...
4 min read

Professional Employer Organization: Solusi HR yang Efektif

People Management
transformasi-bisnis-Abhitech

Professional Employer Organization atau PEO menjadi solusi ketika menangani HR (Human Resources) pada internal perusahaan menjadi rumit.

Anda yang kewalahan akan kompleksitas mengelola HR akan membutuhkan PEO yang hadir sebagai inovasi dalam membantu bisnis menghadapi tantangan HR. 

Melalui PEO, tugas-tugas dan tanggung jawab HR akan diambil alih secara profesional. Perusahaan pun bisa fokus pada bidang bisnis yang membutuhkan perhatian dan progres.

Lantas, apa saja yang PEO tawarkan untuk perusahaan Anda? Abhitech membahasnya lebih jauh untuk Anda di bawah ini:

Mengenal Professional Employer Organization (PEO)

PEO merupakan perusahaan penyedia layanan HR dan ketenagakerjaan secara komprehensif. Biasanya, PEO mengalihdayakan atau outsourcing layanan tersebut pada bisnis kecil dan menengah dengan kemampuan sesuai kebutuhan. 

Pahami outsourcing melalui artikel tentang jasa outsourcing Indonesia dari Abhitech tersebut.

Keberadaan organisasi seperti PEO meringankan beban perusahaan terkait layanan HR. Lebih jelasnya, layanan yang berkaitan dengan tugas administrasi, penggajian, kompensasi hingga tunjangan karyawan.

Bekerja dan berkolaborasi dengan PEO merupakan kesempatan bagi bisnis untuk mengoptimalkan pengalaman profesional HR.

Seperti pengelolaan tanggung jawab HR transaksional dengan efisien, meminimalkan biaya overhead, pengeluaran, hingga liabilitas perusahaan.

Anda yang kesulitan dengan sistem penggajian, ingin kepatuhan secara penuh, hingga mencari tunjangan kompetitif, akan terbantu dengan kehadiran PEO. 

1. Mengapa Professional Employer Organization Dibutuhkan?

Eksistensi PEO akan membantu bisnis menghemat biaya dan waktu sekaligus memaksimalkan kemampuannya dalam mempertahankan talenta terbaik.

Ini memungkinkan bisnis lebih fokus pada operasional inti sekaligus memberikan manfaat kompetitif bagi para karyawannya. 

Bisnis dengan outsourcing HR ke organisasi PEO yang bersertifikat berpeluang tumbuh hingga 9% lebih pesat dari bisnis sejenis.

Selain itu, karyawannya juga mengalami tingkat pergantian lebih rendah mulai dari 10% hingga 14%. 

Potensi bisnis tersebut mampu bertahan pun sebesar 50%. Ketika perusahaan Anda sudah semakin berkembang, maka kemungkinan Anda memerlukan pihak yang bisa mengurus kebutuhan HR perusahaan. 

Tetapi, tantangan menemukan karyawan ahli dan profesional pada setiap aspek HR itu cenderung mahal dan juga sulit.

Itulah mengapa, professional employer organization dibutuhkan karena menyediakan layanan setara departemen HR. 

PEO berisi karyawan ahli yang bersertifikat di setiap aspek HR. Mulai dari layanan penggajian, hukum ketenagakerjaan, administrasi tunjangan, hingga manajemen risiko. 

Untuk memastikan Anda bekerja sama dengan PEO berkualitas, percayakan hanya kepada People Management Service dari Abhitech.

Prosedur operasionalnya terjamin aman karena telah terstandarisasi ISO 9001.

Datanya selalu up-to-date dengan dukungan platform ABI People. Jadi, jangan ragu dengan kualitas Abhitech! 

Layanan Apa yang Ditawarkan oleh PEO?

Layanan-Apa-yang-Ditawarkan-oleh-PEO-Abhitech

PEO menawarkan layanan HR secara penuh yang variatif dan mengurangi beban administratif bisnis kecil sehingga bisa lebih fokus pada operasional intinya. Beberapa layanan tersebut yaitu:

1. Payroll Processing

Demi memastikan bisnis Anda mematuhi penggajian karyawan pada waktu yang tepat, PEO akan membantu dalam pencatatan secara akurat.

PEO bisa melaksanakan kewajiban penggajian sampai menyiapkan dan melaksanakan pembayarannya. 

Hal tersebut termasuk pemrosesan gaji, membuat perhitungan potongan serta pajak, hingga menyerahkan cek gaji pada karyawan.

PEO pun dapat menangani tugas kepatuhan yang berhubungan dengan penggajian lainnya, seperti pelaporan pajak. 

Mulai dari pendaftaran sampai dengan pemrosesan klaim, PEO turut menangani segala hal yang berhubungan pada administrasi tunjangan karyawan. 

2. Employee Benefits Administration

Tugas administrasi bagi tunjangan karyawan berupa program pensiun, bonus, hingga asuransi kesehatan juga bisa diurus oleh PEO.

