...
7 min read

Panduan HR pada Tech Industry: Tantangan & Pertimbangan

People Management

Peran HR pada Industry Tech di Indonesia tahun 2023

Hingga saat ini, beberapa perusahaan mungkin menganggap peran HR hanya melibatkan proses paperwork yang kuno.

Nyatanya, saat ini HR dan teknologi saling berkaitan erat bagaikan ketupat dan opor.

Industri tech saat ini berjalan di hampir setiap elemen ekonomi global. Namun sebenarnya, kita tahu bahwa mengelola HR di tech company itu rumit dan memiliki tantangan serta peluangnya tersendiri.

Rintangan apa yang mungkin dihadapi oleh industri setinggi ini?

Jadi, mari lihat lebih dekat mengapa HR di industri teknologi begitu unik saat ini dan bagaimana teknologi HR dapat membantu perusahaan menghemat waktu, menghindari kesalahan, dan membangun culture.

 

Gambaran HR di Tech Industry

Bekerja di bidang HR industri teknologi memiliki banyak peluang yang menarik (dan menantang). 

Seiring dengan bertambahnya jumlah karyawan, prioritas timakan berubah karena munculnya kebutuhan bisnis baru dan kewajiban kepatuhan yang harus dipenuhi. 

Oleh karena itu, perusahaan perlu mengambil pendekatan yang terorganisir dan terstruktur untuk menangani HR mulai dari karyawan pertama hingga karyawan ke-1.000.

Beruntungnya, dalam beberapa tahun terakhir, ada perbaikan dan perubahan besar dalam manajemen sumber daya manusia karena teknologi. 

 

Perbedaan HR Tech Industry & Industri Lainnya? 

Mari kita lihat beberapa tren yang akan membedakan HR di industri tech tahun ini dan di masa depan.

 

Hybrid & Remote Work

Sebelum pandemi, banyak perusahaan teknologi memperbolehkan karyawannya bekerja dari rumah. 

Bahkan, laporan Remote pada tahun 2019 menunjukkan bahwa industri Computer and mathematical memiliki jumlah pekerja jarak jauh nomor satu yaitu 35% dibandingkan dengan industri lainnya.

Sekarang, jumlah pekerja jarak jauh meningkat secara drastis. 

Banyak perusahaan teknologi mulai mengadopsi pendekatan hibrid atau jarak jauh. 

Menurut survei terbaru oleh WeWork, 79% eksekutif C-Suite akan membiarkan karyawan mereka membagi waktu mereka antara kantor perusahaan dan bekerja jarak jauh jika pekerjaannya memungkinkan. Mengadopsi tenaga kerja hibrid atau jarak jauh membantu perusahaan menghemat biaya overhead dan mengalokasikan lebih banyak sumber daya untuk inisiatif lainnya. 

Hal ini juga memungkinkan perusahaan untuk memperluas rekrutmen untuk posisi jarak jauh dan menarik bakat teknologi teratas dari seluruh dunia.

 

Prediksi Tenaga Kerja Generasi Milenial dan Gen Z di bidang Teknologi

Menurut Gallup, generasi milenial dan Gen Z menyumbang 46% dari total tenaga kerja di Amerika Serikat. 

Sebelum pandemi, diprediksi bahwa mayoritas karyawan di seluruh negeri akan berasal dari kedua generasi tersebut dalam waktu dekat. 

Namun, akibat dampak COVID-19, hal tersebut tidak akan terjadi secepat yang diperkirakan.

Karena persentase besar dari Gen Z baru-baru ini lulus kuliah atau akan segera lulus, pencarian pekerjaan mereka sangat dipengaruhi oleh pembekuan rekrutmen yang dilakukan perusahaan teknologi. 

Bahkan, 63 persen dari perusahaan teknologi yang merekrut mahasiswa melambat atau menghentikan rekrutmen setelah COVID-19 muncul. 

