...
5 min read

Penggajian/Payroll Outsourcing 2022: Apakah Worth It?

Payroll

proses cara menghitung gaji bulanan karyawan dan membayarkan gaji karyawan

Payroll di tahun 2022: Apakah masih butuh bantuan pihak ke-3 untuk mengurus penggajian?

Let’s face it; sepanjang tahun 2021 ini, memproses payroll tidak menjadi lebih mudah. Pandemi di seluruh dunia berimbas pada ekonomi yang tidak pasti dan sejumlah penyesuaian peraturan baru yang terkait pada proses payroll.

Kini, payroll menjadi lebih kompleks. Namun, sementara Payroll outsourcing semakin dibutuhkan lebih dari sebelumnya, hal ini mungkin tidak berlaku untuk semua perusahaan sama. 

Dalam artikel ini, Abi akan menunjukkan alasannya kepada Anda sehingga Anda dapat menentukan apakah manfaatnya sebanding dengan harganya atau tidak.

Hitung biaya penggajian Anda secara otomatis dengan payroll calculator!

Ada Apa dengan Proses Penggajian?

Apa pun yang Anda anggap sebagai role terpenting dalam bisnis, kita semua bisa sepakat bahwa bisnis tidak akan ada tanpa payroll. 

Penggajian adalah cara perusahaan menghargai karyawan atas kerja keras yang mereka lakukan untuk membuat perusahaan sukses. 

Seiring dengan manfaat atau fasilitas lain yang ditawarkan, payroll biasanya merupakan faktor terpenting yang digunakan untuk mencapai dan mempertahankan karyawan.

Dengan demikian, pemrosesan payroll dan payroll tax dapat membingungkan dan sangat sulit untuk ditangani oleh banyak perusahaan. 

Misalnya, ada berbagai kode pajak dan peraturan penggajian yang harus dipahami dan diikuti oleh perusahaan. Banyak kode yang harus di-track, sekaligus tetap compliance merupakan pain point bagi banyak perusahaan.

Di sinilah banyak perusahaan menghadapi dilema untuk memiliki tim payroll internal atau outsource payroll mereka.

Karena ada serangkaian masalah yang harus diperhatikan terkait payroll, banyak perusahaan cenderung melakukan outsourcing pekerjaan ini sehingga mereka tidak perlu mendedikasikan banyak waktu untuk pekerjaan yang sangat membingungkan ini.

Jadi, mengapa Anda harus mengalihdayakan gaji Anda? Nah, untuk alasan berikut tentunya!

 

Tantangan pada Proses Penggajian 

Deadlines 

Tantangan utama yang dihadapi perusahaan ketika memproses payroll in house adalah  memenuhi deadline. 

Payroll internal memakan waktu dan tergantung pada bagaimana perusahaan menangani organisasi data HR karyawan mereka, clock in/clock out, hingga tunjangan karyawan bisa menjadi tugas yang mengerikan untuk memproses penggajian. Untuk mengelola pekerjaan ini, banyak perusahaan yang memutuskan outsource proses payroll mereka ke full managed payroll services.

 

Mencetak Slip Gaji

Pencetakan paycheck in-house mengharuskan perusahaan untuk membeli printer / sealer cek. Peran outsourcing pada bagian ini adalah outsourcing biasanya dilengkapi dan memiliki staf untuk menangani output besar dari payroll reporting, disaat yang bersamaan juga menangani distribusi paycheck.

Hanya 1x Klik untuk Bandingkan Cost In-house Vs Outsource Proses Payroll!

Compliance

Dengan payroll outsourcing, perusahaan dapat tenang karena payroll process ditangani oleh tax profesional yang berpengalaman. Tim dari outsourcing wajib dan pasti tetap up-to-date mengikuti semua pembaruan dan perubahan undang-undang pajak terkini.

Masalah compliance akan selalu menjadi alasan kuat untuk melakukan outsourcing karena pemerintah memiliki banyak aturan dan peraturan seputar pembayaran pajak, pengarsipan pajak, dan pencatatan. Ada juga penalti dengan bunga jika tidak compliance.

 

Fokus pada Pekerjaan Strategis

Tidak masalah berapa banyak karyawan yang dimiliki oleh suatu organisasi. Proses payroll memakan waktu dan ketelitian yang tinggi, sering kali mengharuskan owner atau payroll administrator untuk menangani data dalam jumlah besar yang harus diperiksa ulang untuk setiap kesalahan pengetikan. 

Karena itu, tidak ada waktu bagi mereka untuk membantu customer yang berharga, atau waktu untuk meningkatkan business operations area lainnya untuk perusahaan.

 

Gaji In-House Mahal

Masih ingat dengan ungkapan “Time is money”?

Proses payroll memakan terlalu banyak waktu. Business owner atau payroll administrator menghabiskan waktu berjam-jam untuk melakukan hal berikut:

  • Mengaudit dan menghitung penggajian setiap periode
  • Membuat laporan untuk inhouse dan account use
  • Mencetak, menandatangani, dan mendistribusikan cek gaji 
  • Merakit dan mentransfer pajak gaji dan pengembalian ke lembaga pemerintah
  • Meneliti dan tetap mendapatkan informasi terbaru tentang semua undang-undang penggajian dan kepatuhan pajak terbaru

Mengapa harus melalui semua kerumitan itu, terutama ketika bagian lain dari bisnis butuh perhatian lebih?

