Karyawan merupakan salah satu aset terpenting bagi perusahaan, dan pengelolaan yang efektif terhadap mereka menjadi salah satu kunci utama untuk mencapai kesuksesan bisnis.

Salah satu pengelolaan karyawan yang diperhatikan adalah pengelolaan data karyawan perlu dikelola dengan cermat untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis yang berbasis pada analisis data yang akurat.

Departemen HR memiliki mandat hukum untuk mengelola dan melindungi data karyawan. Ketidakpatuhan terhadap peraturan yang berlaku dapat berakibat pada sanksi yang signifikan.

Masalah utama dalam mengelola data karyawan secara manual dalam skala besar adalah tantangan efisiensi dan potensi kesalahan. Hal ini semakin kompleks ketika perusahaan memiliki jumlah karyawan yang banyak, sementara masih ada berbagai tugas penting lain yang perlu diselesaikan.

Keamanan menjadi salah satu perhatian utama dalam manajemen database secara manual.

Artikel ini akan membahas semua yang perlu diketahui untuk mengelola data karyawan secara efektif!

 

Apa itu Database Karyawan?

Database karyawan adalah catatan karyawan yang mencakup data saat ini dan yang telah lalu. Isi database karyawan umumnya berisikan informasi kontak, jabatan, data penggajian, dan informasi lain yang terkait dengan pekerjaan. 

Database karyawan dapat digunakan untuk melacak kinerja karyawan, mengidentifikasi kebutuhan pelatihan karyawan, dan mengelola fungsi HR lainnya.

Apa itu Employee Data Management?

Apa itu Employee Data Management - Abhitech

 

Manajemen data karyawan adalah serangkaian kegiatan untuk mengumpulkan, mengatur, dan menyimpan data karyawan. 

Seorang profesional HR pasti akan menyadari bahwa data yang dikumpulkan dari karyawan sangat beragam dan sangat banyak. Mulai dari informasi alamat dan detail pekerjaan, hingga data demografis dan medis, jumlah data yang harus dikelola bisa sangat besar.

Untuk menghindari ketertinggalan dalam mengelola tumpukan dokumen ini, HR memerlukan rencana strategis yang jelas.

Dalam hal ini, rencana strategis yang diperlukan adalah pengelolaan data karyawan yang mencakup:

  • Cara mengumpulkan data dari karyawan, 
  • Cara mengatur data yang telah dikumpulkan, dan 
  • Cara menyimpan data tersebut untuk memastikan compliance terhadap peraturan hukum.

Data management biasanya mencakup manajemen file yang bersifat fisik maupun elektronik. 

Manajemen data digital relatif lebih aman, lebih efisien, lebih sustainable, dan lebih mudah diakses. Meskipun demikian, file fisik masih sangat sering digunakan, dan transisi ke digital dapat memakan waktu.

 

Baca juga: Manajemen Kinerja – Pengertian, Program dan Tahapannya

 

Pentingnya Mengelola Database Karyawan

Mengelola data karyawan dengan benar mungkin bukan bagian dari tugas HR yang paling menarik dan menyenangkan, tetapi ini penting untuk dilakukan. Berikut adalah beberapa alasannya.

Memudahkan Akses Data.

Seluruh pengguna yang sudah terdaftar dapat mengakses dan mengelola data mereka kapan saja dan dimana saja.

Sentralisasi Data.

Seluruh data karyawan akan terkumpul di satu tempat sehingga menghilangkan risiko data yang terpencar-pencar.

Menghemat waktu.

Menjalankan proses yang lancar untuk mengumpulkan, menyimpan, dan mengelola data karyawan akan menghemat waktu HR dan karyawan. Mengetahui lokasi untuk mengakses data dan mengisinya dalam langkah sesedikit mungkin akan membuat perbedaan besar.

Compliance.