Pada tahun 2020, jumlah peran tingkat awal yang biasanya diisi oleh fresh graduate  turun sebanyak 73%.

Beruntung bagi Gen Z, kebanyakan perusahaan teknologi telah mengangkat hiring freeze.

Dengan demikian, diperkirakan bahwa 74% dari tenaga kerja akan terdiri dari kedua generasi tersebut pada tahun 2030.

 

Tech Hub Berubah

Beberapa tahun yang lalu, Jakarta adalah tempat yang harus dikunjungi dalam dunia teknologi. Namun sekarang, tech hub sedang berubah.

Karena beralih ke kerja jarak jauh, karyawan menyadari bahwa mereka dapat bekerja dari mana saja – dikenal juga dengan istilah “WFA”. 

Kekurangan bepergian ke tempat kerja telah membuat banyak karyawan tech pindah ke kota yang memiliki biaya hidup lebih rendah. 

Untungnya, meskipun lebih banyak orang terus bekerja dari mana saja, HR tech dapat menyatukan para pekerja – di mana pun mereka berada.

HR untuk industri teknologi jauh dari sederhana. Ini hanya beberapa alasan mengapa perusahaan HR tech telah mulai personalized penawaran software atau service untuk lebih melayani kebutuhan HR, payroll, compliance, dan waktu yang unik dari perusahaan teknologi.

 

Pertimbangan HR untuk Perusahaan di Tech Industry

Di luar faktor-faktor HR yang unik untuk industri teknologi, ada pertimbangan lain yang perlu dicatat saat memikirkan HR, termasuk cara membangun tim terbaik.

 

Peran HR Apa yang Dibutuhkan di perusahaan Tech Industry?

Ketika jumlah karyawan masih sedikit, biasanya perusahaan perlu mengalihdayakan tim HR sepenuhnya. 

Tapi setelah jumlah karyawan mencapai 25 hingga 50 orang, sudah waktunya untuk membawa HR ke dalam perusahaan agar dapat sepenuhnya MEMILIKI strategi dan merancang rencana HR yang khusus untuk industri teknologi.

Saat mencapai ambang batas jumlah karyawan, sangat penting untuk membangun Tim HR yang dapat mengelola tantangan baru, seperti compliance, recruitment, payroll, benefit, dan banyak lagi.

Namun, dari mana harus memulai? Ini adalah salah satu pertimbangan teratas bagi perusahaan di industri teknologi saat ini.

 

Peran HR di perusahaan teknologi mungkin meliputi:

  1. HR Business Partner (HRBP): Seorang HR Business Partner berfungsi sebagai penghubung antara eksekutif, HR, manajemen departemen, dan karyawan. Peran penting ini bertanggung jawab menggunakan kemampuan HR untuk mendukung tujuan keseluruhan perusahaan.
  2. Chief Human Resources Officer (CHRO): CHRO adalah pemimpin C-level yang mengawasi manajemen HR dan kebijakan Industrial Relationship, praktik, dan operasi. Mereka juga sering dikenal sebagai Chief People Officer. Mereka juga sering menjadi pembuat keputusan dalam hal pembelian HR tech, HR tech AI, atau platform startup HR tech.
  3. HR Manager/Coordinator/Generalist: Manajer/Koordinator/Generalist HR membantu menjembatani kesenjangan antara manajemen dan karyawan. Singkatnya, mereka memastikan tim Anda berjalan efisien. Tanggung jawabnya sangat beragam – dari onboarding dan rekrutmen hingga kepatuhan dan administrasi gaji.
  4. Recruiter: Rekruter bertanggung jawab untuk memenuhi target perekrutan dengan mencari dan memilih kandidat yang berkualitas dan berbakat. Ini melibatkan pencarian dan seleksi kandidat, koordinasi proses wawancara, dan memfasilitasi offering dan negosiasi kerja—semuanya sambil memastikan pengalaman kandidat menyenangkan.
  5. Legal/Compliance Manager: Legal/Compliance Manager memastikan perusahaan berfungsi dengan cara yang legal sambil mencapai tujuan bisnisnya. Tambahkan peran ini ke Tim HR untuk memastikan compliance perusahaan dengan standar atau peraturan.
  6. Benefits Administrator: Administrator Benefit mengarahkan dan merencanakan day-to-day operations dan berfungsi sebagai penghubung antara karyawan.
  7. Payroll Administrator: Administrator Penggajian bertanggung jawab atas fungsi terkait penggajian dari kepatuhan pajak hingga pembayaran deposit.

