...
6 min read

5 Tahap Menemukan Head Hunter Terbaik di Indonesia

Recruitment
5 Tahap Memilih Head Hunter terbaik di Indonesia
Image by Freepik

Menurut laporan Society of Human Resource Management (SHRM), 49% HR dan recruiter profesional yang disurvei menyebutkan “kompetisi dengan perusahaan lain” sebagai salah satu alasan utama kesulitan merekrut talent baru. 

Hal ini seakan menunjukkan adanya talent shortage secara global — yang akan mengakibatkan defisit global hingga USD8,5 triliun pada tahun 2030, seperti yang dilaporkan oleh Forbes.

Kompetisi menjadi semakin ketat dibanding sebelumnya dalam hal menarik talent baru untuk perusahaan Anda. 

Sangat penting bagi perusahaan untuk menganalisis semua aspek dari proses rekrutmen yang ada saat ini agar tetap kompetitif, sehingga dapat merekrut kandidat berkualitas untuk tim Anda.

Karenanya, banyak perusahaan menggunakan bantuan headhunter untuk membuat seluruh proses recruitment menjadi lebih mudah bagi bisnis.

Menggunakan bantuan head hunter adalah cara yang sangat baik untuk membangun hubungan dan koneksi. 

Bagi para pencari kerja, headhunter dapat membimbing Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Bagi pemilik bisnis, head hunter dapat membantu Anda memilih karyawan berikutnya dari sejumlah kandidat. 

Lalu, bagaimana cara memilih head hunter terbaik di Indonesia? Simak selengkapnya pada artikel di bawah ini!

 

Cara Kerja Head Hunter di Indonesia

Head hunter di Indonesia bertugas untuk menghubungkan pencari kerja dengan pemberi kerja. 

Umumnya, head hunter menawarkan berbagai layanan, termasuk pembuatan resume, bantuan pencarian kerja, dan persiapan wawancara. 

Head hunter ini bekerja dengan beragam industri dan membantu pencari kerja lokal maupun asing menemukan peluang pekerjaan. 

Ketika kandidat dan pemberi kerja saling cocok dan proses recruitment berhasil, biasanya head hunter akan menerima fee dari pemberi kerja. 

Beberapa head hunter memiliki spesialisasi pada industri atau posisi pekerjaan tertentu, sementara yang lain menawarkan layanan yang lebih umum. 

Head hunter juga menggunakan berbagai metode rekrutmen, termasuk portal pekerjaan online, networking, dan iklan lowongan kerja, untuk mencari kandidat yang sesuai bagi klien mereka.

 

Baca juga: Cara Terbaik Memilih Partner Headhunting Jakarta

 

Pentingnya Jasa Head Hunter Terbaik di Indonesia

Pentingnya peran head hunter dalam proses recruitment perusahaan
Image by Unsplash

Fenomena “kutu loncat” membuat sulit untuk mencari kandidat yang dapat dipercaya. Bukan rahasia bahwa menemukan kandidat yang cocok memakan banyak waktu dan upaya.

Bayangkan menghabiskan berhari-hari menjauh dari tugas lain yang mendesak hanya untuk menyortir CV dan resume guna untuk menemukan kandidat yang sesuai. 

Kemudian ada tahap wawancara awal untuk mengeliminasi kandidat yang tidak cocok, sebelum melanjutkan ke tahap wawancara yang sesungguhnya. 

Semua proses tersebut untuk menemukan beberapa kandidat yang sesuai dengan persyaratan pekerjaan.

Selain hemat waktu dan efisiensi, manfaat lain yang dapat dirasakan dengan menggunakan jasa head hunter meliputi:

  • Merekrut talent yang lebih baik
  • Menghemat kapasitas/load karyawan saat ini
  • Menemukan calon karyawan dengan segera
  • Keamanan
  • Mempertahankan karyawan saat ini
  • Akses ke resource recruitment yang lebih baik dengan harga yang lebih rendah

Perusahaan juga seharusnya mempertimbangkan untuk menggunakan jasa head hunter jika upaya internal recruitment tidak memadai.

