...
5 min read

Cara Mengajukan Hak Cuti Berkabung Karyawan Terbaru 2022

People Management

Hak cuti berkabung karyawan adalah jenis cuti yang tidak pernah mudah untuk diambil. Kehilangan orang yang dicintai akan sangat menyakitkan dan seringkali tidak terduga.

Surat permohonan mengajukan hak cuti berkabung karyawan

Dukacita adalah respons alami seseorang ketika mengalami kematian (bereavement). Hal ini dapat mempengaruhi seseorang dalam berbagai hal dan dapat berdampak pada kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Setiap orang berduka dengan caranya masing-masing. Sehingga penting bagi perusahaan untuk:

  • peka terhadap apa yang mungkin dibutuhkan karyawan pada saat itu
  • pertimbangkan kesejahteraan fisik dan emosional orang yang ditinggalkan tersebut, termasuk setelah mereka kembali bekerja
  • menyadari bahwa kesedihan bukanlah proses linear dan mempengaruhi setiap orang secara berbeda – tidak ada cara yang benar atau salah untuk berduka dan dapat mempengaruhi orang pada waktu yang berbeda setelah kematian
  • Jika Anda pernah ditinggal oleh seseorang yang dekat dengan Anda, Anda mungkin mengalami berbagai emosi yang berdampak pada pekerjaan Anda.

Untuk memberi waktu kepada orang-orang untuk berduka dan merasa lebih baik setelah kehilangan anggota keluarga, perusahaan memiliki cuti kedukaan.

Cuti kedukaan, seperti yang sering disebut, diperuntukan bagi karyawan untuk pulih dari kehilangan tanpa khawatir tentang pekerjaan.

Mari kita cari tahu apa arti cuti berkabung, bagaimana cara mengajukan cuti berkabung/berkabung, bersama dengan contoh untuk membantu Anda memahami formatnya dengan lebih baik.

 

Contoh surat permohonan cuti berkabung

 

Apa itu Cuti Berkabung?

Bereavement adalah masa berduka atau berkabung yang dialami seseorang setelah kehilangan, dan cuti berkabung adalah cuti kerja yang disetujui perusahaan yang diberikan setelah kepergian orang yang dicintai.

Pada dasarnya, UU Ketenagakerjaan tidak menyebutkan secara eksplisit mengenai hak cuti bagi karyawan karena orang tua atau anggota keluarganya meninggal dunia.

Perusahaan yang relatif lebih besar seringkali memiliki kebijakan resmi untuk mendukung karyawan yang berduka. 

Pada kasus lain, terutama perusahaan kecil dan menengah, berdiskusi dengan karyawan mereka untuk menentukan persyaratan cuti berkabung berdasarkan kasus per kasus.

Kehilangan anggota keluarga, atau kematian kerabat dekat, adalah alasan perusahaan memberikan cuti berkabung. Daftar orang-orang yang memenuhi syarat sebagai kerabat dekat bagi sebagian besar perusahaan:

  • Orang tua, termasuk orang tua tiri dan orang tua angkat
  • Saudara/saudari
  • Pasangan 
  • Anak-anak, termasuk anak tiri dan anak angkat

Beberapa perusahaan juga memberikan cuti kedukaan ketika kakek-nenek, cucu, dan orang tua serta saudara kandung dari pasangan Anda sebagai kerabat dekat berpulang. 

Juga, beberapa perusahaan mengijinkan karyawan untuk mengambil cuti berkabung setelah kehilangan anggota keluarga besar atau teman dekat.

 

Jumlah Hak Cuti Berkabung Karyawan

Berdasarkan jumlahnya, cuti kedukaan dibagi menjadi dua kelompok yaitu:

2 hari untuk meninggalnya suami, istri, orangtua, mertua, dan anak

1 hari untuk meninggalnya anggota keluarga dalam satu rumah

 

Apakah Cuti Berkabung Dibayar?

Perusahaan wajib membayar penuh upah karyawan selama cuti berduka. 

Jika perusahaan melanggar, ada sanksi yang akan dikenakan.

Sanksinya adalah penjara paling singkat 1 bulan dan paling lama 4 tahun, dan/atau denda paling sedikit Rp 10 juta dan paling banyak Rp 400 juta.

 

3 Template surat cuti berkabung dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

 

Cara Mengajukan Hak Cuti Berkabung Karyawan

Penting untuk mendiskusikan parameter cuti berkabung dengan atasan Anda sebelum mengambil cuti. Sebagian besar perusahaan mendukung karyawan yang berduka dan memahami kebutuhan mereka untuk mengambil cuti. 

Ajukan cuti duka Anda sesegera mungkin setelah orang yang Anda cintai berpulang untuk kebaikan emosi Anda sendiri dan workload di kantor.

Ikuti langkah-langkah ini saat meminta cuti berkabung:

 

1. Informasikan atasan sesegera mungkin

Jika orang yang Anda cintai sedang tidak sehat, Anda dapat mendiskusikan situasi tersebut dengan atasan Anda secara terbuka. Diskusi ini akan mempersiapkan mereka terhadap kemungkinan Anda akan mengambil cuti berkabung.