Tentu saja, HR di perusahaan teknologi dapat sulit, tetapi dengan tim yang tepat, perusahaan dapat dengan mudah mencapai semua tujuan dan membangun tenaga kerja kelas dunia.

 

Tantangan HR di Tech Industry

Masalah HR di perusahaan bukan hal yang unik di industri teknologi, namun sektor ini memiliki tantangan yang lebih menonjol dari yang lain. Mari kita jelajahi dua di antaranya.

 

Peningkatan Fokus pada Diversity 

Perkembangan keberagaman, kesetaraan, dan inklusi sangat berdampak di industri teknologi, di mana perspektif dan pendekatan bisnis yang unik telah menghasilkan inovasi produk, pengambilan keputusan yang lebih baik, dan tim yang berkinerja lebih tinggi. 

Tidak mengherankan bahwa tim yang diversitas gender dan inklusif memiliki kinerja 50 persen lebih baik daripada tim homogen gender yang kurang inklusif.

Namun, keberagaman di teknologi merupakan salah satu tantangan utama HR di industri tersebut, dan banyak perusahaan teknologi yang kesulitan menemukan solusi untuk perwakilan yang kurang, diskriminasi, dan bias di tempat kerja. 

 

Competitive Benefit

Benefit yang kompetitif menjadi topik hangat bagi perusahaan teknologi, terutama karena mereka selalu bersaing untuk mendapatkan talent terbaik. 

Sebelumnya, perusahaan teknologi bergantung pada kemampuan mereka untuk menawarkan gaji yang lebih tinggi dari rata-rata serta berbagai fasilitas di kantor seperti snack, meja ping pong, dan merchandise brand mereka.

Namun, dengan meningkatnya persaingan di pasar tenaga kerja dan perubahan prioritas karyawan (salah satunya WFA), benefit dasar ini tidak lagi cukup. Oleh karena itu, menawarkan keuntungan yang kompetitif akan menjadi salah satu tantangan HR terbesar di industri teknologi.

Di masa depan, kita dapat mengharapkan perusahaan teknologi (dan perekrutan mereka) akan lebih fokus pada total rewards (kombinasi manfaat, kompensasi, dan penghargaan yang diterima karyawan dari organisasi mereka) daripada hanya gaji atau fasilitas di kantor. 

Beberapa manfaat yang diperkirakan akan lebih penting termasuk pengaturan kerja yang fleksibel, benefit kesehatan anak dan orang tua, waktu kerja 4 hari, mental health benefit, dan lain sebagainya.

Tentu saja, ini hanya beberapa manfaat yang diperkirakan akan semakin penting. HR masih harus memperhatikan manfaat lain seperti asuransi, dan lainnya.

 

Recruitment pada Tech Industry

Merekrut untuk perusahaan teknologi akan terus menjadi salah satu tantangan HR dalam industri teknologi, khususnya ketika datang ke merekrut engineer dan software developer (salah satu tantangan HR teratas dalam industri IT). 

Saat ini, banyak perusahaan teknologi menghadapi dilema bahwa terdapat lebih banyak vacant position daripada jumlah kandidat yang tersedia. 

Pada tahun 2021, terjadi peningkatan software engineer dan software developer mandiri, pekerja lepas, atau bekerja sendiri. Pergeseran ini membuat pengisian peran full time semakin sulit bagi para rekruter.

