...
5 min read

Ketentuan Surat Perjanjian Kerja PKWTT + 4 Template Gratis

Recruitment

Merekrut talent yang tepat adalah tantangan besar bagi perusahaan yang sedang berkembang.

Full time, kontrak, part time, freelance? Bingung apa bedanya dan harus memilih yang mana? Jangan khawatir! 

Menawarkan posisi full time bisa menjadi solusi yang tepat karena jika perusahaan ingin menarik talent, perusahaan perlu menawarkan keamanan dan stabilitas kerja (perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari loyalitas dan komitmen yang lebih besar).

Pernahkah Anda mendengar ungkapan, “if it’s not written down, it didn’t happen“? 

Kontrak perjanjian kerja merupakan dokumen penting yang tidak bisa diabaikan begitu saja. 

Perjanjian kerja akan mengikat secara hukum dan mengatur tentang syarat, ketentuan serta hubungan kerja antara karyawan dan pemberi kerja, guna memberikan rasa aman bagi kedua belah pihak.

Sayangnya, tidak semua perusahaan memberlakukan kontrak kerja tertulis dengan karyawannya. 

Jika ada perusahaan yang memberlakukan kontrak kerja tertulis, sering kali tidak ditulis dengan baik dan memadai. 

Jangan melakukan kesalahan yang sama!

Kontrak kerja PKWTT yang tidak ditulis dengan akurat akan menyebabkan karyawan, terlebih top talent, tidak termotivasi kerja.

Kenapa?

Karena secara legal, karyawan tersebut tidak dilindungi dan tersistem dengan baik untuk si talent ini perform baik. akbitnya ga produktif. bahkan turnover akan tinggi.

Dalam artikel ini, akan dibahas apa itu surat perjanjian PKWTT, keuntungan, waktu yang tepat, cara menulis kontrak kerja, alasan pentingnya kontrak kerja PKWTT, dan dokumen hukum lainnya yang harus Anda siapkan.

 

? Download GRATIS 4 Template Surat Perjanjian Kerja PKWTT Disini!

 

Apa itu surat perjanjian PKWTT?

Tidak seperti kontrak PKWT, perjanjian PKWTT adalah kontrak yang tidak akan kadaluarsa. Perjanjian tetap berlaku sampai perusahaan atau karyawan memilih untuk mengakhiri hubungan kerjasama. 

Perjanjian tidak terbatas adalah kontrak yang ideal karena memberikan stabilitas dan rasa aman tenaga kerja yang akan berkontribusi perusahaan, sehingga loyalitas dan rasa tanggung jawab terhadap perusahaan akan lebih besar.

 

Kapan harus menggunakan PKWTT?

Jika perusahaan telah meninjau persyaratan HR dan yakin bahwa memang dibutuhkan seseorang untuk memenuhi posisi tersebut secara permanen.

 

→ Dapatkan panduan surat perjanjian pekerja lepas (freelance) dan 4 template perjanjian siap DOWNLOAD

 

Apa kerugian & keuntungan dari kontrak permanen?

Ada banyak keuntungan kontrak permanen yang akan menarik bagi karyawan dan membantu perusahaan untuk menarik dan mempertahankan talenta terbaik. 

 

Keuntungan

Keamanan kerja

Stabilitas memiliki pekerjaan tetap sangat menarik bagi karyawan. Hal ini memberikan ketenangan pada pikiran dan bukan tidak mungkin karyawan akan menginvestasikan diri mereka secara emosional dalam perusahaan, meningkatkan moral dan meningkatkan engagement karyawan.

 

Manfaat

Menawarkan manfaat seperti asuransi kesehatan, cuti berbayar, dan berbagai fasilitas lainnya adalah peluang utama bagi perusahaan untuk menarik talenta terbaik untuk bergabung dengan tim. Membantu karyawan untuk mencapai keseimbangan kehidupan kerja akan memastikan kepuasan dan efektivitas karyawan.

 

Peluang pengembangan karir

Ditawari kontrak permanen menunjukkan kepada karyawan bahwa ini bukan sebatas pekerjaan sementara, tetapi karier. 

Daripada menghabiskan uang dengan merekrut dan melatih staf yang tidak bertahan lama, lebih baik bagi bisnis untuk berinvestasi pada orang-orang yang dapat membangun masa depan perusahaan. 

