...
6 min read

Mengenal Istilah Turnover Karyawan, Penyebab dan Cara Hitungnya

People Management

menghitung employee turnover rate ketika ada karyawan yang resign

Jika dulu karyawan bekerja di satu perusahaan untuk sebagian besar perjalanan karier mereka, kini pindah kerja menjadi hal yang lebih umum bagi pekerja saat ini.

Namun, jika beberapa karyawan baru saja resign dari perusahaan, Anda mungkin bertanya-tanya apakah itu normal atau, jika tidak, apakah ada masalah yang perlu identifikasi dan atasi. 

Untuk mendapatkan gambaran yang jelas, pertama-tama Anda perlu menentukan turnover rate karyawan dan membandingkan angka tersebut dengan bisnis serupa.

Setelah memiliki data baru kemudian dapat disimpulkan apakah turnover rate karyawan Anda masih normal atau termasuk bermasalah.

Jika bermasalah, maka langkah berikutnya yang dapat diambil adalah mencari tahu alasan karyawan keluar dan apa yang dapat dilakukan agar karyawan betah di perusahaan.

 

Apa itu Employee Turnover Rate?

Employee turnover rate mengacu pada jumlah total pekerja yang meninggalkan perusahaan selama periode waktu tertentu. Ini termasuk karyawan yang keluar secara sukarela serta karyawan yang diberhentikan — yaitu, pergantian paksa.

Turnover berbeda dengan employee attrition. Saat menghitung attrition, pengurangan karyawan dan penghentian tidak dihitung.

Employee turnover rate adalah hilangnya sejumlah karyawan secara sukarela atau tidak sukarela yang meninggalkan posisi terbuka yang perlu diisi.

Ada dua jenis employee turnover:

Voluntary: Terjadi ketika karyawan secara sukarela meninggalkan perusahaan, biasanya karena karyawan akan bekerja di perusahaan lain.

Involuntary: Terjadi ketika bukan keputusan karyawan untuk meninggalkan perusahaan. Dengan kata lain, pergantian paksa terjadi ketika karyawan diberhentikan karena kinerja pekerjaan yang buruk, ketidakhadiran atau pelanggaran kebijakan tempat kerja.

 

Apa Penyebab Employee Turnover?

Ada banyak alasan mengapa karyawan meninggalkan perusahaan, beberapa penyebab turnover yang paling umum adalah sebagai berikut:

  • Kurangnya kesempatan untuk pertumbuhan atau pengembangan karir
  • Kemajuan karir 
  • Promosi atau transfer internal
  • Merasa terlalu banyak bekerja/kelelahan
  • Perasaan negatif terhadap bos atau manajemen
  • Lingkungan kerja yang toxic
  • Acara keluarga atau kehidupan
  • Penawaran kompetitif
  • Kurangnya keseimbangan kehidupan kerja

 

Memahami penyebab pergantian karyawan dapat membantu bisnis membuat perubahan yang diperlukan untuk mempertahankan tenaga kerja pada tingkat yang diinginkan. 

Karena banyaknya variabel yang mempengaruhi turnover, tolok ukur untuk pergantian yang dapat diterima atau ideal menjadi bervariasi.

Penting bagi perusahaan untuk mempertimbangkan faktor individu dan yang terkait dengan industri saat mereka menentukan tingkat pergantian target mereka, mempelajari alasan di balik pergantian sukarela dan tidak sukarela mereka, dan membuat perubahan untuk memengaruhi tingkat pergantian karyawan untuk tenaga kerja mereka sendiri.

 

Pentingnya Employee Turnover Rate bagi Perusahaan

Employee turnover rate adalah salah satu metrik HR yang paling penting dan umum digunakan.

Employee turnover biasanya dibicarakan dalam konteks negatif. Ini karena tingginya biaya yang terkait dengan tingkat turnover yang tinggi.

Tingkat turnover karyawan yang tinggi adalah costly problem.

Ketika karyawan pergi, perusahaan harus menggantinya dengan karyawan baru. Mengganti karyawan membutuhkan banyak biaya. Menurut penelitian The Society for Human Resource Management (SHRM), biaya penggantian langsung dapat mencapai 50% -60% dari gaji tahunan karyawan, dengan total biaya yang terkait dengan pergantian mulai dari 90% hingga 200% dari gaji tahunan.

 

Mengapa Employee Turnover Mahal?

Alasan mengganti karyawan menghabiskan banyak biaya akan terlihat lebih jelas ketika mempertimbangkan semua biaya yang terkait dengan penggantian karyawan. 

