...
4 min read

Manajemen Kinerja: Pengertian, Program dan Tahapannya

People Management

manajemen kinerja

Kinerja karyawan merupakan hal yang kritis bagi keberhasilan suatu perusahaan. Namun, agar karyawan dapat mencapai potensi terbaiknya, perusahaan harus memastikan untuk memenuhi segala kebutuhan karyawan.

Tujuan dan target yang jelas harus ditetapkan, tugas-tugas karyawan harus sesuai dengan keterampilan mereka, serta kinerja harus dipantau secara teratur sehingga masalah di bawah standar dapat diidentifikasi dan diperbaiki.

Manajemen kinerja atau performance management akan membantu perusahaan menyelaraskan sistem, resource, dan karyawan dengan tujuan strategis.

Perusahaan yang berhasil menerapkan manajemen kinerja dapat menciptakan tingkat employee engagement yang tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan dengan tenaga kerja yang sangat engaged menghasilkan keuntungan 21% lebih tinggi.

Performance management systems sangat berguna untuk mencapai semua hal ini.

Manajer HR dapat menggunakan performance management systems untuk menetapkan ekspektasi kinerja yang jelas, menentukan tujuan dan objektif, memberikan feedback tepat waktu, dan memberikan penghargaan berdasarkan harapan tersebut.

Jadi, jika Anda seorang pemimpin dan ingin tahu bagaimana manajemen kinerja dapat memberikan manfaat bagi perusahaan Anda, Anda telah datang ke tempat yang tepat!

 

Apa itu Manajemen Kinerja?

Manajemen kinerja adalah pendekatan untuk menciptakan dan menjaga peningkatan kinerja para karyawan, yang pada akhirnya meningkatkan efektivitas perusahaan.

Dengan berfokus pada pengembangan karyawan dan penyesuaian tujuan perusahaan dengan tujuan tim dan individu, para manajer dapat menciptakan lingkungan kerja yang memungkinkan karyawan dan perusahaan tumbuh bersama.

Berdasarkan definisi manajemen kinerja, sebuah sistem dibangun dalam perusahaan untuk mengukur dan meningkatkan kinerja orang-orang di dalamnya.

Bagi departemen HR, manajemen kinerja adalah sistem penting untuk memperkenalkan, mengembangkan, dan mempertahankan karyawan, serta meninjau kinerja mereka.

 

Pentingnya Manajemen Kinerja

Manajemen kinerja karyawan dan evaluasi berdasarkan Key Performance Indicator (KPI) sangat penting bagi sebuah perusahaan.

Setiap bisnis perlu memiliki sistem untuk mengelola keterampilan karyawan dan membantu mereka mencapai potensi terbaik.

Berikut adalah beberapa keuntungan yang akan membantu Anda memahami pentingnya fungsi ini dalam sebuah perusahaan.

 

Employee Engagement

Manajemen kinerja membantu meningkatkan engagement karyawan di dalam perusahaan dengan mengevaluasi kinerja mereka dan memberikan penghargaan.

Hal ini juga membantu menetapkan tujuan dan harapan yang jelas bagi tenaga kerja.

Selain itu, manajemen kinerja memungkinkan mereka untuk meningkatkan keterampilan melalui pelatihan dan pengembangan yang tepat.

 

Talent Support

Sebuah perusahaan dapat memahami keterampilan dan bakat karyawan melalui sistemnya.

Karyawan cenderung tetap bertahan dengan perusahaan jika manajemen secara rutin mengadakan pertemuan untuk membahas kinerja mereka, mencari solusi atas masalah yang timbul, dan memberikan pelatihan.

 

Mengembangkan Skill Leadership

Bagi para pemimpin, ini membantu menetapkan tujuan yang jelas dan dapat diukur bagi diri mereka sendiri dan anggota tim mereka.

Proses ini dapat membantu para pemimpin mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan fokus pada pengembangan keterampilan kepemimpinan mereka lebih lanjut.

 

Program Manajemen Kinerja Karyawan

Meskipun terdapat paket software performance management, program manajemen kinerja yang efektif mengandung elemen universal tertentu, seperti:

  1. Menyelaraskan aktivitas karyawan dengan misi dan tujuan perusahaan. Karyawan harus memahami bagaimana tujuan mereka berkontribusi pada pencapaian keseluruhan perusahaan.
  2. Mengembangkan hasil kinerja kerja yang spesifik. Apa barang atau layanan yang dihasilkan oleh pekerjaan saya? Apa efek yang seharusnya ditimbulkan oleh pekerjaan saya terhadap perusahaan? Bagaimana interaksi saya dengan klien, rekan kerja, dan atasan? Prosedur apa yang terkait dengan pekerjaan saya?
  3. Membuat harapan kinerja yang dapat diukur. Karyawan harus memberikan masukan tentang bagaimana keberhasilan diukur. Harapan tersebut mencakup hasil—barang dan layanan yang dihasilkan oleh karyawan; tindakan—proses yang digunakan karyawan untuk membuat produk atau melakukan layanan; dan perilaku—sikap dan nilai-nilai yang ditunjukkan oleh karyawan di tempat kerja.
  4. Mendefinisikan rencana pengembangan pekerjaan. Atasan dan karyawan bersama-sama harus mendefinisikan tugas pekerjaan. Karyawan harus memiliki pendapat tentang jenis hal baru apa yang mereka pelajari dan bagaimana mereka dapat menggunakan pengetahuan mereka untuk
  5. keuntungan perusahaan.
    Bertemu secara teratur. Alih-alih menunggu penilaian tahunan, manajer dan karyawan harus aktif terlibat sepanjang tahun untuk mengevaluasi kemajuan.

