Apa itu LinkedIn?
LinkedIn adalah media sosial baik untuk para profesional atau calon profesional (fresh graduate) berjejaring dan menemukan pekerjaan.
Jika mengutip dari Wikipedia LinkedIn adalah website media sosial yang berorientasi bisnis, dan paling sering digunakan untuk membangun jaringan profesional.
Bahkan, LinkedIn sendiri mengklaim kalau mereka adalah jaringan profesional online terbesar di dunia.
Image: LinkedIn Statistics
Dari sana Abhitech mengambil kesimpulan kalau LinkedIn adalah platform online yang menjadi tempat berkumpulnya para profesional di seluruh dunia.
Namun, juga sangat berguna untuk berkenalan dengan para profesional di Indonesia. Mengingat saat ini ada lebih dari 28 Juta pengguna LinkedIn yang berasal dari Indonesia.
Tujuan dan manfaat LinkedIn untuk profesional
Dari pengertian Linkedin sendiri, kita sudah melihat kalau LinkedIn adalah platform terbaik untuk para profesional, maupun pencari kerja.
Kenapa seperti itu?
1. Linkedin Mempermudah membentuk jaringan Antar profesional
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya LinkedIn adalah tempat berkumpulnya para profesional, Anda dapat dengan mudah menemukan orang-orang yang sudah bekerja pada industri tertentu dan berhubungan dengan mereka.
Misalnya Anda adalah fresh graduate yang sedang mencari informasi tentang pekerjaan di bidang Digital Marketing, Anda cukup mencari Digital Marketing dan Filter “People” maka Anda akan menemukan banyak orang yang sudah bekerja dalam bidang tersebut.
Image: Linkedin
2. Peluang Magang, Freelance, maupun Pekerjaan Full-Time
Karena tempat berkumpulnya para pencari kerja, HR juga sering menyebar informasi lowongan pekerjaan di Linkedin. Baik untuk para profesional maupun mereka yang Fresh graduate.
Selain mencari Profesi yang Anda minati, Anda juga dapat mencoba terhubung dengan para headhunter, sehingga ketika mereka membuka informasi lowongan pekerjaan yang sesuai, Anda mendapat informasi tersebut lebih cepat.
Image: LinkedIn
Linkedin adalah salah satu tempat untuk menemukan lowongan pekerjaan yang sesuai.
Pelajari lebih lanjut -> Cara menemukan lowongan pekerjaan yang sesuai
3. Personal Branding
LinkedIn memudahkan Anda untuk membangun personal branding yang kuat. Anda dapat menunjukkan kemampuan Anda, pengalaman Anda sebelumnya, hingga insight-insight yang dapat berguna untuk orang lain.
Apakah Fresh Graduate dapat membangun personal branding di LinkedIn, karena belum memiliki banyak pengalaman?
Jawabannya bisa.
Anda dapat membuat postingan tentang pengalaman berharga yang Anda dapat ketika mempelajari hal yang berkaitan dengan profesi yang Anda minati.
Misal: Anda berminat untuk menjadi digital marketer.
Anda tidak perlu menunjukan portofolio yang sangat bagus untuk posting, mulai saya posting HR pun pasti mengetahui kalau Anda masih fresh graduate.
Anda dapat membuat artikel tentang
“Website belajar digital marketing yang cocok dengan Anda”
“Pengalaman Anda beriklan pertama kali di Instagram Ads”
Berikan pengalaman Anda terlebih dahulu. Itu sudah cukup menjelaskan kalau Anda adalah seseorang yang sedang belajar digital marketing.
4. Informasi dan Pembelajaran
Selain Anda, banyak juga para profesional lain yang membagikan pengalaman mereka pada bidangnya masing-masing. Anda dapat mencoba terhubung dengan mereka, sehingga Anda akan mendapatkan insight menarik dari pengalaman mereka selama bekerja.
image: Linkedin Learning
Selain itu LinkedIn juga ada halaman Linkedin learning sebuah platform pembelajaran online. Dan menyediakan kursus video yang diajarkan oleh pakar dari industri.
5. Menemukan informasi tentang perusahaan
Banyak informasi lowongan kerja palsu yang mengatasnamakan perusahaan, sehingga fresh graduate sering bertanya “Apakah lowongan pekerjaan ini asli?”. Apalagi jika Anda mendapatkan informasi tersebut bukan dari situs resmi.
Untuk memastikan Anda dapat membuka Linkedin dan mencari informasi perusahaan tersebut.