Jika mendapat berita duka secara mendadak dan perlu mengambil cuti berkabung, Anda dapat memilih untuk memberitahu atasan Anda dalam percakapan singkat sebelum mengajukan surat cuti resmi.

 

2. Review kebijakan cuti berkabung 

Perusahaan dengan kebijakan cuti berkabung biasanya menguraikannya dalam employee handbook mereka. Periksa employee handbook Anda untuk persyaratan dan prosedur perusahaan bagi karyawan yang berduka yang meminta dan mengambil cuti.

Penting untuk mengetahui apakah cuti berkabung terpisah dari hak cuti tahunan atau apakah perusahaan akan memotongnya dari cuti tahunan?

Cari tahu apakah perusahaan mengharuskan Anda untuk menyimpan dan mengirimkan dokumen pemakaman, saat Anda kembali. 

Jika employee handbook tidak mencantumkan ketentuan cuti berkabung, diskusikan keadaan Anda dengan supervisor atau HR untuk mengetahui prosesnya.

 

3. Tentukan lama cuti

Pertimbangkan tanggung jawab di kantor dan  kesehatan mental saat menentukan berapa banyak waktu istirahat yang ingin Anda ambil. 

Banyak karyawan menggabungkan cuti berkabung dan cuti tahunan setelah kehilangan orang yang dicintai. 

 

4. Buat permintaan tertulis untuk cuti berkabung

Setelah mendiskusikan kebutuhan cuti berkabung dengan supervisor dan HR, ajukan permintaan secara tertulis. 

Surat formal yang seringkali digunakan, tetapi email mungkin cukup untuk beberapa tempat kerja. Tanyakan preferensi perusahaan Anda dalam pertemuan tatap muka atau panggilan telepon.

Kirim permintaan cuti ke HR atau supervisor Anda. Perusahaan mungkin akan meminta Anda untuk menyertakan hal-hal berikut di dalam surat permintaan cuti Anda:

  • Nama orang yang berpulang, tanggal atau tempat mereka meninggal dan hubungan yang mereka miliki dengan Anda
  • Berapa banyak cuti duka yang ingin Anda ambil
  • Apakah Anda ingin mengambil waktu tambahan dari cuti tahunan 
  • Kapan Anda berencana untuk kembali bekerja
  • Komitmen Anda pada perusahaan dan pekerjaan Anda
  • Skema pembagian tugas agar karyawan lain mengambil alih tugas Anda saat Anda tidak ada
  • Apakah Anda tersedia melalui telepon atau email untuk mendiskusikan masalah pekerjaan saat Anda sedang cuti
  • Ditutup dengan ucapan terima kasih atas pengertian perusahaan selama masa sulit ini

 

5. Submit  formulir dan dokumentasi yang relevan

Beberapa perusahaan menyediakan dokumentasi yang mendukung permintaan cuti berkabung. 

Menyediakan semua dokumentasi yang diperlukan akan memastikan perusahaan Anda memberikan cuti berkabung Anda tanpa penundaan.

Beberapa perusahaan memiliki formulir yang harus ditandatangani karyawan untuk memastikan mereka dibayar untuk cuti berkabung mereka. Tanyakan apakah perusahaan Anda memiliki formulir ini, dan segera kembalikan untuk diproses.

 

6. Siapkan catatan tempat kerja

Pastikan untuk meninggalkan catatan tentang tugas Anda yang ada untuk membantu rekan kerja dalam mengelola tanggung jawab Anda saat Anda pergi. 

 

7. Minta supervisor atau HR untuk berkomunikasi dengan rekan kerja

Anda mungkin ingin meminta bantuan HR atau supervisor untuk memberi tahu rekan kerja tentang alasan cuti Anda, sehingga Anda tidak perlu menjawab pertanyaan tentang ketidakhadiran Anda saat kembali bekerja. 

 

Format Permohonan Hak Cuti Berkabung Karyawan

Anda dapat menggunakan permintaan cuti berkabung berikut sebagai template untuk membuat permintaan cuti Anda sendiri!

Download template surat cuti berkabung dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris!

 

Kelola cuti dan izin karyawan lebih efisien dengan aplikasi HR

Mengelola cuti karyawan menggunakan aplikasi lebih efisien dibandingkan cara manual dengan form kertas dan pencatatan di Excel.

HR Services berbasis cloud Abhitech memiliki fitur cuti online yang memungkinkan pengajuan dan persetujuan cuti melalui aplikasi yang cepat dan mudah.

Abhitech akan mencatat dan menyimpan data cuti karyawan real-time.

Abhitech juga otomatis memperhitungkan cuti yang diupah ke kalkulasi penggajian bulanan. Jadi, karyawan yang menikah dan mendapat izin, tidak akan mengalami pengurangan atau pemotongan di slip gaji.

Sekarang saatnya perusahaan anda. Apabila anda ingin mempunyai proses HR yang lebih efektif, tidak memakan waktu, dan membuat anda fokus eksekusi aktivitas utama bisnis anda, maka:

Konsultasi 45 menit dengan tim Abhitech

atau

Demo layanan Abi People gratis!

Apabila Anda ingin mempunyai proses HR yang lebih efektif, tidak memakan waktu, dan membuat Anda fokus pada hal yang lebih efisien, Anda dapat menghubungi Abhitech.

Was this article helpful?
5 of 5