Program manajemen kinerja yang baik akan membantu meningkatkan produktivitas dan kinerja karyawan Anda. Pastikan perusahaan Anda memiliki program yang efektif untuk mencapai kesuksesan bersama.

 

Performance Management System

Performance Management System adalah kerangka kerja yang digunakan oleh manajemen sebuah perusahaan. Hal ini digunakan untuk melacak dan menganalisis kinerja individu dan perusahaan, memperkuat akuntabilitas individu dalam mencapai tujuan dan sasaran perusahaan, serta mengkomunikasikan tujuan dan sasaran tersebut kepada manajer dan karyawan.

Performance Management System merupakan upaya kolaboratif untuk membantu karyawan tumbuh sehingga mereka dapat berkontribusi pada perusahaan.

Beberapa sistem manajemen kinerja dapat membantu manajer bisnis dalam cara mengukur kinerja karyawan dan merangkai tim terbaik untuk kesuksesan perusahaan.

 

Forced Distribution

Forced distribution adalah cara untuk menilai kinerja karyawan melalui kurva berbentuk lonceng.

Ini merupakan metode penilaian yang digunakan oleh tim manajemen kinerja untuk mengklasifikasikan karyawan ke dalam tiga kategori: buruk, baik, dan sangat baik.

Metode ini juga dikenal sebagai stacked ranking atau metode penilaian kurva lonceng.

 

360-Degree Feedback

Prosedur manajemen kinerja mengumpulkan informasi dari atasan, rekan kerja, dan bawahan karyawan tentang perilaku kerja mereka dan dampaknya pada perusahaan.

 

Competency-Based

Sistem ini membantu mengukur kinerja berdasarkan kompetensi daripada tugas atau perilaku spesifik yang ditetapkan untuk setiap posisi dalam perusahaan.

 

Management by Objectives

Management by Objectives, atau MBO, adalah metode yang melibatkan penetapan target perusahaan, departemen, dan individu melalui diskusi.

 

Graphic Rating Scales

Penilaian dengan menggunakan skala penilaian grafis memungkinkan seorang atasan untuk menilai karyawan berdasarkan beberapa parameter, seperti perilaku umum, keterampilan komunikasi, dan kemampuan dalam pemecahan masalah.

 

Langkah-Langkah Menyusun Manajemen Kinerja Karyawan

Proses manajemen kinerja memungkinkan manajer untuk membantu anggota tim mereka dalam mengembangkan dan mencapai tujuan perusahaan. Selain itu, metode ini efektif dalam memastikan keberhasilan karyawan dalam pekerjaan mereka.

Proses manajemen kinerja terdiri dari langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Planning
Melibatkan penentuan dan penyesuaian tujuan individu karyawan, tim yang berbeda, dan keseluruhan bisnis.

Langkah 2: Monitoring
Pemantauan penting untuk membantu karyawan tetap pada jalur yang benar dan menjawab pertanyaan yang muncul saat mereka bekerja untuk mencapai tujuan yang ditetapkan selama fase perencanaan.

Langkah 3: Reviewing
perusahaan melakukan peninjauan kinerja untuk mengevaluasi kemajuan atau keberhasilan karyawan dalam mencapai tujuan.

Langkah 4: Rewarding
Manajer menunjukkan penghargaan terhadap kerja keras dan prestasi anggota tim pada tahap ini. Ini bisa berupa bonus, pengakuan kontribusi mereka di hadapan rekan kerja, tunjangan tambahan, dll.

 

Template Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan 

Masih bingung bagaimana mengukur dan mengumpulkan data kinerja karyawan?

Ukur dan monitor data kinerja karyawan dari tenaga kerja perusahaan secara menyeluruh menggunakan metode 360-degree feedback.

Download template 360-degree feedback GRATIS

 

Saatnya fokus kembangkan perusahaan, tinggalkan Pekerjaan Administratif HR

Dengan begitu banyak yang dipertaruhkan di bidang HR, masuk akal perusahaan yang baik untuk melakukan outsourcing HR tahun ini.

Di Abhitech, kami tahu (dari beroperasi selama lebih dari 30 tahun) bahwa HR benar-benar merupakan landasan untuk menumbuhkan setiap perusahaan yang sukses dan memastikannya stabil dan terlindungi. Let us help!

Ketika Abhitech membantu, perusahaan Anda dapat menjadi lebih fokus pada expertise dan produk yang Anda tawarkan, sambil menghemat waktu, uang, dan meningkatkan perusahaan Anda secara keseluruhan.

Jika Anda merasa kini saatnya untuk meningkatkan kinerja HR perusahaan Anda ke standar modern, schedule konsultasi dengan kami hari ini.

Apabila Anda ingin mempunyai proses HR yang lebih efektif, tidak memakan waktu, dan membuat Anda fokus pada hal yang lebih efisien, Anda dapat menghubungi Abhitech.

Was this article helpful?
5 of 5