...
4 min read

4 Langkah Mewujudkan HRD sebagai Partner Bisnis Perusahaan

People Management

HR sebagai partner strategis bisnis yang membawa dampak riil pada bisnis

Pernahkan Anda menemukan kondisi dimana satu karyawan menjalankan peran ganda? Hal ini kerap terjadi pada perusahaan skala kecil dan menengah dengan jumlah personil yang terbatas.

Apakah hal ini salah? Belum tentu. Namun, jika pemilik bisnis ingin mengembangkan perusahaan ke level selanjutnya, HRD sebaiknya menjadi titik awal transformasi.

Sebelum melakukan transformasi dalam mengembangkan perusahaan, pemilik bisnis dan manajemen harus memahami bahwa divisi human resource terdiri dari empat level.

Apa saja keempat levelnya dan peran pentingnya bagi perusahaan? Simak ulasan selengkapnya

 

4 Level Human Resource Department (HRD)

Secara garis besar, divisi HR terbagi menjadi 4 tingkatan atau level yang berbeda, dan setiap tingkap membutuhkan keahlian khusus.

  1. HR Administratif
  2. HR Operasional
  3. HR Strategis
  4. HR sebagai Partner Bisnis Strategis, akrab disebut HRBP (HR Business Partner)

Saat ini  HR internal perusahaan harus melakukan transformasi agak menghasilkan dampak bisnis yang signifikan.

Mengapa divisi HR sangat penting untuk pertumbuhan dan profitabilitas perusahaan? Bagaimana output tiap tingkatan HR terhadap perusahaan?

Penting untuk memahami dengan tepat peran apa yang dimiliki departemen HR sebagai partner bisnsi perusahaan Anda.

 

Level 1 HRD Service Provider

HR sebagai service provider merupakan tingkat paling dasar pada divisi Human Resource. HR sebagai service provider bertanggungjawab untuk melacak dan mencatat detil setiap karyawan seperti payroll, data pegawai, menghitung absen, izin, menyiapkan dokumen HR seperti kontrak pegawai dan lainnya.

Apakah perusahaan Anda berada pada level ini? Mari cek tiga karakter dibawah ini:

  • Mengerjakan fungsi administratif
  • Terfokus pada regulatory compliance
  • Mendorong tanggung jawab HR ke manager departemen lainnya

Jika HR internal perusahaan Anda memiliki salah satu atau ketiga ciri diatas,  ini merupakan tanda bahwa HR  Anda terjebak dalam pelaporan dan metrik  yang tradisional.

Fokus HR pada level ini adalah melakukan pekerjaan administratif secara efisien.

Walaupun peran ini krusial terhadap kelangsungan perusahaan, banyak HR services/layanan HR yang dapat membantu tugas-tugas ini dikelola secara efektif di tingkat administratif.

Peran ini biasanya tidak mencakup wewenang atas laporan langsung dan memegang wewenang pengambilan keputusan yang terbatas.

 

Level 2 HRD Functional Expert

Jika HR pada tingkat sebelumnya bertugas untuk menjalankan operasional harian perusahaan, HR pada tingkat kedua berfokus pada kemajuan perkembangan dan sasaran jangka menengah yang diperlukan untuk memenuhi tujuan strategis jangka panjang.

Tingkat ini, membutuhkan kemampuan pengambilan keputusan yang memiliki dampak langsung pada status langsung organisasi.

Inti dari peran ini adalah pengembangan organisasi dengan fokus pada: pelatihan, rekrutmen, dan retensi bakat.

Fokus HR pada tingkat ini adalah melakukan pekerjaan operasional di berbagai fungsi inti HR.

Karakter HR Functional Expert adalah:

  • Melakukan pendekatan inside-out
  • Mulai merancang HR Practice yang inovatif
  • Customization of HR Practice

Jika HR menggunakan analytic tools pada tahap ini, HR dapat memberikan perspektif yang menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan HR strategis.

 

Level 3 HRD Transformation Enabler

Meskipun tingkat operasional mencakup pengambilan keputusan di tingkat menengah, fokus HR Strategis jauh lebih luas.

Pada tingkat ini, HR mulai menjadi partner sejati bagi perusahaan. HR sebagai transformation enabler telah memperluas area HR yang semula berfokus pada talent menjadi data-driven analysis untuk menentukan strategi.

Peran ini memegang tanggung jawab untuk succession planning, tujuan jangka panjang, dan pelatihan dan pengembangan talent tingkat lanjut.

Agar berhasil memenuhi peran ini, HR internal harus memiliki pengetahuan dan keahlian untuk bekerja bersama semua pengambil keputusan utama di perusahaan.

Fokus HR pada tingkat tiga adalah melakukan integrasi antara strategi HR dan strategi bisnis perusahaan,

Karakter HR pada tingkat ini meliputi:

  • Pekerjaan HR selaras dengan strategi bisnis
  • Sebagai partner dalam mengembangkan strategi bisnis
  • Kolaborasi dengan tim manajemen bisnis
  • Mampu membangun dan menjaga hubungan dengan seluruh stakeholder

Target utama HR pada tingkat ini adalah meningkatkan profitabilitas perusahaan.