Dan ketika informasi lowongan pekerjaan tersebut asli dan resmi. Maka, Anda masih harus melihat profile perusahaan tersebut sebelum interview.
Menurut Career Service Fas Harvard Edu Penting untuk mengetahui posisi perusahaan pada industrinya, apa tujuan besar mereka?, dan tahu apa harapan terkini yang mereka inginkan?
Dengan mengetahui hal tersebut akan menunjukkan bahwa Anda serius terhadap posisi tersebut.
Linkedin juga dapat membantu Anda untuk paham bagaimana budaya kerja, misi, serta value perusahaan. Semua informasi tersebut akan sangat membantu Anda dalam proses interview.
Menurut 4cexecutive yang mengutip salah satu studi Multi-Generational Job Search, mengatakan kalau 43% profesional HR menganggap kecocokan budaya sebagai faktor terpenting dalam proses perekrutan. Bahkan, diatas relevansi kursus yang pernah Anda pelajari (21%) dan pengalaman magang yang hanya sekitar (13%).
Kita dapat mengambil kesimpulan kalau mencari informasi pekerjaan dan perusahaan sebelum interview sangat penting.
Lebih lengkap tentang -> Menemukan informasi pekerjaan sebelum interview
Cara Membuat LinkedIn yang Menarik HR untuk Fresh Graduate
Banyak Fresh Graduate seperti Anda merasa bingung untuk membuat profile LinkedIn yang menarik. Karena merasa belum ada pengalaman dan tidak tahu bagaimana cara memaksimalkan Linkedin.
Untuk Anda yang bingung -> cara mencari pekerjaan di era digital.
Jika Anda ingin mendaftar dan mengoptimasi linkedin agar dilirik ole HR walaupun Anda fresh graduate maka Anda dapat memperhatikan beberapa hal di bawah ini:
Apa yang Harus Diisi di LinkedIn agar Menarik?
Sebagai informasi Abhitech adalah perusahaan yang membantu partner dalam bidang HR. Mulai dari perekrutan, payroll, hingga employer of record (EOR) dan sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun pada bidang HR.
Sehingga, kami terbiasa mencari karyawan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.
Lalu, ketika melihat profile LinkedIn kandidat fresh graduate, apa saja yang kami perhatikan?
Jika Anda fresh graduate baik mahasiswa maupun lulusan SMA sederajat yang ingin mencari pekerjaan di Linkedin dan bertanya cara membuat LinkedIn menarik? Pastikan Anda melengkapi semua hal dibawah ini:
- Informasi dasar: Nama, Foto, Headline.
- Informasi kontak dan lokasi
- Pengalaman kerja dan pendidikan
- Keterampilan dan endorsement
- Ringkasan (summary)
Pastikan semua hal itu terisi dan bukan hanya asal terisi, namun terisi dengan menarik agar dilirik oleh HR.
Cara Membuat Profil LinkedIn Menarik
Foto LinkedIn yang profesional
LinkedIn adalah media sosial yang digunakan oleh para profesional untuk membangun jaringan, mencari pekerjaan, dan menunjukkan keterampilan mereka.
Pehatikan penggunaan foto profile Linkedin, karena ini adalah hal pertama untuk membuat LinkedIn menarik.
Karena itu, penting untuk menampilkan diri secara profesional, termasuk dalam foto profil Anda.
Contoh Foto Profil yang Profesional:
- Berpakaian Rapi: Gunakan pakaian yang sesuai dengan industri Anda. Biasanya, pakaian formal atau semi-formal lebih disarankan.
- Latar Belakang Sederhana: Pastikan latar belakang foto tidak mengganggu dan tetap profesional.
- Ekspresi Wajah: Tersenyum ringan dan terlihat ramah, tetapi tetap profesional.
- Foto Berkualitas Tinggi: Pastikan foto tidak buram dan diambil dengan pencahayaan yang baik.
Contoh foto profil yang profesional untuk LinkedIn:
Image: Freepik
Kesalahan yang Sering Dilakukan Fresh Graduate:
Banyak fresh graduate menggunakan foto yang kurang profesional, seperti foto selfie, foto dengan latar belakang yang tidak sesuai, atau foto dengan pakaian yang terlalu kasual. Foto-foto seperti ini bisa memberikan kesan bahwa Anda kurang serius dan kurang siap memasuki dunia profesional.
Image: Freepik
Dengan memilih foto profil yang tepat, akan membangun citra kalau Anda sudah serius untuk bekerja secara profesional.
Menulis headline LinkedIn yang menarik
Jangan remehkan headline.
