi dan keahlian terbaru. Misalnya, jika Anda memerlukan ahli IT profesional, Anda dapat menghubungi mitra outsourcing yang sudah berpengalaman dalam menangani hal tersebut. 

Dengan begitu, perusahaan Anda tidak perlu repot-repot untuk melakukan investasi besar di bidang tersebut. Mereka juga biasanya lebih up-to-date dengan tren terbaru, sehingga perusahaan Anda bisa selalu mengikuti perkembangan teknologi.

3. Fokus pada Kompetensi Inti

Dengan mengalihkan tugas-tugas yang bukan inti dari bisnis Anda, perusahaan bisa lebih fokus pada hal-hal yang menjadi pekerjaan utama.

Misalnya, jika perusahaan Anda bergerak di bidang manufaktur, Anda bisa menyerahkan tugas IT kepada jasa outsourcing. 

Dengan demikian, Anda dapat lebih fokus dalam pengembangan manufaktur yang ada. Selain itu, perusahaan juga bisa lebih fokus pada peningkatan kualitas produk atau strategi pemasaran sehingga menjadi lebih kompetitif dan produktif.

Langkah Mengimplementasikan Outsourcing dalam Transformasi Bisnis

Transformasi-Bisnis-abhitech

Dalam menerapkan Outsourcing untuk transformasi, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, yaitu sebagai berikut: 

1. Menentukan Proses yang Akan Di-Outsource

Langkah pertama dalam outsourcing adalah menentukan tugas atau proses mana yang paling tepat untuk diserahkan kepada pihak lain.

Anda perlu mengidentifikasi tugas-tugas yang memakan banyak waktu, memerlukan keahlian khusus, atau tidak berkaitan langsung dengan kompetensi utama  perusahaan.

Setelah mengidentifikasi hal tersebut dengan baik, Anda dapat membuat keputusan yang lebih tepat dan efisien. Misalnya, mengalihkan layanan pelanggan atau pengelolaan infrastruktur IT jika perusahaan Anda tidak bergerak di bidang tersebut.

2. Memilih Mitra Outsourcing yang Tepat

Pemilihan mitra outsourcing sangat penting untuk dilakukan. Anda perlu memastikan untuk memilih mitra dengan  reputasi baik, berpengalaman, dan mampu memenuhi kebutuhan spesifik perusahaan Anda, seperti outsourcing service dari Abhitech

Pastikan juga bahwa mitra yang Anda pilih memiliki visi yang sejalan dengan perusahaan Anda, sehingga kolaborasi bisa berjalan dengan lebih baik.

3. Mengukur Keberhasilan Outsourcing

Setelah proses outsourcing berjalan, penting untuk terus memantau dan mengevaluasi setiap prosesnya. Bila perlu buatlah KPI (Key Performance Indicators) yang jelas untuk menilai apakah outsourcing memberikan hasil yang Anda harapkan.

Apakah biaya operasional menurun? Apakah ada peningkatan efisiensi? Evaluasi terus-menerus ini akan membantu Anda mengoptimalkan proses outsourcing agar sesuai dengan tujuan perusahaan.

Optimalkan Operasional dengan Manpower Outsourcing dari Abhitech

Transformasi terhadap bisnis adalah tantangan yang harus dihadapi setiap perusahaan di era digital ini. Outsourcing memberikan solusi yang praktis untuk mengatasi banyak tantangan tersebut.

Solusinya baik dari segi penghematan biaya, akses ke keahlian, hingga memungkinkan Anda fokus pada hal-hal strategis.

Jika Anda sedang mempertimbangkan outsourcing sebagai bagian dari strategi transformasi bisnis, Manpower Outsourcing dari Abhitech bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dengan pengalaman mendalam, Abhitech siap menyediakan tenaga kerja yang handal dan terlatih untuk mendukung kebutuhan operasional perusahaan Anda.

Jika Anda tertarik untuk meningkatkan efisiensi perusahaan melalui service outsourcing. jangan ragu untuk menghubungi Abhitech.

Untuk mendapat informasi lebih lanjut terkait Employee of Record, Outsourcing, Payroll, dan People Management, Anda bisa langsung menghubungi kontak kami!

Apabila Anda ingin mempunyai proses HR yang lebih efektif, tidak memakan waktu, dan membuat Anda fokus pada hal yang lebih efisien, Anda dapat menghubungi Abhitech.

Was this article helpful?
Rate this post