...
6 min read

Apa Itu Surat Perjanjian Kerja PKWT? [4 Template GRATIS]

People Management

Karyawan dan perusahaan melakukan perjanjian kerjaSebelum menjadi karyawan tetap suatu perusahaan, umumnya perusahaan memberlakukan sistem kontrak kepada karyawannya. Karyawan kontrak yang bekerja dalam jangka waktu tertentu perlu menandatangani surat perjanjian kerja PKWT

Berdasarkan waktu, surat perjanjian kerja dibedakan menjadi dua jenis, yaitu (1) Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) dan (2) Kontrak Kerja Waktu Tidak Tertentu

Kontrak kerja waktu tertentu, yang selanjutnya disebut PKWT merupakan solusi bagus bagi bisnis untuk mengamankan karyawan berbakat dalam jangka waktu yang terbatas. 

Tetapi hati-hati: Memasukkan tanggal akhir dalam kontrak mungkin memiliki konsekuensi yang tidak terduga.

Pada tahun 2016, sebuah layanan media streaming digital asal Amerika Serikat dituduh melakukan pelanggaran terkait perbudakan dengan kontrak PKWT yang ditawarkan kepada para karyawannya TV-nya. 

Sebagai tanggapan, layanan media streaming berpendapat bahwa PKWT justru menguntungkan baik karyawan maupun perusahaan. 

Mereka memberi karyawan penghasilan tetap dan keamanan kerja sembari memberikan kepastian manajemen tentang tenaga kerjanya di masa depan, yang memungkinkan perencanaan, investasi, dan pelatihan yang lebih baik.

Setelah kasus ini dibawa ke meja hijau, pengadilan memutuskan mendukung layanan media streaming tersebut. 

Apa itu perjanjian kerjasama PKWT, keuntungan, waktu yang tepat, cara menulis kontrak freelance, alasan pentingnya kontrak kerja PKWT yang tepat? Temukan selengkapnya pada artikel dibawah ini!

 

? Download GRATIS 4 Template Surat Perjanjian Kerja PKWT Disini!

 

Apa Itu Surat Perjanjian Kerja PKWT?

PKWT adalah kontrak kerja dengan jangka waktu tertentu yang dapat digunakan untuk pekerja sementara. Kecuali diperpanjang, perjanjian kerja PKWT akan berakhir pada tanggal akhir yang telah ditentukan.

Berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga kerja dan Transmigrasi No. 100/MEN/IV.2004, surat perjanjian PKWT adalah perjanjian kerja antara pekerja dengan perusahaan untuk mengadakan hubungan kerja dalam waktu tertentu atau untuk pekerja tertentu.

Beberapa kriteria untuk memenuhi perjanjian PKWT adalah pekerjaan yang selesai atau penyelesaiannya membutuhkan waktu paling lama 3 tahun. 

Kontrak kerja yang didasarkan atas selesainya pekerjaan tertentu harus mencantumkan tenggat waktu kerjasama dinyatakan telah usai. Namun tidak menutup kemungkinan untuk diperbaharui jika pekerjaan belum usai dan dilakukan setelah melebihi masa tenggang 30 hari setelah berakhirnya masa kerja.

Khusus pekerjaan yang berhubungan dengan produk baru atau dalam tahap pengembangan, surat perjanjian ini dapat diberlakukan untuk jangka waktu paling lama 2 tahun dan dapat diperpanjang sebanyak satu kali dengan waktu paling lama 1 tahun.

Untuk perusahaan: Perjanjian kerja melindungi perusahaan dengan memberikan jaminan bahwa karyawan kontrak akan bekerja sesuai dengan job desc dan dalam waktu yang telah disepakati. 

Untuk karyawan kontrak: Begitu juga sebaliknya, perjanjian kerja melindungi pekerja kontrak dengan memberikan jaminan bahwa employer akan memberikan hak yang telah disepakati oleh kedua pihak melalui perjanjian. 

Hal ini membantu karyawan kontrak untuk mengklarifikasi ekspektasi mereka untuk ruang lingkup pekerjaan, hingga jangka waktu bekerja.

 

Posisi yang memerlukan Perjanjian Kerja PKWT

Pekerjaan dengan kontrak waktu tertentu sangat ideal untuk posisi sementara seperti:

Pekerjaan proyek – Jika perusahaan membutuhkan keterampilan khusus untuk menyelesaikan proyek tetapi tidak lagi diperlukan ketika proyek selesai.

Pekerjaan musiman – Ketika perusahaan membutuhkan lebih banyak karyawan selama high season. Seperti pada libur akhir tahun untuk toko ritel atau musim kenaikan kelas untuk sektor pariwisata.

Pertanggungan bersalin – Jika seorang karyawan tetap mengambil cuti hamil, sebuah perusahaan mungkin memerlukan anggota tim sementara untuk mengambil alih tugasnya.