 

5 Tahap Menemukan Head Hunter Terbaik di Indonesia

Ingin mengatasi masalah recruitment dengan bantuan head hunter? 

Berikut daftar hal yang perlu Anda ketahui tentang menemukan head hunter yang tepat untuk perusahaan Anda!

 

Memahami Kebutuhan Recruitment

Sebelum mencari head hunter yang tepat, penting untuk memahami calon pekerja yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda. Pertanyaan-pertanyaan yang perlu dijawab pada tahap ini mencakup:

  • Apakah ini posisi entry level?
  • Apa keterampilan yang harus dimiliki calon ideal?
  • Pengalaman apa yang seharusnya dimiliki calon ideal?
  • Recruiter yang ideal untuk membantu mencari role ini (misalnya, apakah memerlukan seorang tech recruiter?)

Head hunter umumnya memiliki spesialisasi recruitment industri/posisi tertentu. 

Misalnya, merekrut untuk posisi yang membutuhkan keterampilan khusus (misalnya, cyber security, tech, fintech) akan memerlukan head hunter dengan pemahaman teknis dan knowledge tersendiri. 

Dengan memahami kebutuhan recruitment, Anda bisa dengan cepat shortlist pilihan yang ada.

 

Baca juga: Top 10 Headhunter Unggulan Indonesia 2023

 

Mencari Head Hunter dengan Keahlian Berbeda

Setelah Anda mengidentifikasi karakteristik, skill, dan expertise yang diperlukan oleh kandidat ideal Anda, saatnya mencari berbagai head hunter yang akan melayani kebutuhan Anda. 

Hal yang seringkali tidak diketahui oleh banyak perusahaan adalah bahwa sebagian besar perekrut adalah pattern matchers. Tidak semua recruitmer memiliki wawasan dan keahlian yang diperlukan untuk melakukan recruitment.

Mereka sering kali mencocokkan kandidat dengan pekerjaan berdasarkan kata kunci. Ini merupakan hal yang merugikan karena mereka mungkin melewatkan kandidat yang lebih berpengetahuan untuk kandidat lain yang terlihat baik di atas kertas.

Berikut adalah beberapa cara untuk membantu Anda menemukan head hunter khusus:

Channel untuk melakukan head hunting atau menemukan head hunter terbaik
Image by Unsplash

Linkedin: Linkedin adalah cara yang baik untuk menemukan kandidat dan head hunter.

Google: Tentu saja, pencarian sederhana di Google dengan kata kunci “head hunter  IT” mungkin sudah cukup. Namun, Anda juga bisa mencari artikel dan konten yang ditulis oleh head hunter yang berfokus pada bidang tertentu. Ini adalah cara yang baik untuk menilai keahlian perusahaan.

Rekomendasi: Manfaatkan network profesional Anda dan mintalah rekomendasi dari orang-orang yang Anda kenal. Dengan cara ini, Anda juga bisa meminta pendapat dan ulasan mengenai berbagai agen yang tersedia untuk membantu Anda membuat keputusan.

Cek Review: Ulasan di Google dan Glassdoor adalah beberapa situs web yang memberikan gambaran tentang sistem kerja agen head hunter. Anda juga dapat mencari testimonial dari klien lain.

 

Cari Head  yang Kreatif

Mencari talent yang tepat bukanlah tugas yang mudah. Diperlukan seorang recruiter yang taktis dan kreatif untuk memotong segala hambatan yang ada di job board dan menarik perhatian calon karyawan. 

Cara terbaik untuk menilai seberapa kreatif upaya perekrutan suatu head hunter adalah dengan mereview iklan lowongan pekerjaan mereka di job board. 

Selain itu, cari agen yang membuat konten online, seperti video YouTube, podcast, dan artikel yang ditujukan kepada para kandidat.

Konten online adalah salah satu cara bagi perusahaan untuk menarik perhatian calon karyawan tanpa menggunakan job board. 

Ingat, recruiter yang baik memanfaatkan skill marketing mereka untuk menemukan talent melalui berbagai channel.

 

Berkomunikasi dengan Head Hunter

Menemukan talent yang diatas rata-rata memerlukan recruiter yang terampil. 

