Slip Gaji: Fungsi, Format, dan Contoh yang Wajib Diketahui!

Setiap pekerja yang telah menyelesaikan tugasnya wajib mendapatkan upah, atau sering juga disebut dengan gaji. Slip gaji merupakan kewajiban, baik itu bagi perusahaan, customer, atau klien, untuk membayar sejumlah upah tertentu kepada karyawan. 

Ketika karyawan menerima gaji, diperlukan slip gaji sebagai bukti pembayaran. Jumlah gaji yang diterima tertulis sebagai dokumentasi baik untuk pihak perusahaan atau lembaga sebagai pengeluar gaji maupun sebagai karyawan. 

Pay slip berperan penting untuk menunjukkan keakuratan besaran angka gaji karyawan. Dokumen ini berisikan gaji kotor dan bersih pekerja, serta informasi lain yang diperlukan. 

Oleh sebab itu perusahaan selaku pihak yang membayar gaji harus memahami seluk beluk slip gaji dengan benar. Tapi bagaimana cara membuatnya? Informasi apa yang harus disajikan? Format mana yang harus dimiliki? Anda akan menemukan semua jawaban atas pertanyaan Anda tentang slip gaji di bawah ini.

Download Excel Slip Gaji Siap Pakai

Apa itu Slip Gaji?

Slip gaji (pay slip) adalah dokumen yang dibuat dan diberikan oleh employer kepada karyawannya pada waktu yang sama dengan pembayaran gaji mereka, bisa itu mingguan, dua bulanan atau bulanan. 

Dokumen ini adalah bukti resmi penggajian atau informasi seperti jumlah besaran gaji pokok karyawan, pajak PPh21, dan tunjangan sosial. Bonus gaji biasanya juga dicantumkan ke dalam slip secara rinci. 

Bukti penggajian dapat berupa kertas atau soft file yang dikirimkan ke karyawan. 

Employer terikat secara hukum untuk menerbitkan pay slip kepada karyawannya secara berkala, sebagai bukti pembayaran gaji kepada karyawan dan pemotongan yang dilakukan.

 

Pekerja Apa Saja yang harus Menerima Slip Gaji?

Setiap pekerja yang dipekerjakan oleh perusahaan Anda. 

Jika perusahaan tidak memberikan bukti pembayaran berulang, karyawan berhak meminta sertifikat gaji.

 

Pentingnya bagi Perusahaan

Tujuan pemberian dokumen pay slip  dari pengusaha kepada karyawan adalah sebagai pencatatan pengeluaran gaji yang dibayarkan perusahaan kepada karyawan. 

Selain itu, pay slip juga dapat digunakan sebagai bukti resmi bahwa perusahaan telah melakukan kewajibannya terhadap karyawan yang bersangkutan.

 

Pentingnya bagi Pekerja

Bagi pekerja, pay slip merupakan bukti kejelasan proses penggajian atau sebagai informasi potongan pajak dan penyetoran pajak penghasilan. 

Namun selain kegunaan dan manfaat di atas, banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan pay slip. Beberapa diantaranya adalah pengajuan KPR, mengajukan kredit tanpa agunan, kredit mobil atau motor, dan sebagainya, slip ini bisa menjadi jaminan.

 

Cara Cepat & Mudah Membuat Slip Gaji Karyawan

Peraturan Pemerintah

Peraturan Pemerintah (PP) No. 78 tahun 2015 Pasal 17 ayat (2) mengenai Pengupahan dinyatakan bahwa pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran upah yang memuat rincian upah yang diterima oleh karyawan / buruh pada saat upah dibayarkan.

Itulah yang menjadi dasar hukum bahwa perusahaan wajib memberikan pay slip kepada karyawannya.

 

Komponen 

Setiap pay slip harus memuat beberapa data tertentu, seperti:

  • Informasi pribadi karyawan;
  • Payroll number karyawan;
  • Tax period dan tax code;
  • Jumlah pembayaran sebelum pemotongan, atau gaji kotor. 

