...
5 min read

Cara Menghitung Lembur Karyawan. FREE: Excel Perhitungan Lembur

Payroll

Bagaimana cara menghitung lembur? Menghitung upah lembur adalah pekerjaan yang rumit, dan sering menjadi penyebab sakit kepala bagi para HR, accountant dan pemilik bisnis. 

Karyawan yang sedang sakit dan ingin mengajukan cuti
Image by Freepik

Ada begitu banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam perhitungan upah lembur sehingga tugas sederhana tersebut dapat berubah menjadi soal matematika yang rumit.

Namun jika berbicara tentang perhitungan lembur, Anda wajib mengetahui seluk beluknya.

Pekerja di Indonesia rata-rata memiliki waktu kerja 8 jam selama 5 hari setiap minggunya.

Berdasarkan pasal 21 ayat (1) dan (2) Peraturan Pemerintah No. 35/2021 diatur maksimal jam kerja per hari adalah 7 jam untuk 6 hari kerja dan 8 jam untuk 5 hari kerja.

Jika seorang karyawan bekerja melebihi jam kerja yang sudah ditentukan, perusahaan bertanggung jawab untuk memberikan kompensasi tambahan yang dikenal sebagai upah lembur (overtime). 

Faktanya, upah lembur adalah bagian dari tunjangan yang dapat diterima pekerja selain gaji pokok.

Tapi apa sebenarnya upah lembur itu, dan bagaimana cara menghitungnya dengan benar? 

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang jenis kompensasi ini baca artikel dibawah ini.

 

→ Free Download Format Lembur Excel

 

Apa Itu Lembur?

Sebelum kita membahas cara menghitung upah lembur, mari mulai dengan dasar-dasarnya dan mendefinisikan apa itu lembur sebenarnya.

Jika seorang karyawan bekerja lebih dari jumlah jam tertentu per periode gajian, jam tambahan ini disebut lembur. Jam lembur dibayar dengan tarif yang lebih tinggi daripada jam biasa.

Durasi minggu kerja standar di Indonesia umumnya 40 jam per minggu.

Karyawan juga dapat bekerja shift, paruh waktu, atau memiliki jadwal yang fleksibel, dan dibayar berdasarkan proyek atau bagian dari pekerjaan yang dihasilkan dan tetap berhak atas upah lembur.

 

Cara Mengatur Lembur Karyawan

Ada beberapa aturan dasar yang harus diikuti dalam hal manajemen lembur yang efektif bagi pemberi kerja dan karyawan:

Pertama, setiap jam lembur harus disepakati oleh kedua belah pihak terlebih dahulu. Dengan cara ini, semua pihak memiliki pemahaman yang sama.

Kedua, karyawan harus melacak jam kerja mereka sehingga mereka tidak bekerja lebih dari yang seharusnya. Jika seorang karyawan bekerja lebih dari jumlah yang disepakati, mereka harus diberi kompensasi yang sesuai.

Terakhir, perusahaan sebaiknya membuat kebijakan lembur yang fleksibel yang sesuai untuk mereka dan karyawan mereka. Dengan cara ini, semua orang akan tetap senang dan produktif.

 

Apakah Lembur Baik untuk Perusahaan?

Lembur dapat menjadi baik dan buruk untuk perusahaan, tergantung pada keadaan. 

Jika kondisi bisnis saat ini sedang berjuang untuk memenuhi deadline atau memenuhi permintaan pelanggan, maka lembur bisa menjadi penyelamat. Hal ini memungkinkan karyawan untuk meluangkan waktu ekstra untuk menyelesaikan pekerjaan dan menjaga bisnis tetap berjalan dengan lancar.

Namun, jika lembur menjadi lumrah dan dianggap biasa, itu bisa mulai berdampak pada karyawan. Karyawan berpotensi merasa lelah dan kesal, yang dapat menyebabkan produktivitas dan kualitas kerja yang lebih rendah. 

Selain itu, lembur bisa berdampak mahal untuk bisnis, jadi penting untuk menyeimbangkan keduanya.

Pada akhirnya, kembali lagi kepada employer untuk memutuskan apakah lembur tepat untuk perusahaan atau tidak. Jika Anda mempertimbangkan untuk menerapkan lembur, pastikan Anda mempertimbangkan pro dan kontra dengan hati-hati untuk memastikan itu keputusan terbaik untuk bisnis Anda.

 

→ Download Tabel Perhitungan Lembur Karyawan 

 

Apa itu Upah Lembur?

Seorang karyawan sedang menghitung upah lembur di kantor
Image by Freepik

Karyawan yang bekerja lebih dari 40 jam seminggu berhak atas upah yang lebih untuk pekerjaan tambahan yang dikerjakan. Tambahan itu disebut upah lembur. 

Berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor KEP. 102 MEN/VI/2004 Pasal 1, perusahaan wajib membayarkan uang lembur untuk karyawan yang:

  1. Bekerja lebih dari 7 jam sehari dan 40 jam seminggu untuk 6 hari kerja
  2. Bekerja lebih dari 8 jam sehari dan 40 jam seminggu untuk 5 hari kerja
  3. Bekerja pada hari istirahat mingguan dan hari libur nasional

Lembur harus dibayar 1,5 kali dari upah normal per jam untuk satu jam pertama dan 2 kali upah normal untuk jam-jam berikutnya. Lembur dihitung berdasarkan upah bulanan karyawan. 