Tunjangan tersebut krusial karena menjadi bentuk pendekatan agar perusahaan bisa mempertahankan karyawannya yang berkualitas.

PEO bisa membantu perusahaan menarik serta mempertahankan karyawan berkualitas tersebut melalui penawaran tunjangan seperti perawatan kesehatan.

Ini tentu tetap menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia. 

3. HR Compliance

Professional employer organization juga mampu membantu pengembangan kebijakan HR, hubungan karyawan, hingga menyelesaikan konflik perusahaan.

Selain itu, PEO bisa memberikan dukungan dan panduan pada bisnis yang berhubungan dengan masalah HR.

PEO biasanya memiliki perangkat yang mampu membantu dan mengelola siklus kehidupan pekerjaan karyawan menyesuaikan kebutuhan bisnis. 

Meskipun bisnis berskala kecil, Anda tetap bisa mendapatkan karyawan kualitas terbaik.

PEO juga akan membantu agar bisnis mampu memberikan pengalaman orientasi yang optimal. 

4. Monitor Attendance Data

Data mengenai kedatangan atau absensi pun penting untuk mengetahui performa karyawan.

Mitra bisnis PEO akan mendapatkan akses dalam bentuk sistem HRIS yang memadai demi meminimalkan risiko terkait ketidaksesuaian data absensi karyawan. 

Tidak hanya data kehadiran, PEO seperti People Management Service dari Abhitech pun mampu menangani pencatatan karyawan terkait data lembur, cuti, dan sakit.

Ini termasuk pemeriksaan kesehatan serta pemeriksaan background karyawan. 

5. People Management

Satu lagi layanan yang PEO sediakan untuk mitra bisnisnya, yakni People Management. Anda akan terbantu dalam seluruh proses perekrutan, orientasi, hingga pelatihan karyawan. 

PEO pun bisa menyediakan program pelatihan serta pengembangan karyawan sehingga bisnis dapat fokus memajukan posisi mereka di pasar.

Layanan satu ini sangat menguntungkan karena bisnis bisa menghemat biaya dan waktu sekaligus memberikan manfaat signifikan pada karyawannya.  

Mengelola sumber daya manusia pun lebih mudah dengan PEO. Terlebih dengan tersedianya akses menuju pengetahuan HR yang telah tersertifikasi. 

Professional Employer Organization Menggantikan HR?

Professional-Employer-Organization-Menggantikan-HR-Abhitech

Sejatinya, PEO hanya berperan menjadi mitra yang dapat memudahkan pengelolaan internal HR perusahaan Anda.

Tetapi, PEO tidak menggantikan fungsi inti HR dalam aspek menghasilkan keputusan strategis serta kepemimpinan bagi suatu bisnis. 

Kemudian, persyaratan HR sering dipengaruhi dan ditentukan berdasarkan undang-undang hingga peraturan nasional, regional, dan juga daerah. Ini belum termasuk batasan adat istiadat serta budaya yang berlaku. 

Kemungkinan besar mustahil untuk satu departemen HR menjamin kepatuhan, terutama untuk proses penggajian, bagi perusahaan yang memiliki cabang kantor pusat di seluruh negeri. Tidak mungkin pula untuk mempekerjakan karyawan HR pada setiap lokasi.  

Maka dari itu, PEO menawarkan layanan HR yang patuh secara budaya pada lokasi cabang. PEO akan membantu perusahaan untuk mempertahankan kepatuhan kepada hukum.

Ini termasuk beradaptasi dengan bagaimana praktik pekerjaan lokal berlangsung hingga pengelolaan tenaga kerja secara efektif pada berbagai wilayah. 

Tingkatkan Manajemen SDM Anda dengan Abhitech: Solusi PEO yang Mudah dan Efisien

Kini, Anda tidak perlu pusing mencari PEO yang berkualitas dan terpercaya. Abhitech menyediakan People Management Service dengan sejumlah keunggulan.

Mulai dari berstandar ISO 9001 yang menjamin keamanan operasional setara tingkat internasional dengan dukungan supplier teknologi ternama.

Lalu, data di Abhitech selalu up-to-date karena tim kami konsisten menjalankan QA serta QC pada data yang didapatkan dari karyawan serta perusahaan. 

Abhitech juga didukung oleh sistem HR dari Abi People Platform yang memudahkan Anda memperoleh jenis data apa pun. 

Jadi, mari berkolaborasi dengan Abhitech untuk memastikan kualitas sumber daya manusia di perusahaan Anda terjamin!

Hubungi kami untuk terhubung langsung dengan tim Abhitech dan dapatkan solusi HR yang efektif!

Baca juga tentang Bagaimana Proses Penilaian Kinerja Dilakukan? untuk menambah wawasan Anda terkait layanan People Management kami!

Apabila Anda ingin mempunyai proses HR yang lebih efektif, tidak memakan waktu, dan membuat Anda fokus pada hal yang lebih efisien, Anda dapat menghubungi Abhitech.

Was this article helpful?
Rate this post