Ini termasuk gaji pokok serta semua tunjangan yang diberikan kepada karyawan (misalnya, tunjangan transportasi, tunjangan kesehatan, atau tunjangan kinerja);

  • Berbagai pemotongan, yang meliputi pajak, jaminan sosial, asuransi, dan skema pensiun;
  • Jumlah gaji yang tersisa setelah semua pemotongan ini, atau gaji bersih.
  • Jika berlaku, juga dapat dilampirkan reimbursement berbagai biaya serta benefit tempat kerja.

 

Format Slip Gaji

Tidak ada peraturan baku yang mengatur format penulisan dokumen gaji, tetapi terdapat format-format yang biasa digunakan. Mengikuti format yang ada akan memastikan bahwa pay slip yang Anda hasilkan jelas dan mudah dibaca. 

Tentu Anda ingin pay slip berisi semua informasi yang diperlukan dan terlihat profesional. Untuk memastikan pay slip Anda diformat dengan benar, ikuti panduan berikut:

Nama Perusahaan

Format awalan pastinya adalah nama perusahaan yang bertanggung jawab atas pembayaran kepada karyawan terkait. Jika tidak ada nama perusahaan yang tercantum, maka tidak ada kejelasan isi informasi karyawan secara keseluruhan.

 

Menyatakan kerahasiaan dokumen

Tepat di bawah nama perusahaan yang terdaftar, terdapat konten yang isinya dalam format ini bersifat rahasia. Kementerian biasanya ditulis “Pribadi dan Rahasia”, artinya hanya karyawan yang terdaftar yang dapat mengetahui isi slip tersebut.

 

Tanggal pembayaran dan data karyawan

Bagian ini memiliki tanggal pembayaran untuk memberikan kejelasan kapan slip perusahaan diberikan kepada karyawan. Penulisan data pegawai juga harus lengkap berupa nama pegawai, penjelasan sub bagian, nomor pegawai, dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

 

Jumlah gaji dan jumlah pemotongan

Komponen yang paling banyak dilihat karyawan adalah komponen utama, sesuai dengan namanya. Informasi ini berisi pendapatan, termasuk gaji pokok, tunjangan, dan insentif lainnya.

Komponen pengurangan meliputi:

  • Asuransi kesehatan,
  • rencana tabungan karyawan,
  • Hutang ke perusahaan,
  • iuran keanggotaan karyawan, dan
  • Yang lain menyesuaikan kebijakan pemotongan perusahaan.
  • Deskripsi lengkap pembayaran
  • Komponen ini berisi pendapatan tahun berjalan sebelum pemotongan pajak, pendapatan tahun berjalan setelah pemotongan pajak, pajak bulan berjalan, jumlah uang yang diperoleh karyawan, dan nama bank sebagai lembaga pembayar.

Informasi ini penting sebagai penjelasan rinci tentang apa yang dibutuhkan karyawan untuk mengetahui asal usul pendapatan uang.

 

Template Slip Gaji

Ada berbagai format untuk membuat pay slip, dari yang sederhana untuk usaha kecil hingga yang lebih kompleks untuk perusahaan besar. 

Selain itu, berbagai tools ada untuk membantu Anda membuat slip gaji, salah satunya adalah template Excel Slip Gaji yang dapat Anda download dan gunakan sekarang juga!

 

Kesimpulan

Pentingnya HR perusahaan menjadikan slip gaji sebagai alat dan bukti penghargaan yang diterima karyawan atas pekerjaan yang dilakukan karyawan. 

Jika perusahaan kesulitan mengelola pay slip karyawan, Anda bisa menggunakan service Abi Payroll.

Dengan Abi Payroll, Anda dapat mengatur pay slip secara otomatis. Semua tugas HR dan administrasi karyawan Anda seperti perhitungan gaji, pengelolaan daftar cuti dan kehadiran, proses reimbursement, dan kegiatan operasional lainnya ditangani oleh tim Abhitech

Related Posts