...
4 min read

Biaya Jasa Head hunter di Indonesia Tahun 2023

Recruitment

Head hunter di Indonesia atau dikenal juga dengan executive search, didefinisikan sebagai suatu organisasi, perusahaan, atau individu yang melakukan proses rekrutmen pekerjaan yang komprehensif untuk kliennya

biaya jasa head hunter di indonesia
Sumber: Freepik

Di Indonesia, layanan head hunter banyak digunakan oleh perusahaan untuk merekrut karyawan baru. 

Akibat pandemi Covid-19, proses rekrutmen cenderung kurang dilakukan secara langsung di ruang kantor. Sebagai hasilnya, sebagian besar rekrutmen oleh layanan headhunter di Indonesia dapat dilakukan secara efektif secara online.

Mencari kandidat berkualitas tinggi dan khusus di Indonesia seringkali melewati proses yang kompleks. 

Spesifikasi yang tepat dan pengukuran gaji harus diperoleh untuk memastikan Anda merekrut kandidat terbaik bagi organisasi Anda. Untungnya, jasa head hunter akan melakukan pendekatan yang lebih sederhana untuk menemukan karyawan eksekutif yang tepat untuk perusahaan Anda.

 

Apa Itu Head Hunter?

Headhunter adalah perusahaan atau individu yang memberikan layanan rekrutmen tenaga kerja atas nama employer. Headhunter dipekerjakan oleh perusahaan untuk menemukan talent dan mencari individu yang memenuhi persyaratan pekerjaan tertentu.

Headhunter juga dapat disebut sebagai executive recruitment dan fungsi yang mereka lakukan sering disebut sebagai executive search. 

Headhunter dapat memiliki kumpulan calon untuk posisi tertentu atau dapat bertindak secara agresif untuk mencari bakat dengan melihat karyawan kompetitor. Perusahaan cenderung mempekerjakan headhunter ketika ada rasa mendesak dan mereka tidak dapat menemukan orang yang tepat untuk mengisi peran tersebut sendiri.

 

Baca juga: Cara Terbaik Memilih Partner Headhunting Jakarta

 

Memahami Peran Head Hunter di Indonesia

Mencari dan merekrut calon karyawan sering dilakukan oleh manajer recruitment, HR, atau spesialis recruitment internal. 

Tetapi dalam beberapa kasus, perusahaan memiliki opsi untuk hire agen penyalur tenaga kerja atau perusahaan executive search. Mereka adalah pihak ketiga yang bekerja atas nama perusahaan perekrutan secara umum disebut sebagai Headhunter.

Headhunter dipekerjakan untuk mengisi pekerjaan yang membutuhkan keterampilan khusus atau tingkat tinggi atau menawarkan gaji tinggi. Headhunter yang bekerja atas nama suatu perusahaan sering kali mencari top talent di organisasi internasional. 

Selain itu, beberapa individu mungkin menghubungi Headhunter untuk menyediakan riwayat hidup atau curriculum vitae (CV) atau untuk melamar posisi yang sedang dicari oleh pencari bakat. Headhunter didukung oleh teknologi internet dalam berbagai tingkatan, termasuk media sosial.

 

Biaya Jasa Head Hunter di Indonesia

Sumber: Freepik

Headhunter biasanya dibayar ketika berhasil menempatkan seorang kandidat dalam pekerjaan. Recruiter independen dari pihak ketiga sering dibayar berdasarkan hasil, artinya mereka tidak akan dibayar kecuali kandidat mereka dipekerjakan. 

Berapa harga jasa head hunter?

Umumnya biaya jasa headhunter adalah 20% hingga 30% dari gaji tahun pertama karyawan yang baru direkrut.

Karena headhunter bekerja untuk employer (atau klien perusahaan), maka mereka memiliki insentif atau dibayar untuk mencapai target employer nya yaitu menemukan employee yang tepat dengan cepat.

Tidak ada lisensi yang diperlukan untuk menjadi Headhunter atau recruiter, sehingga siapa pun dapat menjadi recruiter. Sehingga, Anda perlu memastikan kualitas dari headhunter yang akan Anda pekerjakan.