Pemerintah memiliki persyaratan bagaimana Anda mengelola data karyawan, terutama dokumen pemerintah dan informasi sensitif. Membangun persyaratan ini ke dalam proses data management akan membantu perusahaan tetap compliance.

 

Temukan artikel menarik seputar People Management Abhitech!

Download Gratis! Template Excel Data Karyawan Siap Pakai!

 

Jenis Data yang Disimpan pada Database Karyawan

Jenis Data yang Disimpan pada Database Karyawan - Abhitech

Jenis data yang disimpan dalam sistem manajemen karyawan sangat bervariasi, namun sebagian besar dapat dikelompokkan ke dalam beberapa kategori utama.

Memahami kategori-kategori data ini akan membantu HR dalam mengelolanya secara lebih terstruktur dan efisien.

Penting untuk selalu memperhatikan cara penyimpanan informasi sensitif agar tetap aman dan terjaga kerahasiaannya.

Informasi Personnel

Data yang paling dasar pada database karyawan adalah informasi personal. Yang dimana biasanya mencakup informasi yang tidak sensitif tentang seorang karyawan dan pekerjaan mereka. Informasi personal dapat mencakup resume, pemeriksaan latar belakang, catatan promosi, tindakan disipliner, dokumen pemutusan hubungan kerja, dll. Ini adalah jenis informasi yang harus dapat dilihat oleh karyawan dan manajer saat diminta.

 

Baca juga: Keunggulan Sistem ESS (Employee Self-Service) bagi Perusahaan

 

Informasi Payroll

Informasi payroll biasanya merupakan informasi pembayaran yang sensitif. Karena itu, pembagian informasi ini harus lebih dibatasi. Informasi penggajian dapat mencakup informasi rekening bank atau pemberi pinjaman untuk verifikasi pekerjaan, dll.

 

Informasi Medis

Informasi medis biasanya mudah dibedakan dan harus dipisahkan dari informasi karyawan lainnya. Jumlah orang yang membutuhkan akses ke informasi medis karyawan sangat terbatas, jarang orang lain selain HR dan karyawan tersebut yang dapat mengaksesnya. Data karyawan medis dapat mencakup cuti orang tua, tes narkoba, dll.

 

Informasi Demografis

Informasi demografis adalah segala sesuatu yang terkait dengan jenis kelamin, usia, etnis, status disabilitas, atau kelas lain yang dilindungi. Informasi ini hanya boleh dikumpulkan sesuai kebutuhan. Ketika dikumpulkan, jumlah orang yang seharusnya memiliki akses ke sana harus tetap terbatas. 

 

Cara Mengelola Database Karyawan

Cara terbaik untuk memulai pengelolaan data karyawan adalah dengan melakukan semacam audit data.

Langkah 1: Catat Proses Anda Saat Ini

Langkah pertama untuk memulai adalah menuliskan setiap cara yang saat ini digunakan untuk mengumpulkan dan menyimpan data. Catat apakah data tersebut disimpan secara fisik atau digital, serta jenis data yang disimpan. Cara termudah untuk melakukannya adalah memulai dengan pertama kali Anda mengumpulkan data karyawan (recruitment) dan employee lifecycle.

 

Baca juga: Penilaian Kinerja Karyawan – Pengertian, Jenis, & Contoh

 

Langkah 2: Data Storage

Setelah mencatat data apa yang ingin dikumpulkan, cek apakah ada penyesuaian yang perlu dilakukan. 

  • Apakah perusahaan memiliki satu jenis data yang dikumpulkan di beberapa sistem? 
  • Apakah perusahaan mengumpulkan data sensitif di tempat yang sama dengan data yang tidak sensitif? 
  • Apakah perusahaan memiliki data yang sulit diakses?

 

Langkah 3: Cara Mengumpulkan Data

Ketika perusahaan menemukan data yang salah atau hilang, pastikan untuk melakukan evaluasi dan perbaikan cara mengumpulkan data untuk mencegah kesalahan terjadi lagi. Lalu, automasi selalu menjadi opsi yang terbaik untuk tugas-tugas administratif. Gunakan semua tools teknologi yang dimiliki untuk mengumpulkan dan menyimpan data dengan langkah sesingkat mungkin untuk HR dan karyawan.