Pekerjaan Terkait Produk atau Kegiatan Baru – Pekerjaan yang secara khusus dilakukan ketika ada produk atau kegiatan baru yang diluncurkan oleh perusahaan, termasuk produk yang masih dalam tahap percobaan.

Pekerjaan yang Penyelesaiannya Tidak Lebih dari Tiga Tahun Jenis pekerjaan jangka pendek (biasanya kurang dari setahun). Jika satu tahun tidak cukup, biasanya pekerjaan ini selesai hanya dalam jangka tiga tahun saja.

→ Dapatkan panduan surat perjanjian pekerja lepas (freelance) dan 4 template perjanjian siap DOWNLOAD

Ketentuan Perjanjian Kerja PKWT

Syarat dan ketentuan Kontrak Jangka Waktu Tetap (PKWT):

  • Durasi maksimal lima tahun, termasuk perpanjangannya
  • Perjanjian PKWT tidak boleh diperbaharui, hanya dapat dibuat dan diperpanjang
  • PKWT tidak dapat mensyaratkan adanya masa percobaan kerja.
  • Pemberian uang kompensasi pada saat berakhirnya PKWT. Besarnya kompensasi PKWT = Masa kerja / 12 x 1 bulan upah

Ada beberapa aspek kunci yang perlu diingat ketika bekerja dengan pekerja kontrak:

  • Tidak diperbolehkan memasukkan masa probation yang memungkinkan perusahaan dengan mudah mengakhiri kontrak di bulan-bulan pertama masa kerja
  • Pekerja Indonesia berhak atas kompensasi jika kontrak diputus atau diperpanjang.
  • Besarnya kompensasi adalah satu bulan gaji. Jika masa kerja berlangsung kurang dari 12 bulan, maka kompensasi diberikan secara prorata (misalnya 50% selama enam bulan).
  • Karyawan asing tidak berhak atas kompensasi.

 

Keuntungan dan Risiko Kontrak PKWT

Kontrak PKWT menguntungkan perusahaan untuk untuk membangun tenaga kerja yang lebih fleksibel dengan anggaran terbatas, tetapi mereka juga memiliki risiko serius. 

Risiko-risiko ini dapat merugikan perusahaan, namun, perusahaan yang mempersiapkan diri secara matang seharusnya tidak perlu khawatir.

 

Risiko

Pemutusan hubungan kerja jangka waktu tertentu

Seorang karyawan kontrak yang diberhentikan sebelum berakhirnya kontrak mungkin berhak atas kompensasi yang akan mereka terima jika mereka telah bekerja sampai tanggal akhir kontrak. 

Perusahaan dapat menghindari jebakan ini dengan memasukkan “klausul pemutusan hubungan kerja dini.” Ini akan memberikan pedoman untuk mengakhiri hubungan lebih awal “tanpa alasan” dan menyatakan dengan jelas jumlah pesangon yang akan dibayarkan majikan sebagai pengganti gaji penuh masa jabatan.

 

Pemecatan yang tidak adil 

Menurut undang-undang ketenagakerjaan, adanya kontrak dapat membuat perusahaan yang melanggar persyaratan harus bertanggung jawab dengan jumlah yang lebih besar daripada tanpa kontrak. 

Namun, penting untuk diingat bahwa kebalikannya juga bisa benar: kontrak yang ditulis dengan cermat akan melindungi kepentingan pemberi kerja dan juga karyawan mereka.

 

Kontrak tersirat

Perusahaan harus jeli agar kata-kata yang tertulis dalam kontrak sesuai dengan tindakan yang akan diambil. 

Kontrak tersirat adalah kontrak yang tidak tertulis atau diucapkan, tetapi dapat diekstrapolasi dari perilaku perusahaan. Misalnya, jika seorang karyawan bekerja di luar masa kontrak tanpa memiliki kontrak baru, baik sengaja atau tidak, hubungan kerja dapat dianggap tidak terbatas. 

 

Keuntungan

Jika perusahaan dapat mengelola situasi yang sulit ini, kontrak jangka tetap dapat menawarkan banyak manfaat bagi bisnis:

  • Kesempatan untuk mendapatkan manfaat dari pengetahuan dan keterampilan seorang spesialis untuk jangka waktu tertentu
  • Peningkatan fleksibilitas bagi pemberi kerja dan karyawan
  • HR forecast dan anggaran yang efektif sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja

 

? Download GRATIS 4 Template Surat Perjanjian Kerja PKWT Disini!

 

Memperbarui atau Mengakhiri Perjanjian Kerja PKWT

Mengakhiri kontrak 

Kontrak jangka waktu tetap biasanya akan berakhir secara otomatis ketika mereka mencapai tanggal akhir yang disepakati. Perusahaan tidak perlu memberikan pemberitahuan apa pun.