Pertama, perusahaan perlu mencari dan merekrut karyawan baru. Kemudian perusahaan harus merekrut karyawan baru dan melatih mereka.

Perusahaan juga harus menghitung waktu ramp up. Karyawan yang tidak berpengalaman cenderung kurang produktif. Belum lagi waktu yang terbuang untuk mencari, merekrut, dan melatih karyawan baru hingga mereka benar-benar produktif.

 

Berapa Employee Turnover Rate yang Sehat?

Karena tingginya biaya penggantian karyawan, turnover karyawan biasanya berkonotasi negatif. Namun, turnover karyawan tidak serta merta menjadi hal yang negatif.

Jika turnover rate tinggi adalah konsekuensi dari karyawan dengan performa buruk meninggalkan perusahaan, itu sebenarnya bisa menjadi hal yang baik. Di sisi lain, jika top performer pergi, hal ini dapat merugikan perusahaan. 

Inilah sebabnya mengapa sulit untuk mengatakan apa itu employee turnover rate yang sehat – itu tergantung pada perusahaan dan situasi spesifiknya. Dengan demikian, pergantian karyawan harus selalu dievaluasi secara kontekstual.

 

Rata-Rata Employee Turnover Rate

Hal lain yang membuat sulit untuk menentukan tingkat turnover yang sehat adalah fakta bahwa tingkat turnover karyawan sangat bervariasi dari satu industri ke industri lainnya. 

Menurut Biro Statistik A.S., tingkat turnover rata-rata di A.S. adalah sekitar 12% hingga 15% setiap tahun.

Menurut LinkedIn, rata-rata tingkat pergantian karyawan tahunan di seluruh dunia adalah 10,9%.

Namun, beberapa industri, seperti ritel dan perhotelan, memiliki tingkat turnover di atas rata-rata. Hal ini terutama karena mereka biasanya mengandalkan mahasiswa dan pekerja part time yang akhirnya pindah ke pekerjaan lain.

 

Cara Hitung Employee Turnover Rate

Untuk menghitung tingkat turnover karyawan bulanan, yang Anda butuhkan hanyalah tiga angka:

  1. Jumlah karyawan aktif di awal bulan (B) 
  2. Jumlah karyawan aktif di akhir bulan (E) 
  3. Jumlah karyawan yang keluar (L) selama bulan tersebut. 

Anda bisa mendapatkan rata-rata jumlah karyawan (Rata-rata) dengan menambahkan tenaga kerja awal dan akhir dan membaginya dengan dua (Rata-rata = [B+E]/2).

Sekarang, Anda harus membagi jumlah karyawan yang ditinggalkan dengan jumlah rata-rata karyawan Anda. Kalikan dengan 100 untuk mendapatkan persentase omset akhir Anda ([L/Rata-rata] x 100).

 

Turnover Rate =    jumlah karyawan keluarx 100

rata-rata jumlah karyawan

 

Namun, sebagian besar perusahaan menganggap perhitungan tingkat perputaran triwulanan atau tahunan lebih berguna, karena biasanya dibutuhkan waktu lebih lama agar jumlah mereka cukup besar untuk menunjukkan pola yang berarti.

 

Analisis Turnover Rate

Untuk lebih memahami pergantian karyawan Anda, yang harus Anda lakukan adalah menjawab tiga pertanyaan:

“Siapa karyawan yang resign?”

“Kapan mereka resign?”

“Kenapa mereka resign?”

 

Siapa

Bahkan jika tingkat turnover Anda lebih rendah dari rata-rata industri Anda, tidak ada alasan untuk merayakannya kecuali Anda dapat mengidentifikasi siapa yang meninggalkan Anda. 

Jika top talent Anda pergi, maka Anda harus segera mengambil tindakan, jika tidak, kinerja perusahaan Anda akan menurun. Di sisi lain, jika karyawan Anda yang berkinerja rendah pergi, Anda dapat memperoleh keuntungan dengan menikmati keterlibatan, produktivitas, dan keuntungan karyawan yang lebih baik.

 

Kapan

Melacak kapan orang pergi bisa sangat berguna. Misalnya, tingkat pergantian karyawan baru Anda dapat menawarkan banyak wawasan. 

Pertama, ini dapat memberi tahu Anda apakah metode rekrutmen Anda berhasil. Jika sejumlah besar karyawan baru Anda pergi karena mereka menemukan tugas pekerjaan mereka berbeda, atau lebih rumit dari, apa yang mereka harapkan, mungkin Anda harus mempertimbangkan untuk meninjau deskripsi pekerjaan 

Anda. Menginvestasikan lebih banyak waktu dan uang untuk mengembangkan proses orientasi Anda juga dapat membantu, jika karyawan pergi karena ketidakcocokan budaya. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menawarkan program keterlibatan karyawan lainnya seperti cuti orang tua atau jam kerja yang fleksibel, jika karyawan Anda berjuang dengan keseimbangan kehidupan kerja.