 

Level 4 HRD – Strategic Partner

Peran HR sebagai strategic partner adalah mengembangkan dan mengarahkan agenda HR yang mendukung dan mendorong tujuan perusahaan secara menyeluruh.

Fokus HR pada level ini adalah menjadi HR Outside-In yang memberikan value ke pihak eksternal perusahaan.

Dengan kata lain, HR strategic partner menjembatani kesenjangan antara pekerjaan tim HR di lapangan dan misi C-suite hingga stakeholder.

Untuk melakukan ini, HR strategic partner memastikan bahwa kebijakan, prosedur, dan tata kelola HR selaras dengan gambaran besar yang sudah dirancang.

HR strategic partner bertanya, “Bagaimana HR dapat membantu menciptakan budaya kinerja tinggi yang menarik yang mendorong seluruh bisnis ke depan?”

Karakter HR strategic partner:

  • Menghubungkan HR ke konteks bisnis yang lebih luas
  • Pendekatan Outside-In (Membawa perspektif eksternal perusahaan menjadi strategi internal perusahaan)
  • Selalu bisa memberikan input kepada tim manajemen perusahaan
  • Skill analisa yang tinggi

Perspektif Outside-In mengarahkan HR untuk menciptakan kompetensi internal perusahaan yang sesuai dengan kondisi eksternal.

Oleh karena itu, banyak perusahaan tech-startup yang sengaja membentuk culture startup-nya sesuai dengan habit dan karakter customer

 

Panduan Melakukan Transformasi 4 Level HRD

Sebagai business executives (tim manajemen dan tim HR), Anda perlu memahami bahwa kesuksesan bisnis juga ditentukan oleh tingkat HR yang dimiliki dan dilakukan oleh perusahaan.

Bagaimana cara melakukan transformasi HR dari tingkat saat ini ke tingkat selanjutnya?

Anda dapat download 4 Langkah Transformasi HR

Semakin tinggi tingkat tim HR di perusahaan, maka semakin besar juga tim HR membawa kesuksesan pada bisnis.

Dapatkan real case study pada tiap tingkat HR secara GRATIS! 

 

Identifikasi 4 Level HR

Tidak yakin dimana posisi HR internal perusahaan saat ini?

Lakukan test 4 Level HR untuk mengidentifikasi tingkat HR saat ini

 

Kesimpulan

Dengan melihat secara kritis keahlian HR internal saat ini, perusahaan dapat menentukan di mana dan bagaimana cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

Mengharapkan staf tingkat transaksional untuk mengambil tugas strategis akan tidak praktis dan tidak efektif.

Demikian juga, menugaskan anggota HR pada tingkat satu untuk mengerjakan tugas tingkat strategis akan menyebabkan kinerja yang kurang di tingkat strategis, dan pemanfaatan yang kurang pada tingkat satu.

Daripada membayar lebih untuk HR level dua dan level tiga untuk melakukan tugas administratif, pertimbangkan untuk melakukan outsourcing jika perlu.

Saat ini, salah satu tingkatan dapat dikelola dengan biaya yang efektif melalui partner pihak ketiga.

Mempertahankan efisiensi biaya membutuhkan pemanfaatan terbaik dari talent internal dan melaksanakan tujuan perusahaan saat bertumbuh. Investasi yang tepat dalam HR hari ini akan memastikan dividen untuk masa depan Anda.

Semakin kecil risiko berarti semakin banyak peluang untuk bertumbuh.

Di Abhitech, kami percaya dengan HR for Business Impact. Human Resource (HR) yang menjadi profit-driver dan growth engine bagi perusahaan.

Dengan layanan Abhitech, perusahaan Anda dapat mengalokasikan HR internal ke aah yang lebih strategis dibandingkan hanya administrasi atau proses.

Pastikan alokasi HR internal Anda sudah sejalan dengan tujuan perusahaan.

Serahkan proses administrasi dan operasional HR Anda kepada expert yang sudah terbukti. Karena jelas bisa mengurangi resiko kesalahan serta menghemat waktu, sumber daya, dan uang.Selama lebih dari 30 tahun, klien yang kami layani (termasuk perusahaan multinational maupun startup) telah membuktikan bahwa HR adalah salah satu pilar penting untuk perkembangan bisnisnya di Indonesia

Coba Layanan Abhitech sekarang juga! 

atau

Tanyakan Lebih Lanjut Seputar Layanan Abhitech dengan Tim Abhitech

 

Apabila Anda ingin mempunyai proses HR yang lebih efektif, tidak memakan waktu, dan membuat Anda fokus pada hal yang lebih efisien, Anda dapat menghubungi Abhitech.

Was this article helpful?
5 of 5