Saat berinteraksi dengan head hunter, penting untuk menilai kemampuan para recruiternya. Idealnya, Anda harus mencari head hunter yang memiliki:

  1. Head hunter yang empatik: Peran head hunter melibatkan penanganan emosi orang. Bagaimana seorang head hunter memperlakukan pencari kerja mencerminkan organisasi tersebut.
  2. Toleransi risiko: Untuk mengidentifikasi dan merekrut talent yang luar biasa, seringkali Anda perlu mengambil risiko yang terukur. Head hunter yang bersedia mengambil risiko tersebut dapat melihat peluang yang mungkin terlewatkan oleh yang lain.

Terlibat dalam percakapan dengan para head hunter akan memberikan insight tentang budaya organisasi head hunter tersebut. Penting untuk diingat bahwa head hunter yang paling efektif adalah yang sejalan dengan nilai dan tujuan perusahaan Anda.

 

Baca juga: Biaya Jasa Head hunter di Indonesia Tahun 2023

 

Membandingkan Harga

Dari perspektif sebuah perusahaan, solusi yang paling hemat biaya seringkali menjadi pilihan utama. 

Bahkan head hunter dapat menjadi tidak praktis jika biaya layanannya berada di luar anggaran Anda. Harga berperan penting dalam mempersempit pilihan Anda.

Karena agen rekrutmen jarang membagikan harga layanan secara online, pendekatan terbaik adalah memulai pertanyaan atau membuat appointment. 

Selain itu, beberapa head hunter menawarkan berbagai layanan (misalnya, payroll process, people management). Selama proses bertanya, pastikan untuk menanyakan tentang rentang layanan yang tersedia dan syarat-syarat yang terkait.

 

Perusahaan Head Hunter Terbaik di Indonesia

Jadi, perusahaan headhunter mana yang terbaik di Jakarta? Ada beberapa perusahaan yang dapat Anda akses disini.

Dengan jaringan luas, pemahaman mendalam tentang pasar tenaga kerja Jakarta, dan proses seleksi yang ketat, mereka dapat membantu Anda menemukan dan merekrut kandidat yang tepat dengan efisien dan efektif.

Dalam memilih head hunter Indonesia, lakukan riset, pertimbangkan spesialisasi dan proses seleksi, evaluasi layanan dan biaya, serta jangan lupakan faktor kesesuaian budaya.

Dengan memilih head hunter yang tepat, Anda dapat meningkatkan peluang sukses dalam merekrut dan membangun tim yang kuat untuk menghadapi tantangan bisnis di Jakarta.

Bagi para profesional HR dan pemilik bisnis di Indonesia, bekerja sama dengan headhunter yang andal dan terpercaya seperti Abhitech akan membantu menghemat waktu dan sumber daya dalam proses rekrutmen.

Dengan bantuan Abhitech, Anda dapat memastikan – Karyawan yang Anda cari masuk bulan depan. 

Begini cara mewujudkannya:

  1. Tim konsultan rekrutmen kami akan riset mendalam mengenai posisi yang Anda cari, termasuk kpi, candidate personality, user personality, dan culture.
  2. Tim kami memakai 100,000 database kandidat, network passive candidates, social media, communities, groups dan 4 cara diatas untuk sourcing kandidat yang Anda cari.
  3. Administrasi seperti jadwal interview, psikotest, negosiasi gaji, onboarding dan lainnya pun akan kami bantu koordinasi dan fasilitasi.

Klik disini untuk diskusi dengan tim rekrutmen expert kami mengenai detail teknik rekrutmen diatas tanpa kewajiban untuk memakai service rekrutmen kami.

Apabila Anda ingin dicarikan karyawan oleh tim rekrutmen expert kami, beritahu apa posisi nya. Agar segera kami siapkan 3 profile kandidat yang sesuai. Klik disini.

Sumber:

Apabila Anda ingin mempunyai proses HR yang lebih efektif, tidak memakan waktu, dan membuat Anda fokus pada hal yang lebih efisien, Anda dapat menghubungi Abhitech.

Was this article helpful?
Rate this post