Jika upah/gaji terdiri dari gaji pokok dan tunjangan tetap, maka perhitungan lembur didasarkan pada 100% dari upah/gaji. 

Jika upah/gaji yang terdiri dari gaji pokok, tunjangan tetap, dan tunjangan tidak tetap, dan gaji pokok ditambah tunjangan tetap masih lebih rendah dari 75% dari total upah/gaji, maka perhitungan uang lembur didasarkan pada 75% dari total upah. /gaji.

Upah lembur umumnya tidak diberikan kepada karyawan yang memegang peran manajerial tingkat tinggi.

 

Cara Menghitung Upah Lembur Karyawan

Jika perusahaan akan membayar karyawan untuk bekerja lembur, perusahaan perlu jumlah yang akan dibayarkan sebagai upah lembur. Perhitungan lembur karyawan dibedakan menjadi dua:

 

1. Perhitungan Lembur pada Hari Kerja

Rate upah lembur adalah 1,5x upah untuk satu jam lembur pertama dan 2x upah untuk tiap jam berikutnya.

 

2. Perhitungan Lembur pada Hari Libur Istirahat dan Hari Libur Nasional

Perusahaan dengan 5 hari kerja, memiliki rate lembur sebesar 2x upah per jam untuk 8 jam pertama, 3x upah per jam untuk lembur jam ke-9 dan 4x upah per jam untuk lembur jam ke-10 dan ke-11.

Perusahaan dengan 6 hari kerja, memiliki rate lembur sebesar 2x upah per jam untuk 7 jam lembur  pertama, 3x upah per jam untuk lembur jam ke-8, dan 4x upah per jam untuk jam lembur ke-9 dan ke-10.

Keterangan: upah lembur 1 jam dihitung dengan rumus 1/173 x upah sebulan, yaitu upah pokok sebulan 100% beserta tunjangan tetap atau 75% upah pokok apabila Anda mendapatkan tunjangan tetap dan tidak tetap (Peraturan Kemenakertrans No. KEP. 102/MEN/VI/2004 Pasal 8 Ayat (2)).

 

Contoh Cara Menghitung Lembur Karyawan

Putri adalah karyawan perusahaan yang lembur selama 3 jam pada hari Selasa.

Gaji bulanan Putri beserta tunjangan tetap adalah sebesar Rp5.000.000.

Berapa uang lembur yang harus dibayarkan? Hitung upah per jam!

Upah per jam: Rp5.000.000 x 1/173 = Rp28.902

Karena lembur dilakukan pada hari kerja, maka rate yang berlaku adalah 1,5x upah sejam pada jam pertama dan 2x upah sejam pada jam-jam berikutnya.

 

Uang lembur jam pertama: 1,5 x Rp28.902 = Rp43.353

Uang lembur jam kedua: 2 x Rp28.902 = Rp57.804

Uang lembur jam ketiga: 2 x Rp28.902 = Rp57.804

 

Total upah lembur = Rp43.353 + Rp57.804 + Rp57.804 =  Rp159.143

 

Contoh Format Lembur Excel

Berikut merupakan contoh form lembur pada format Excel yang bisa Anda gunakan di perusahaan Anda.

Tabel Perhitungan Lembur di Excel

Download  format lembur excel disini!

Kesimpulan

Menghitung lembur adalah proses yang umumnya sederhana, tetapi seperti biasa, ada banyak detail di dalamnya.

Employee eligibility, jadwal kerja, tarif, dan undang-undang yang terus berubah – ada begitu banyak informasi yang harus Anda ingat untuk memastikan keakuratan perhitungan Anda, sehingga menerapkan solusi ketepatan waktu untuk melacak lembur karyawan mungkin saja yang Anda butuhkan!

Form lembur berformat Excel yang dilakukan manual meski dapat membantu tugas HR dalam menghitung kompensasi karyawan, pada prakteknya cukup sulit menyulitkan HR.

Ada beberapa kelemahan dari proses manual ini, seperti misalnya dokumen yang bisa saja hilang, salah input data dan prosesnya merepotkan, hingga proses penghitungan yang memakan waktu.

Untuk dapat memaksimalkan kerja HR agar lebih efisien, Anda dapat menggunakan Payroll Service Abhitech untuk dapat menghitung upah lembur secara otomatis.

Setelah Anda menghitung komponen besaran upah sesuai jumlah waktu lembur, jumlah upah karyawan akan dihitung secara otomatis dan terintegrasi langsung dengan sistem payroll perusahaan.

Sehingga risiko salah hitung dapat dihilangkan dan proses penghitungannya jadi lebih cepat. Karyawan juga tidak perlu lagi mengajukan form cuti secara manual karena semua bisa dilakukan dengan payroll service Abihtech.

Coba Abi Payroll sekarang juga!

atau

Tanyakan Lebih Lanjut Seputar Abi Payroll dengan Tim Abhitech

 

Sumber:

Apabila Anda ingin mempunyai proses HR yang lebih efektif, tidak memakan waktu, dan membuat Anda fokus pada hal yang lebih efisien, Anda dapat menghubungi Abhitech.

Was this article helpful?
5 of 5