...
5 min read

7 Miskonsepsi Payroll Service yang Jarang Diketahui HR

Payroll

Fakta tentang payroll service yang sering disalahpahami oleh HR

Payroll bukan hanya tentang membayar gaji karyawan di akhir bulan. Proses penggajian saat ini dapat mencakup penanganan BPJS Ketenagakerjaan, PPh 21, dan lain sebagainya.

Selama 30 tahun berkecimpung di dunia HR, kami banyak menerima pertanyaan dan miskonsepsi tentang payroll service. Tidak jarang, banyak yang belum mengetahui perbedaan payroll service dan payroll software.

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk beralih dari payroll in-house atau payroll software ke payroll service, wajar jika Anda memiliki beberapa kekhawatiran tentang pendekatan baru untuk perusahaan Anda – terutama karena ada banyak miskonsepsi seputar payroll service diluaran.

Untuk membantu Anda dalam mengambil keputusan, kami akan membahas beberapa mitos tentang payroll service, termasuk:

  • Mahal
  • Perusahaan saya terlalu kecil untuk menggunakan payroll service
  • Itu terlalu rumit
  • Kontrol yang lebih sedikit
  • Tidak aman

Setelah membaca artikel ini, Anda akan mengetahui fakta tentang payroll service sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat tentang payroll untuk perusahaan Anda. 

 

Miskonsepsi 1: Seluruh Proses Payroll Harus Di Outsource

Ini adalah salah satu kesalahpahaman terbesar yang kami temui. Payroll service selalu berarti outsource seluruh proses. Anda dapat mencari penyedia service yang memiliki paket payroll yang fleksibel.

Payroll Service Abhitech memberi Anda opsi yang fleksibel dan dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan. Anda dapat memilih layanan yang memenuhi kebutuhan Anda, dan hanya akan dikenakan biaya untuk layanan tersebut.

 

Miskonsepsi 2: Payroll Service Lebih Mahal Daripada In House / Software

Payroll Service akan menyelamatkan Anda dari semua cost yang terkait dengan tim internal seperti recruitment atau training. Anda juga akan memangkas cost yang terkait dengan software payroll seperti support atau maintenance IT.

Tentu saja, memilih antara payroll service, software, dan in-house membutuh banyak pertimbangan terhadap berbagai faktor. Anda dapat berkonsultasi dengan tim kami untuk mengetahui metode mana yang terbaik untuk bisnis Anda.

Anda tidak akan dikenakan biaya pelatihan saat menggunakan payroll Service Abhitech. TIme is Money, dan itulah yang akan kami berikan kepada perusahaan Anda sehingga Anda dapat berkonsentrasi pada aktivitas yang menghasilkan revenue dan mengembangkan perusahaan.

 

Miskonsepsi 3: Transisi ke Payroll Service Terlalu Rumit

Banyak perusahaan yang khawatir payroll service akan menimbulkan tantangan. Namun, itu hanyalah mitos karena penyedia payroll service yang baik akan menghandle segala tantangan transisi apa pun.

Anda mungkin berpikir bahwa implementasi menjadi proses yang memakan waktu. Tidak selalu.

Dengan teknologi berbasis cloud dan tim konsultan yang ahli, Abhitech memastikan bahwa transisi berlangsung cepat dan lancar, meminimalkan gangguan pada perusahaan Anda.

Sekarang transisi tidak lagi menjadi masalah, pikirkan semua aspek positif dari payroll service. Anda akan memastikan penggajian yang akurat, sesuai, dan tepat waktu setiap bulan.

 

Mitos 4: Payroll Service Menyebabkan Hilangnya Kendali dan Akses Data yang Rumit

Miskonsepsi umum lainnya adalah payroll service akan menyebabkan hilangnya kontrol terhadap keuangan dan membuat mereka “out of the loop”. 

Sebaliknya, payroll service menyediakan sistem reporting yang fleksibel dan mudah diakses yang dapat digunakan sendiri oleh klien.

Mempertimbangkan Abhitech sebagai partner memastikan Anda tidak kehilangan kendali atas proses payroll Anda. Kami ada untuk meningkatkan kemampuan Anda, bukan mengambil alih. 

Anda akan mendapatkan konsultan yang berdedikasi dan E-Portal di mana Anda akan dapat melihat semua data yang terkait dengan payroll Anda.

 

Miskonsepsi 5: Keamanan data tidak dijamin 

Banyak perusahaan khawatir bahwa memilih perusahaan payroll service membuat data mereka berisiko. 

Ini karena mereka khawatir tentang memberi pihak ke-3 akses ke data sensitif, yang dapat menyebabkan mereka mengalami pelanggaran atau kehilangan data. Ini adalah ketakutan yang normal. Namun, data Anda cenderung lebih aman di lingkungan payroll service. 

Mengapa? 

Karena sebagian besar penyedia payroll service (pihak ketiga) banyak berinvestasi dalam teknologi dan sistem yang mereka gunakan untuk memastikan keamanan data dan recovery. 

Anda hanya perlu mencari penyedia payroll service yang tepat yang menganggap keamanan data Anda sebagai prioritas utama.

 

Miskonsepsi 6: Hanya Cocok Bagi Bisnis Besar 

Sebaliknya, bisnis kecil juga bisa diuntungkan dari payroll service. Penyedia payroll service memiliki teknologi, kemampuan pelaporan, dan platform berbasis cloud yang umumnya tidak dimiliki oleh perusahaan kecil. 