Karena headline dapat menjadi penentu HR akan melihat lebih lanjut atau tidak profil LinkedIn Anda.
Cara membuat LinkedIn menarik untuk dilihat lebih lanjut adalah membuat HEADLINE YANG MENARIK.
Mengutip sebuah artikel dari 33rdsquare menambahkan heading pada Linkedin meningkatkan profile views hingga 8-10x.
Linkedin sendiri sudah membuat artikel tentang 10 Eye-Catching LinkedIn Profile Headlines to Inspire Your Own.
Namun, Abhitech akan memberikan beberapa contoh headline LinkedIn untuk fresh graduate yang dapat langsung dipalikasikan.
1. Tunjukan pendidikan dan keahlian Anda:
Fresh Graduate in Marketing | Performance Marketing, Social Media Strategy
2. Tunjukan pengalaman magang atau proyek yang pernah Anda pegang sebelumnya:
Data Analyst | Ex Internship at Multi National Company | Have an Experience on SQL
3. Gunakan kata kunci yang sering digunakan pada industri tersebut:
“Passionate Software Developer | Java & Python Enthusiast | Open to Opportunities”
4. Beritahu Ambisi dan Tujuan Anda kedepannya:
“Future Business Leader | MBA Graduate | Seeking Opportunities in Finance”
Mengisi ringkasan dengan cerita yang menarik
Foto profile yang profesional dan Headline yang menarik akan membuat HR masuk ke profile fresh graduate, setelah itu mereka akan mencoba mempelajari secara singkat tentang Anda.
Ingat, bukan hanya Anda yang sedang melamar pekerjaan. Sehingga, Anda harus terus membuat HR senang dengan profile Anda.
Karena dari itu penting untuk menulis summary di profile yang sangat menggambarkan Anda.
Pada summary ini lah kesan pertama tentang Anda akan muncul.
Berdasarkan penelitian Rydell dan McConnel (2006), kesan pertama akan berpengaruh pada penilaian personal terhadap seseorang, bahkan ketika ada bukti kontradiktif lain yang bisa membantah hal tersebut.
Hubspot menulis artikel tentang contoh summary di LinkedIn yang efektif dan juga tips agar summary Anda menarik perhatian.
Jika, diringkas poin-poin tersebut adalah:
1. Buat Diri Anda Mudah Dikenal:
Cara membuat LinkedIn menarik adalah penting secara langsung untuk menceritakan sedikit tentang siapa Anda. Apa yang sedang Anda lakukan, visi misi Anda, passion Anda.
Informasi ini akan membuat HR lebih mudah mengenal Anda secara personal.
2. Fokus pada Nilai yang Anda Tawarkan:
Setelah itu tunjukan keterampilan Anda saat ini dan juga pencapaian yang pernah Anda raih. Pastikan itu masih relevan dengan posisi yang Anda incar saat ini.
3. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Jujur:
KISS : Keep it simple, stupid
Jadilah sederhana.
Hindari jargon dan bahasa yang terlalu teknis pada industri Anda.
Cara terbaik untuk membuat LinkedIn menarik yaitu gunakan bahasa yang lebih general dan mudah dipahai oleh pembaca secara umum.
Anda dapat menggunakan jargon yang lebih teknis ketika sesi interview dengan user nantinya.
4. Berikan Ajakan untuk Bertindak (CTA):
Akhiri kalimat dengan mengajak orang untuk menghubungi Anda atau berdiskusi lebih lanjut, berikan kontak Anda agar HR yang tertarik mudah untuk menghubungi Anda, hal ini akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan.
Contoh Summary untuk Fresh Graduate agar profile Linkedin menarik untuk dilihat
Contoh 1: Untuk Fresh Graduate Teknik Informatika
Saya adalah fresh graduate dari Universitas XYZ dengan gelar di bidang Teknik Informatika. Selama kuliah, saya mengembangkan keterampilan dalam pemrograman, analisis data, dan pengembangan perangkat lunak.
Saya magang di PT. ABC, saya meningkatkan efisiensi sistem internal perusahaan sebesar 20%. Saya sangat antusias untuk memulai karir saya di bidang teknologi dan siap membawa dampak positif di perusahaan Anda. Silakan hubungi saya untuk diskusi lebih lanjut.
Contoh 2: Untuk Fresh Graduate Pemasaran
Sebagai fresh graduate dari Universitas XYZ dengan gelar di bidang Pemasaran, saya memiliki passion yang besar dalam digital marketing dan content creation. Selama kuliah, saya aktif terlibat dalam proyek-proyek pemasaran kampus yang meningkatkan engagement media sosial hingga 30%.