Di market kandidat yang baru ini, perusahaan harus mengambil strategi recruitment ke tingkat yang lebih tinggi untuk menarik dan mempertahankan talent teratas.

 

Teknologi dalam Manajemen HR

Dari hari pertama recruitment hingga hari payroll, tidak ada bagian dari siklus karyawan yang tidak bisa disederhanakan dengan teknologi HR.

Selama 10 tahun terakhir, ratusan perusahaan menarik yang melayani semua bagian dari siklus hidup karyawan, dari perekrutan hingga manajemen kinerja, telah meluncurkan teknologi HR baru yang membantu bisnis dan orang-orangnya tumbuh.

Dan tren teknologi sumber daya manusia terlihat sangat positif dalam beberapa tahun mendatang. 

Namun, pertanyaannya adalah: 

  • Solusi teknologi HR apa yang tepat untuk perusahaan Anda? 
  • Haruskah Anda mengoutsourcing benefit karyawan? 
  • Mendapat bantuan payroll? 
  • Apakah Anda membutuhkan solusi rekrutmen baru atau cara untuk mengenali karyawan yang berkinerja tinggi?

Semua masalah ini dapat diatasi dengan teknologi dalam sumber daya manusia.

Namun sebelum Anda memulai proses pencarian, Anda perlu memahami mengapa Anda membutuhkan teknologi HR pada awalnya.

Pikirkan tentang tantangan dan frustrasi yang Anda dan tim Anda hadapi setiap hari:

  • Masalah apa yang ingin diselesaikan teknologi baru?
  • Apakah Anda mencari solusi HR yang menyederhanakan pengolahan payroll, menyederhanakan pendaftaran benefit, atau keduanya?
  • Apakah proses penilaian kinerja Anda rumit?
  • Apakah proses onboarding Anda terotomatisasi dan mudah digunakan?

Dengan mencantumkan kebutuhan utama Anda, Anda dapat menentukan apa yang Anda cari dan menghilangkan layanan yang tidak cocok secara langsung.

Setelah menentukan persyaratan teknologi HR baru Anda, apa fitur tambahan yang akan membantu? 

Meskipun tidak wajib, akan membantu memiliki alat keterlibatan karyawan, atau software HR yang terintegrasi dengan platform penghargaan dan insentif Anda.

Mencantumkan fitur-fitur yang diinginkan ini akan membantu Anda menyaring pencarian Anda lebih lanjut. 

Dengan membuat daftar semua fitur yang diinginkan, Anda juga dapat menjelaskan kepada tim eksekutif mengapa Anda memilih perangkat lunak tertentu saat mempresentasikan kasus bisnis Anda.

 

Saatnya Mengambil Langkah Selanjutnya

Proses HR seringkali menyebabkan sakit kepala bagi siapa saja yang menjalankan bisnis pada industri teknologi. Karyawan bisa jadi merupakan pengeluaran terbesar Anda, dan Anda ingin memastikan bahwa Anda membelanjakan uang dengan bijak.

Manpower Outsourcing dapat membantu memastikan perusahaan Anda mempekerjakan orang yang tepat untuk posisi yang tepat. Manpower Outsourcing seperti Abhitech juga akan membantu mengidentifikasi posisi apa yang Anda butuhkan, posisi apa yang perlu dibuat, dan posisi apa yang perlu dipindahkan atau dihilangkan.

Sekarang saatnya menyisihkan waktu untuk meninjau strategi HR Anda saat ini. Apakah itu sesuatu yang dapat Anda tangani sendiri, atau apakah Anda akan lebih baik dilayani oleh partner profesional untuk membantu memandu Anda dan bisnis Anda? Hanya Anda yang bisa menjawab pertanyaan itu.

Apabila Anda ingin mempunyai proses HR yang lebih efektif, tidak memakan waktu, dan membuat Anda fokus pada hal yang lebih efisien, Anda dapat menghubungi Abhitech.

Was this article helpful?
5 of 5