 

Baca juga: Top 10 Headhunter Unggulan Indonesia 2023

 

Ciri-Ciri Head Hunter Tepercaya

  • Mengantongi prestasi yang cemerlang dan banyak direkomendasikan oleh berbagai perusahaan.
  • Memiliki daftar klien yang beragam dan mampu menyediakan solusi dalam merekrut tenaga kerja di berbagai sektor pasar.
  • Memiliki pemahaman mendalam tentang berbagai model bisnis yang beroperasi di berbagai industri yang pernah ditangani.
  • Memiliki jaringan yang luas atau memiliki database kandidat yang telah bergabung.
  • Mempunyai situs web resmi serta akun media sosial sebagai saluran komunikasi, selain dari kantor pusat dan cabang.

 

Apa yang Harus Dilihat Seorang Kandidat dari Head hunter?

Kualitas hasil kerja Headhunter dapat bervariasi. Berikut adalah beberapa karakteristik yang perlu dicari dan dihindari:

  • Seorang headhunter yang baik akan menghubungi kandidat dengan mengetahui sebelumnya bahwa kandidat cocok untuk vacant role berdasarkan keterampilan dan pengalaman kandidat.
  • Jika seorang headhunter meminta data gaji masa lalu atau saat ini, ini adalah red flag. Sebaliknya, headhunter seharusnya memberi tahu kandidat kisaran gaji dari peluang pekerjaan yang ditawarkan, lalu bertanya apakah cocok.
head hunting jakarta
Sumber: Freepik
  • Seorang headhunter yang kurang profesional cenderung minim riset terhadap kandidat yang hendak diwawancara dan mungkin mencoba screening background kandidat secara spontan di telepon.
  • Headhunter yang profesional mudah dihubung dan dapat berkomunikasi dengan baik. Sebaiknya hindari headhunter yang berbicara cepat, tidak sopan, sulit dihubungi, atau tidak merespons pesan.
  • Seorang headhunter yang baik akan tetap menjaga hubungan terutama dengan kandidat yang  potensial untuk vacant position di masa yang akan datang.

 

Abhitech – Rekomendasi Head Hunter di Indonesia

Abhitech Recruitment Service memahami tantangan yang semakin meningkat dalam mencari head hunter yang efektif di Indonesia. Dengan pengalaman 30+ tahun, kami memiliki keistimewaan menjadi klien dan profesional search.

Tingkat retention yang baik dimulai dengan recruitment yang tepat. Pilih yang cocok. Employee retention bukan dihitung sejak karyawan mengundurkan diri, tetapi dimulai dalam wawancara.

Abhitech lebih dari sekadar memenuhi permintaan. Kami berusaha untuk menjadi partner bagi klien kami dalam siklus penuh recruitment kandidat. Kami menyelidiki kesesuaian motivasi dan budaya mereka. Dengan cara ini, kami memastikan klien dan kandidat kami saling sejalan secara mutual dan strategis.

Bagi para profesional HR dan pemilik bisnis di Indonesia, bekerja sama dengan headhunter yang andal dan terpercaya seperti Abhitech akan membantu menghemat waktu dan sumber daya dalam proses rekrutmen.

Dengan bantuan Abhitech, Anda dapat memastikan – Karyawan yang Anda cari masuk bulan depan. 

Begini cara mewujudkannya:

  • Tim konsultan rekrutmen kami akan riset mendalam mengenai posisi yang Anda cari, termasuk kpi, candidate personality, user personality, dan culture.
  • Tim kami memakai 100,000 database kandidat, network passive candidates, social media, communities, groups dan 4 cara diatas untuk sourcing kandidat yang Anda cari.
  • Administrasi seperti jadwal interview, psikotest, negosiasi gaji, onboarding dan lainnya pun akan kami bantu koordinasi dan fasilitasi.

Klik disini untuk diskusi dengan tim rekrutmen expert kami mengenai detail teknik rekrutmen diatas tanpa kewajiban untuk memakai service rekrutmen kami.

Apabila Anda ingin dicarikan karyawan oleh tim rekrutmen expert kami, beritahu apa posisi nya. Agar segera kami siapkan 3 profile kandidat yang sesuai. Klik disini.

Apabila Anda ingin mempunyai proses HR yang lebih efektif, tidak memakan waktu, dan membuat Anda fokus pada hal yang lebih efisien, Anda dapat menghubungi Abhitech.

Was this article helpful?
5 of 5