Kontrak permanen menjaga talenta terbaik dalam jangka panjang sambil membantu karyawan mengembangkan keterampilan baru dan mengembangkan karir mereka. 

 

Kekurangan

Tanggung jawab yang lebih besar

Jika perusahaan melakukan pelanggaran pada kontrak, maka tanggung jawab yang harus dilakukan juga lebih besar. Perusahaan harus berhati-hati untuk tidak menyetujui persyaratan yang tidak dapat dipenuhi.

 

Lebih banyak pekerjaan administrasi

Karyawan tetap yang mendapatkan fasilitas di perjanjian seperti asuransi kesehatan, tabungan masa tua, dan lainnya menjadi tanggungan perusahaan. 

 

? Download GRATIS 4 Template Surat Perjanjian Kerja PKWTT Disini!

 

Apa yang biasanya ada dalam kontrak kerja tetap?

Perjanjian kerja permanen dimaksudkan untuk meletakkan dasar bagi hubungan dalam jangka waktu panjang dan bermanfaat. 

 

1) Nama Pekerjaan/Jabatan

Meskipun secara hukum tidak diwajibkan untuk mencantumkan jabatan yang mencerminkan pekerjaan yang akan dilakukan karyawan. Hal ini akan menentukan bagaimana karyawan merepresentasikan dirinya dan perusahaan kepada orang lain.

 

2) Deskripsi Pekerjaan

Meskipun tidak semua kontrak berisi deskripsi pekerjaan, namun deskripsi pekerjaan yang dicantukan pada kontrak dapat membantu pekerja memperjelas ekspektasi perusahaan.

 

Deskripsi pekerjaan tidak boleh terlalu spesifik (untuk memungkinkan perubahan) atau terlalu luas (agar seorang karyawan tidak memiliki tanggung jawab lebih dari yang dapat mereka tangani). 

 

3) Durasi Bekerja

Perjanjian permanen umumnya tidak memiliki jangka waktu tetap, tetapi mencantumkan ketentuan pembayaran dalam hal notice period atau pesangon.

 

4) Kompensasi Dasar dan Bonus

Kontrak kerja PKWTT harus mencakup gaji tahunan atau tarif per jam karyawan, serta informasi tentang kenaikan gaji, bonus, atau insentif.

 

5) Benefit

Jelaskan manfaat apa yang termasuk dalam paket tersebut seperti perawatan medis, gigi dan mata, serta manfaat tambahan apa pun.

Perusahaan harus memastikan untuk menjelaskan secara menyeluruh kebijakan waktu istirahat. 

Bagaimana hari libur dibayar dialokasikan atau diperoleh? 

Bisakah karyawan mengatur jam kerja? 

Bagaimana perhitungan lembut? 

Persyaratan cuti?

Fasilitas mulai dari biaya perjalanan dan penggantian biaya hingga mobil perusahaan juga perlu dijelaskan.

 

6) Pemutusan

PKWTT  harus memuat ketentuan untuk pemutusan kontrak lebih awal. Tergantung pada bagaimana hubungan berakhir, perusahaan mungkin memiliki kewajiban yang berbeda kepada karyawan. Jelaskan apa yang diperlukan bagi salah satu pihak untuk mengakhiri hubungan, termasuk notice period yang diperlukan dan apakah itu harus ditulis.

 

7) Perjanjian Pembatasan

Di industri tertentu, seperti bidang keuangan, teknologi, dan farmasi, perusahaan dapat memasukkan klausul dalam perjanjian karyawan yang membatasi informasi yang dapat dibagikan oleh karyawan dan apa yang dapat mereka lakukan selama dan setelah kontrak mereka.

Perjanjian kerahasiaan

Klausul ini akan mencegah karyawan membagikan rahasia atau kekayaan intelektual perusahaan.

Klausa non-bersaing

Majikan dapat membatasi kemampuan karyawan untuk bekerja pada kompetitor dengan klausul ini. Harus dicantumkan juga periode berlakunya, sehingga setelah itu karyawan dapat melakukan apa yang mereka suka.

Hak milik intelektual

Perusahaan mungkin ingin menentukan bahwa setiap kekayaan intelektual yang diciptakan karyawan selama masa jabatan mereka adalah milik perusahaan dan bukan individu.

