...
3 min read

Daftar Libur Nasional 2022: Catat Tanggal Merahnya!

People Management

Daftar Libur Nasional 2022

Daftar libur nasional untuk tahun 2022 mendatang telah diumumkan. Oleh karena itu, sebagai HR atau pemilik bisnis, Anda harus mengetahui hak cuti karyawan dan memberikan informasi yang baik kepada karyawan untuk mempersiapkan cuti yang diantisipasi.

Sebagian besar karyawan saat ini memiliki pemahaman baik tentang work-life balance. Bagi sebagian besar karyawan, bekerja dengan giat memang penting, tetapi mencari cara untuk menghabiskan cuti tahunan untuk rehat atau bersenang-senang dengan hobi tidak kalah pentingnya.

Sebelum menerapkan cuti tahunan, banyak karyawan yang sudah menandai tanggal merah yang jatuh sebelum atau setelah akhir pekan. Sekitar hari-hari itu, mereka akan beristirahat dari tugas-tugas berat sehari-hari untuk memiliki waktu istirahat yang lebih lama.

Untuk mencegah karyawan mengajukan cuti tahunan secara bersamaan, Abi sudah merangkum daftar daftar Hari Libur Nasional Indonesia 2022 yang dapat menjadi alat bantu HR dalam mempersiapkan dan menghitung cuti karyawan.

– 1 Januari: Tahun Baru 2022

– 1 Februari: Tahun Baru Imlek

– 28 Februari: Isra ‘Mi’raj (Hari Kenaikan) Nabi Muhammad

– 3 Maret: Hari Raya Nyepi

– 15 April: Jumat Agung

– 1 Mei: Hari Buruh Internasional

– 2-3 Mei: Idul Fitri

– 16 Mei: Hari Waisak

– 26 Mei: Hari Kenaikan Isa Almasih

– 1 Juni: Hari Lahir Pancasila

– 9 Juli: Idul Adha

– 30 Juli: Tahun Baru Islam

– 17 Agustus: Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

– 8 Oktober : Maulid Nabi Muhammad

– 25 Desember: Hari Natal

 

 Menghitung Tunjangan Hari Libur Nasional

Setidaknya terdapat empat skenario perhitungan pekerja akan membutuhkan hak pembayaran libur yang berbeda. Diantaranya adalah:

  • Jika karyawan bekerja pada weekdays tetapi harus bekerja pada hari libur: Perusahaan harus membayar gaji harian normal dan hari libur.
  • Jika karyawan memang bekerja pada hari libur umum, termasuk on-call: Perusahaan harus membayar karyawan setidaknya setengah waktu, atau tunjangan on-call, ditambah mereka harus mendapatkan hari pengganti libur; kecuali perusahaan hanya mempekerjakan karyawan untuk bekerja pada hari libur.
  • Jika karyawan bekerja pada hari libur nasional tetapi itu bukan hari kerja normal: Perusahaan harus membayar karyawan setidaknya setengah waktu, atau tunjangan on-call karyawan, untuk bekerja pada hari libur, tanpa hak atas hari libur alternatif.
  • Jika karyawan tidak bekerja pada hari libur nasional, dan itu bukan hari biasa mereka bekerja: Perusahaan tidak diharuskan membayar karyawan untuk hari libur karena ini bukan hari kerja biasa.

Meminta karyawan untuk bekerja pada hari libur

Mengurus hak libur karyawan bisa menjadi sangat rumit, tetapi pada dasarnya, karyawan  hanya dapat diminta untuk bekerja pada hari libur nasional jika perjanjian kerja mereka menyatakan bahwa karyawan harus bekerja ketika hari libur nasional jatuh pada hari kerja normal mereka.

Anda dapat meminta karyawan untuk bekerja pada hari libur, selama permintaan tersebut masih masuk akal.

Seorang karyawan dapat menolak permintaan Anda jika:

  • permintaan perusahaan tidak masuk akal; atau
  • penolakan mereka masuk akal.

Berikut adalah faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan ketika menentukan apakah permintaan (atau penolakan) untuk bekerja pada hari libur adalah wajar:

Persyaratan operasional bisnis

  • Keadaan pribadi karyawan (misalnya urusan keluarga).
  • Apakah karyawan dapat diharapkan untuk diminta bekerja pada hari libur umum.
  • Apakah karyawan akan diberi kompensasi dengan pembayaran penalti, lembur, dll.
  • Jumlah pemberitahuan sebelumnya yang Anda berikan saat mengajukan permintaan, dan oleh karyawan saat menolak permintaan.
  • Hari libur nasional dalam masa cuti

Freelance dan hari libur
Karyawan tidak tetap tidak berhak atas hari alternatif atau hak pembayaran hari libur untuk bekerja pada hari libur umum.

Pekerja dengan ACC atau cuti orang tua
Jika saat ini Anda tidak membayar karyawan karena mereka sedang cuti ACC atau cuti orang tua, Anda tidak diharuskan membayar mereka untuk hari libur umum apa pun selama periode cuti yang belum dibayar. Namun, perhatikan bahwa cuti ACC dianggap sebagai pekerjaan berkelanjutan sehingga hak cuti tahunan akan tetap bertambah.

Kerja shift, on-call dan hari libur
Kerja panggilan dan shift adalah pengaturan yang sangat rumit untuk mengerjakan hak libur umum.

Karyawan yang bekerja secara bergiliran dan bekerja pada hari libur umum harus menerima waktu setengah jam kerja mereka. Jika mereka biasanya bekerja pada hari itu, maka mereka juga berhak atas hari libur alternatif.

Mengganti hari libur nasional dengan hari lain
Terkadang Anda mungkin memiliki alasan bisnis, atau karyawan Anda mungkin memiliki alasan pribadi, untuk merayakan hari libur umum pada hari kalender yang berbeda. Untuk menukar hari libur nasional Anda harus memiliki persetujuan tertulis.

Apabila Anda ingin mempunyai proses HR yang lebih efektif, tidak memakan waktu, dan membuat Anda fokus pada hal yang lebih efisien, Anda dapat menghubungi Abhitech.

Was this article helpful?
5 of 5