 

Jika kontrak tidak diperpanjang

Dapat dianggap sebagai pemecatan, dan jika karyawan memiliki masa kerja 2 tahun, perusahaan perlu menunjukkan bahwa ada alasan ‘adil’ untuk tidak memperbarui kontrak (misalnya, jika mereka berencana untuk berhenti melakukan pekerjaan, kontrak itu untuk…).

 

Pekerja memiliki hak:

  • Tidak diberhentikan secara tidak adil setelah 2 tahun masa kerja 
  • Mendapat pernyataan tertulis alasan tidak memperbarui kontrak – setelah 1 tahun masa kerja

 

Jika perusahaan ingin mengakhiri kontrak lebih awal

Apa yang terjadi tergantung pada isi kontrak yang dibuat dan disepakati. Jika dikatakan:

  • Tidak ada point yang menjelaskan berakhirnya kontrak lebih lebih awal, perusahaan mungkin melanggar kontrak
  • Dapat diakhiri lebih awal, dan perusahaan telah memberikan pemberitahuan yang tepat, kontrak dapat diakhiri

 

Minimum notice period

Karyawan kontrak memiliki hak untuk jangka waktu pemberitahuan minimal:

  • 1 minggu jika mereka telah bekerja terus menerus selama minimal 1 bulan
  • 1 minggu untuk setiap tahun mereka bekerja, jika mereka telah bekerja terus menerus selama 2 tahun atau lebih

Ini merupakan periode minimum. Kontrak yang disepakati dapat menentukan periode notice yang lebih lama.

 

Batas perpanjangan kontrak jangka waktu tetap

Setiap karyawan dengan kontrak jangka tetap selama 3 tahun atau lebih secara otomatis akan menjadi karyawan tetap, kecuali jika perusahaan dapat menunjukkan bahwa ada alasan solid untuk tidak memperpanjang.

→ Cara membuat perjanjian part time yang tidak cacat hukum & 4 template surat khusus pekerja paruh waktu

Isi Surat Perjanjian Kerja PKWT

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan ketika membuat kontrak PKWT. 

Semua kontrak kerja, terlepas dari apakah kontrak itu berjangka tetap, harus mencakup hal-hal berikut:

  • Jabatan dan deskripsi pekerjaan
  • Kompensasi dan bonus
  • Tunjangan, cuti sakit, dan syarat liburan
  • Setiap perjanjian perundingan bersama yang berlaku
  • Kriteria tinjauan kinerja
  • Benefit penghentian dan notice period

 

Selain informasi ini, kontrak berjangka tetap juga harus mencakup:

  • Tanggal kontrak berakhir. Ini bisa berupa tanggal tetap, akhir proyek, atau akhir musim.
  • Klausul terminasi dini. Seperti yang disebutkan di atas, klausul pemutusan kontrak jangka waktu tetap akan membantu perusahaan untuk menghindari membayar gaji karyawan untuk jangka waktu tertentu bahkan setelah karyawan tersebut diberhentikan. Perusahaan harus menyertakan notice period serta uang pesangon.
  • Tata cara perpanjangan kontrak. Perusahaan harus memasukkan informasi tentang apakah dan bagaimana kontrak tetap dapat diperbarui. Apakah itu otomatis? Apakah itu memerlukan persetujuan dari satu pihak atau keduanya? Ini akan memperjelas pengaturan pekerjaan dan membuka jalan untuk negosiasi di masa depan.

Template surat perjanjian kerja PKWT

Butuh membuat perjanjian PKWT? Dapatkan template surat perjanjian kerja PKWT secara GRATIS

Kesimpulan

Kontrak kerja yang dirancang dengan baik menetapkan aturan dasar yang penting antara pemberi kerja dan karyawan. Selain itu, ini mengurangi risiko bagi kedua belah pihak dan menyelesaikan perselisihan di tempat kerja dengan cara yang paling efektif.

Untuk menyusun kontrak kerja, Anda harus memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang undang-undang ketenagakerjaan, praktik umum di lingkungan kerja di Indonesia serta kemampuan bahasa Indonesia.

Tim Abhitech memastikan surat kontrak kerja karyawan anda sesuai dengan regulasi ketenagakerjaan terbaru di Indonesia. Bahkan melalui bantuan Abi People, Anda bisa menyusun kontrak kerja yang terperinci secara otomatis.

Dapatkan bantuan menyusun kontrak kerja yang rinci dan secara otomatis secara GRATIS

 

 

Apabila Anda ingin mempunyai proses HR yang lebih efektif, tidak memakan waktu, dan membuat Anda fokus pada hal yang lebih efisien, Anda dapat menghubungi Abhitech.

Was this article helpful?
5 of 5