 

Langkah 4: Audit Reguler

Sebaiknya mengaudit data karyawan setidaknya setahun sekali. Dua cara audit yang dapat digunakan adalah audit internal (dilakukan sendiri) dan audit eksternal (membayar seseorang untuk melakukannya) setiap tahun. Semakin lama menunda mengaudit data, semakin banyak pekerjaan yang akan menumpuk untuk audit berikutnya!

 

Download Contoh Excel Database Karyawan Perusahaan

Database karyawan yang dibuat dalam excel dapat digunakan untuk menyimpan beberapa informasi penting seperti catatan penggajian karyawan, informasi pribadi karyawan, hingga inventaris kantor yang dipegang oleh karyawan.

Nantinya, database tersebut dapat digunakan untuk keperluan penginputan dan pengarsipan secara digital.

Untuk download contoh excel database karyawan perusahaan, Anda bisa dapatkan disini:

Download Template Database Karyawan di Excel secara GRATIS!

Tools Employee Data Management

Setelah mengetahui betapa pentingnya menyimpan data karyawan dengan aman. Selain memastikan data aman, penting juga untuk mengatur data tersebut sehingga user tahu ke mana harus mencari jika informasi tersebut dibutuhkan. Tools berikut dapat membantu perusahaan mengelola data secara efisien dan menjaga semuanya tetap teratur.

 

HRIS untuk Mengelola Database Karyawan

Human Resources Information System (HRIS) harus menjadi tools yang digunakan untuk mengumpulkan dan menyimpan data karyawan. Bila memungkinkan, sentralisasi data adalah pilihan terbaik. Jika Anda tidak dapat memusatkan data, lakukan yang terbaik untuk menjaga agar informasi di setiap software tetap bersih dan mudah diakses.

Hubungi Kami untuk Dukungan Profesional

Document Storage Software untuk Mengelola Database Karyawan

Jika tidak memiliki HRIS, atau jika HRIS Anda tidak memiliki semua capabilities yang tepat, perusahaan mungkin ingin explore software penyimpanan dokumen. Software ini membantu perusahaan menyimpan data dengan aman.

Lemari arsip untuk Menyimpan Database Karyawan

Mungkin suatu hari file fisik akan benar-benar hilang, tetapi untuk saat ini, lemari arsip masih umum digunakan. Jika Anda memutuskan penyimpanan dokumen fisik yang terbaik untuk perusahaan Anda, pastikan untuk mendapatkan lemari arsip yang dapat dikunci dan tahan bencana

Layanan People Management: Solusi Manajemen Data Karyawan bagi Perusahaan Anda

Mencatat data karyawan menggunakan Excel memang umum bahkan masih banyak perusahaan yang menggunakannya.

Namun, mengumpulkan data karyawan menggunakan Excel cukup berisiko apalagi jika perusahaan Anda semakin berkembang.

Pertama, data sangat rentan terhadap dimanipulasi karena file excel bisa diakses oleh siapa saja. 

Kedua, apabila terjadi kendala teknis atau bencana, file absensi akan memiliki risiko hilang atau rusak.

Salah satu layanan yang mengelola data karyawan adalah People Management Service Abhitech.

Dengan People Management Service Abhitech, Anda bukan hanya mendapatkan software tapi layanan dari tim Abhitech. Jadi, Anda tidak perlu buang waktu untuk belajar software baru. Tim Abhitech yang mengerjakannya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan People Management dari Abhitech, Anda bisa mengunjungi homepage Abhitech atau menghubungi tim kami melalui halaman kontak. Pastikan untuk mengeksplorasi bagaimana layanan ini dapat membantu perusahaan Anda dalam mengelola database karyawan.