Penyedia payroll service memiliki tim yang ahli dan berspesialisasi dalam payroll. Bisnis kecil dan menengah dapat memanfaatkan kemampuan teknologi penyedia payroll service dan mendapatkan bantuan dengan pengajuan dan pembayaran pajak otomatis, setoran langsung, dan lainnya.

Selain itu, mempersiapkan SDM Anda untuk skalabilitas menjadi sulit ketika perusahaan semakin bertumbuh, tetapi payroll service menawarkan layanan berkualitas dan membuatnya sangat mudah untuk ditingkatkan.

Jadi, bukan ukuran bisnis yang harus menentukan apakah Anda membutuhkan payroll service, tetapi keuntungan yang Anda dapatkan.

 

Bagaimana Payroll Service Dapat Membantu Anda?

Payroll Service dapat dipastikan memiliki keahlian dalam mengelola fungsi penggajian. Tugas layanan ini adalah menyederhanakan payroll melalui layanan manajemen penggajian end-to-end dan membantu bisnis mengotomatiskan payroll.

Penyedia layanan payroll juga membantu perusahaan tetap compliance dan menyenangkan para karyawan dengan penggajian yang akurat dan tepat waktu. 

Selain itu, penyedia layanan payroll dapat menyediakan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. 

Layanan yang ditawarkan oleh payroll service meliputi pemrosesan penggajian yang tepat waktu, PPh 21, BPJS pelaporan dan analitik, dll.

Manfaat Payroll Service untuk Bisnis

Perusahaan akan mendapatkan banyak keuntungan dari layanan payroll, seperti


Mengutamakan Core Business

– Penggajian merupakan non-core function, dengan payroll service memungkinkan perusahaan untuk fokus pada aktivitas core operations.


Menghemat waktu

– Pemrosesan payrol membutuhkan waktu dan ketelitian tinggi. Waktu yang dihabiskan dalam pemrosesan dan pengelolaan payroll dapat digunakan secara efisien oleh bisnis untuk fokus pada cpre operations.


Akses Konsultan Ahli

– Penyedia layanan payroll berspesialisasi dalam pemrosesan penggajian dan memiliki keahlian bertahun-tahun. Hal ini sangat membantu jika membutuhkan seorang ahli yang memiliki pengetahuan mendalam tentang peraturan dan regulasi yang berlaku, termasuk undang-undang pajak penggajian.


Compliance terhadap Undang-Undang

– Tetap compliance adalah suatu keharusan bagi setiap bisnis. Penyedia payroll service memiliki pengetahuan mendalam tentang undang-undang ketenagakerjaan dan pajak. Mereka membantu bisnis tetap compliance dan memenuhi semua persyaratan hukum dan membantu Anda menghindari penalti atau audit yang tidak perlu.


Penghematan biaya

– Payroll service lebih murah daripada mengelola payroll inhouse. Perusahaan tidak diharuskan untuk mengeluarkan sejumlah uang untuk teknologi, tools, tenaga kerja atau resource lainnya.


Fitur Employee Self-Service

– HR Manager percaya bahwa opsi self-service akan menghemat waktu dan biaya. Ini memungkinkan karyawan untuk menangani tugas-tugas seperti mencetak dokumen pajak, memperbarui benefit, memperbarui informasi pribadi, mengirimkan permintaan cuti dan melihat informasi gaji.

 

Kesimpulan

Sekarang Anda tahu kesalahpahaman umum yang menjebak banyak dan merusak banyak bisnis. Langkah selanjutnya adalah memahami layanan payroll service dan mengambil langkah demi langkah untuk menghilangkannya dengan memanfaatkan proses dan teknologi terbaru.

Abhitech adalah penyedia Payroll Service terpercaya yang membantu perusahaan merampingkan proses payroll mereka dengan menyediakan solusi manajemen payroll end-to-end. 

Kami memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun dalam menyediakan layanan HR, payroll, recruitment, hingga manpower outsourcing. Abhitech melayani berbagai industri seperti Oil & Gas, Telco, Manufaktur, dan banyak lainnya.

Kami memberi klien kami solusi penggajian yang fleksibel, terukur, aman, dan hemat biaya. Sebagai perusahaan payroll service, kami menyederhanakan workflow, baik itu pemrosesan pembayaran tepat waktu, pengajuan dan compliance menurut undang-undang, pelaporan dan analitik, atau manajemen pengeluaran.

Konsultan ahli dan berpengalaman kami memiliki pemahaman yang kaya dan bekerja sebagai bagian dari tim Anda. Selain itu, kami mengelola proses penggajian secara efisien agar Anda dapat fokus pada core business Anda. Selain itu, kami menawarkan solusi yang disesuaikan dan dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis spesifik Anda.

Abhitech menawarkan rangkaian lengkap layanan kepada employer dan memungkinkan bisnis untuk mempekerjakan dan membayar staf dengan segera, konsisten, dan compliance, sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Payroll Service Abhitech akan menjamin payroll compliance Anda 100%

Payroll Service Abhitech memiliki tim ahli penggajian yang selalu up-to-date dalam hukum Ketenagakerjaan Indonesia.

Apabila Anda ingin mempunyai proses HR yang lebih efektif, tidak memakan waktu, dan membuat Anda fokus pada hal yang lebih efisien, Anda dapat menghubungi Abhitech.

Was this article helpful?
5 of 5