 

Kenapa

Ketika Anda tahu mengapa karyawan Anda pergi, Anda dapat mengubah gaya atau kebijakan manajemen perusahaan Anda sebagai tanggapan. 

Exit interview adalah cara yang berguna untuk melihat apakah orang-orang memberikan alasan yang sama untuk keluar, atau apakah mereka menawarkan saran yang berguna tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan diri. 

Misalnya, karyawan sering mengatakan bahwa mereka memutuskan untuk mengundurkan diri karena masukan dan upaya mereka tidak dihargai. Jika Anda mendengar komentar semacam ini dalam wawancara keluar Anda atau dalam tinjauan kinerja, HR harus bekerja dengan manajer untuk mempertimbangkan perubahan proses penilaian kinerja.

Tingkat pergantian karyawan dapat mengungkap masalah tersembunyi dalam organisasi. Tingkat turnover yang tinggi adalah tanda peringatan yang tidak boleh Anda abaikan. Tinjau proses rekrutmen Anda, ubah rencana kompensasi dan tunjangan Anda atau sertakan kebijakan perencanaan suksesi. Pada akhirnya, jika Anda menanggapi masalah pergantian secara proaktif, Anda akan meningkatkan perusahaan Anda dan mempertahankan karyawan yang hebat.

 

Tips Menurunkan Turnover Rate

Komunikasi terbuka

Feedback yang konstruktif dan pengakuan untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik mengurangi turnover.

Komunikasi yang baik antara karyawan dan employeer membuat perbedaan besar dalam kepuasan kerja secara keseluruhan. Karyawan menginginkan pengakuan karena melakukan pekerjaan dengan baik. Insentif juga dapat bertindak sebagai bantuan untuk mengurangi tingkat turnover karyawan. Employee of The Month, penghargaan penjualan, dan cek bonus hanyalah beberapa contoh pemberian insentif untuk pekerjaan di organisasi Anda.

 

Pelatihan dan pengembangan karir

Cari peluang pelatihan untuk karyawan Anda. Meskipun orientasi mungkin sudah melibatkan beberapa pelatihan, secara konsisten tawarkan program yang memperluas pengetahuan dan keahlian mereka. Pelatihan teknologi sangat penting dalam iklim saat ini, karena keterampilan keras adalah yang paling diinginkan dalam resume.

 

Jadwal fleksibel

Jadwal yang fleksibel cenderung membantu pengusaha mengurangi pergantian karyawan mereka. Banyak pengusaha menemukan bahwa membayar untuk pekerjaan yang dihasilkan alih-alih jam kerja meningkatkan kepuasan karyawan secara keseluruhan. Cara lain untuk menawarkan jadwal yang fleksibel adalah dengan mempertimbangkan untuk mengizinkan karyawan bekerja dari jarak jauh jika tugas pekerjaan memungkinkan.

 

Kesimpulan

Mengurangi employee turnover adalah proses yang tidak ada habisnya, sangat sedikit yang dapat dilakukan untuk menghilangkannya. Namun, strategi yang telah terbukti di atas untuk mengurangi employee turnover akan membantu Anda menjadikan tempat kerja Anda lingkungan yang positif di mana karyawan ingin bekerja.

Karyawan mulai mencari di tempat lain hanya ketika mereka tidak cukup dihargai, atau ketika mereka tidak memiliki ruang untuk berkembang. Pahami kebutuhan karyawan Anda, fokuslah pada mereka, libatkan mereka, dan dapatkan hasilnya.

Sebagai partner terkemuka di market Payroll, Outsourcing, Recruitment kami dapat membantu Anda mengurangi employee turnover dan mendorong hasil yang lebih produktif. Kami senang memandu Anda melalui setiap langkah untuk membuat rencana employee retention yang kuat untuk perusahaan Anda.

Kami menyediakan layanan yang membantu Anda terbebas dari pekerjaan administrasi HR. Sehingga, HR internal perusahaan Anda dapat fokus membuat program guna meningkatkan employee retention. Pelajari layanan Abhitech selengkapnya disini!

Apabila Anda ingin mempunyai proses HR yang lebih efektif, tidak memakan waktu, dan membuat Anda fokus pada hal yang lebih efisien, Anda dapat menghubungi Abhitech.

Was this article helpful?
5 of 5