Saya mencari peluang untuk mengaplikasikan keterampilan saya di industri pemasaran dan siap berkontribusi untuk kesuksesan tim Anda. Mari kita bicarakan lebih lanjut!
Contoh 3: Untuk Fresh Graduate Akuntansi
Saya fresh graduate dari Universitas XYZ dengan gelar di bidang Akuntansi.
Saya telah mengembangkan keterampilan dalam pelaporan keuangan, audit, dan analisis data selama kuliah dan magang di PT. DEF. Pengalaman saya membantu tim akuntansi perusahaan meningkatkan akurasi laporan keuangan bulanan.
Saya sangat bersemangat untuk bergabung dengan tim yang dinamis dan berkontribusi pada kesuksesan finansial perusahaan Anda. Hubungi saya untuk diskusi lebih lanjut.
Menambahkan proyek dan portofolio
Jangan ragu untuk membuat postingan dan memamerkan proyek atau portofolio Anda sebelumnya.
Banyak fresh graduate yang ragu, karena merasa portofolio mereka tidak sebagus para profesional lain.
Sebenarnya, HR sudah mempunyai ekspektasi tersendiri jika mencari fresh graduate sehingga mereka tidak akan membandingkan portofolio Anda dengan para profesional yang Anda lihat.
Menurut Lead Connect ada beberapa alasan portfolio itu sangat penting
- Bukti nyata pekerjaan Anda selama ini.
Hal ini membantu Anda lebih menarik perhatian HR atau klien potensial dengan menunjukkan proyek yang telah Anda selesaikan, artikel atau posting blog, presentasi, dan lainnya
- Mengembangkan Personal Branding.
Dengan menambahkan portofolio Anda secara tidak langsung sudah menunjukan personal branding diri Anda sendiri. Ini memberikan bukti nyata dari keterampilan dan pengalaman Anda, dan akan terlihat lebih menarik di kondisi pencari pekerjaan yang semakin kompetitif.
- Meningkatkan Kepercayaan dan Kredibilitas.
Portofolio juga bisa meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas di mata calon pemberi kerja atau klien. Ini juga membantu HR atau klien menilai kemampuan lo berdasarkan bukti nyata.
Porotoflio sangat penting karena membuat Anda lebih terlihat lebih siap dalam mencari pekerjaan. Bahkan, banyak fresh graduate yang mendapat ajakan untuk bekerja hanya karena mereka memposting portofolio dan ketika dilihat sesuai dengan kebutuhan kantor.
Kesimpulan Mengapa LinkedIn Penting untuk Fresh Graduate.
Linkedin sangat penting untuk Anda yang fresh graduate baik untuk Mahasiswa, lulusan SMA, lulusan SMK, dan sebagainya. Bahkan, mereka yang sudah profesional di bidangnya masih aktif menggunakan LinkedIn untuk mencari informasi terbaru tentang industrinya.
Para HR juga banyak mencari kandidat lewat LinkedIn, karena beberapa hal seperti
- Visibilitas di Pasar Kerja: LinkedIn membantu HR menemukan kandidat yang cocok dan sedang “open to work”
- Jaringan Profesional: LinkedIn memungkinkan Anda untuk membangun dan memperluas jaringan profesional. Di LinkedIn Anda bisa terhubung dengan alumni, rekan kerja saat ini, dan para profesional di industri yang sedang Anda minati.
- Informasi Industri: LinkedIn adalah sumber informasi terbaru tentang industri Anda. Anda bisa mengikuti perusahaan, influencer, dan kelompok industri untuk mendapatkan wawasan dan berita terbaru yang relevan.
Untuk Anda, Fresh Graduate yang sedang mencari pekerjaan
Salah satu service Abhitech adalah Recruitment Agency perusahaan yang berfokus pada pengadaan tenaga kerja. Abhitech akan bekerja dengan berbagai perusahaan untuk membantu mereka menemukan kandidat yang sesuai dengan posisi yang tersedia.
Silahkan mengunjungi Abi Eportal disini.
Untuk Profesional, Rekomendasikan Abhitech ke Perusahaan Anda.
Dengan bantuan Abhitech, Anda dapat memastikan – Karyawan yang Anda cari masuk bulan depan.
Kami bukan hanya membantu dari rekrutmen, Abhitech juga dapat membantu hingga payroll, mencari man power outsourching, hingga Employer of Record (EOR) di Indonesia.
Silahkan hubungi Abhitech disini untuk diskusi dengan tim rekrutmen expert kami.