 

Kurangnya Keamanan Data

Kita semua tahu bahwa proses payroll adalah pekerjaan yang rumit untuk ditangani. Tapi tahukah Anda bahwa itu juga bisa membawa risiko keamanan yang tinggi juga? 

Bahkan dengan karyawan yang Anda percaya, payroll internal bisa  rentan terhadap fraud, pencurian identitas, atau data perusahaan untuk keuntungan pribadi.

Selain variabel ini, perusahaan harus mengevaluasi keamanan software payroll process. Software itu sendiri mungkin cukup aman, namun, tergantung pada apakah data Anda di-host di server atau network, perusahaan mungkin terancam terhadap kelemahan keamanan serius yang hanya dimiliki oleh staf khusus I.T. spesialis keamanan dapat memantau.

Di atas semua itu, penting bagi perusahaan untuk melakukan account reconciliation yang tepat untuk menghindari penipuan. Perusahaan harus melakukan account reconciliation setiap periode pembayaran, bulan, kuartal dan tahun.

Outsourcing ke perusahaan payroll dapat membantu, karena mereka menyediakan pelaporan general ledger dan dibagikan ke berbagai sistem akuntansi yang membuat akuntansi lebih mudah.

Cari tahu keefektifan proses penggajian Anda saat ini, GRATIS!

Pemrosesan Penggajian

Tantangan payroll process akan selalu menjadi akurasi.

Platform payroll tidak dapat memastikan keakuratan data yang dimasukkan, tetapi employer harus melihat kontrol yang ada untuk mencegah kesalahan terjadi. Misalnya, peringatan ditampilkan jika cek melebihi jumlah uang yang ditentukan; laporan preview sebelum memproses penggajian; mencegah karyawan dibayar dengan informasi yang salah.

Manfaat outsourcing adalah employer akan mendapat tim support untuk membantu mereka dengan pertanyaan umum dan pemecahan masalah software. Software  akan diperbarui secara berkala, dipelihara untuk compliance, dan mereka mendapatkan manfaat dari penggunaan teknologi bersama dengan penawaran lain yang akan disediakan oleh vendor mereka.

Employer, payroll service provider, dan stakeholder harus mencari platform yang akan membantu mereka menghindari masalah umum berikut seperti:

  • Deadline yang terlewat karena masalah sistem
  • Salah menghitung jumlah gaji
  • Membayar biaya dan denda karena jumlah pelaporan pajak yang salah
  • Berbagai tantangan integrasi dari penggajian hingga ledger

In-house Vs Outsource Payroll

Ingin membuktikan sendiri perbandingan biaya in-house dan outsource payroll? Hitung biaya per slip gaji karyawan Anda dengan payroll kalkulator Abhitech secara GRATIS!

Hitung biaya penggajian Anda yang sebenarnya dengan memasukkan perkiraan gaji bulanan tim yang terlibat dalam payroll dan biaya bulanan outsourcing payroll Anda yang ada. Dapatkan cara untuk menekan biaya secara drastis!

 

Alihkan Penggajian ke Pihak yang Tepat

Mempekerjakan payroll outsourcing adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk perusahaan Anda!

Tidak hanya akan waktu yang terpangkas, tetapi Anda juga dapat memiliki ketenangan pikiran mengetahui bahwa Anda terbebas dari beberapa kesalahan yang biasa dilakukan oleh tim internal.

Penting bagi Anda untuk membangun tim yang tepat untuk mendukung kesuksesan masa depan perusahaan Anda. 

Jika Anda memutuskan untuk outsourced payroll, Anda berhak mendapatkan yang terbaik.

Abhitech melalui ABI Payroll dapat membantu Anda dengan konsultasi tentang opsi terbaik untuk perhitungan penggajian dan pesangon serta HR Service yang lengkap seperti menyusun kontrak pemutusan karyawan dan menyiapkan surat pemberitahuan hukum.

Kenapa Abi Payroll?

  1. Konsultan ahli dan berpengalaman dalam Payroll Best Practice

Pengalaman proses kerja Abhitech selama >30 tahun di payroll dan kualitas konsultan yang mengerjakan proses payroll untuk perusahaan-perusahaan multinasional di Indonesia

  1. Didukung oleh Sistem HR (Platform Abi Payroll)

Proses rutin:

Waktu dan Kehadiran merupakan input data penting untuk pemrosesan payroll.

Setiap pemotongan berdasar kebijakan pemerintah/industri seperti BPJS dan pajak gaji (PPh 21) dihitung secara bertahap dengan compliance yang ketat.

Proses Pembayaran Gaji:

Transfer gaji dapat dikelola oleh Abhitech dengan pengaturan tertentu. Jika tidak, output data payroll yang diproses dapat disediakan untuk transfer independen.

Slip gaji akan dibuat secara otomatis dan dikirim ke alamat email masing-masing karyawan atau melalui portal layanan mandiri online.

Confidentiality:

Dengan standar ISO 9001 dan proses yang ketat, kami pastikan data anda aman.

Anda bisa menyesuaikan siapa saja (karyawan atau department internal) yang mendapat akses untuk melihat detail gaji setiap karyawan.

Coba Abi Payroll sekarang juga!

atau

Tanyakan Lebih Lanjut Seputar Abi Payroll dengan Tim Abhitech

Apabila Anda ingin mempunyai proses HR yang lebih efektif, tidak memakan waktu, dan membuat Anda fokus pada hal yang lebih efisien, Anda dapat menghubungi Abhitech.

Was this article helpful?
5 of 5