 

8) Ketentuan Hukum

Kontrak kerja permanen harus mencakup ketentuan hukum yang dapat dipastikan validitasnya. 

Arbitrasi

Para pihak dapat memilih apakah akan menengahi perselisihan di masa depan. Perusahaan sering menuntut arbitrase karena lebih murah dan lebih cepat daripada pengadilan, dan dirahasiakan.

 

Seluruh perjanjian

Kedua belah pihak dapat menyetujui bahwa kontrak tertulis merupakan “keseluruhan perjanjian,” dan tidak akan dapat meminta kontrak tersirat atau lisan sebelumnya.

 

→ Cara membuat perjanjian part time yang tidak cacat hukum & 4 template surat khusus pekerja paruh waktu

 

Perubahan perjanjian kontrak sementara menjadi permanen

Tidak semua karyawan tetap memulai dengan kontrak tetap. Apa aturan kerja sementara hingga permanen?

 

Probation

Untuk memastikan karyawan baru siap, perusahaan mungkin meminta karyawan untuk menandatangani kontrak jangka tetap untuk masa probation tiga bulan. 

Perusahaan akan menggunakan masa probation untuk menentukan apakah karyawan tersebut cocok dengan budaya perusahaan. Masa percobaan dapat mengkonfirmasi apakah karyawan mampu melakukan tanggung jawab mereka.

 

Memutus Kontrak Permanen

Bisakah karyawan menghentikan kontrak kerja permanen? Bisa! Ada beberapa cara untuk mengakhiri kontrak permanen. 

 

Pengunduran diri

Biasanya jika seorang karyawan mengakhiri kontrak dengan mengundurkan diri, mereka tidak menerima apa pun selain gaji mereka selama hari terakhir bekerja ditambah liburan yang masih harus dibayar. 

Kontrak tersebut bisa saja memberikan hak kepada karyawan yang mengundurkan diri untuk secara penuh atau prorata dari komisi karyawan, bonus yang dijamin, atau pembayaran untuk pekerjaan yang telah diselesaikan.

 

Penghentian

Jika perusahaan memilih untuk mengakhiri hubungan, pemutusan hubungan kerja akan terbagi dalam dua kategori yang diuraikan dalam kontak: “dengan sebab” atau “tanpa sebab.” 

Pemutusan hubungan kerja dapat dianggap “dengan alasan” jika karyawan tersebut dituduh melakukan kesalahan yang disengaja, pembangkangan, pengabaian pekerjaan atau pelanggaran kontrak. Pemutusan “dengan sebab” berarti karyawan tidak mendapatkan remunerasi tambahan

Pemutusan hubungan kerja “tanpa sebab” akan menawarkan periode pembayaran kepada karyawan, seringkali berkisar dari beberapa minggu hingga satu tahun. Akibatnya, jangka waktu tetap kontrak kemudian berubah menjadi perjanjian pesangon.

 

Template surat perjanjian kerja PKWTT

Butuh template perjanjian layanan freelance? Dapatkan template surat perjanjian kerja PKWTT secara GRATIS

 

Kesimpulan

Jika Anda seorang employer atau karyawan, menyetujui ruang lingkup kerja dan persyaratan keterlibatan dalam kontrak formal sangat penting. 

Selalu pastikan bahwa ruang lingkup dan persyaratan pembayaran diatur dalam perjanjian sehingga masalah tidak muncul di akhir masa kerja sama.

Untuk menyusun kontrak kerja PKWTT, Anda harus memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang undang-undang ketenagakerjaan, praktik umum di lingkungan kerja di Indonesia serta kemampuan bahasa Indonesia. .

Tim Abhitech memastikan surat kontrak kerja karyawan anda sesuai dengan regulasi ketenagakerjaan terbaru di Indonesia. Bahkan melalui bantuan Abi People, Anda bisa menyusun kontrak kerja yang terperinci secara otomatis. 

Klik disini sekarang juga untuk mendapat bantuan menusun kontrak kerja yang rinci dan secara otomatis.

Apabila Anda ingin mempunyai proses HR yang lebih efektif, tidak memakan waktu, dan membuat Anda fokus pada hal yang lebih efisien, Anda dapat menghubungi Abhitech.

Was this article helpful?
5 of 5