...
5 min read

HR Service Vs Software HR: Perbedaan & Keunggulannya

Outsourcing

Memilih opsi terbaik bagi hr perusahaan. software atau service?

Di balik setiap bisnis yang sukses terdapat departemen Human Resource yang kuat. 

Mengelola masalah HR sehari-hari bukanlah tugas sederhana. Masalah yang datang seringkali memakan waktu dan sulit untuk dinavigasi.

Jika perusahaan kekurangan tim HR atau tim HR tidak punya waktu untuk menangani berbagai aspek HR yang rumit dan memakan waktu, Anda mungkin telah mempertimbangkan untuk memakai layanan HR outsourcing atau membeli software HR.

HR Outsourcing Service VS HR Software telah lama menjadi perdebatan sengit. 

Mana yang lebih menguntungkan bagi perusahaan anda?

Dulu, mungkin hanya perusahaan dengan budget besar yang mampu membayar HR Outsourcing atau HR Software. Keterbatasan teknologi, staf, dan budget membuat perusahaan-perusahaan kecil tidak mempertimbang layanan ataupun software HR. 

Kemajuan teknologi membantu software payroll dan HR yang lebih terjangkau di pasaran saat ini, sehingga biaya outsourcing menjadi hilang, tapi bukan berarti outsourcing tidak bermanfaat bagi perusahaan.

Terdapat perbedaan antara HR Service Vs HR Software dan masing-masing memiliki keunggulan dibandingkan yang lain. 

Apa saja perbedaan dan keunggulan HR Service Vs HR Software? Temukan jawabannya dibawah!

 

Apa itu Human Resource?

Sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan HR atau software HR, Anda harus terlebih dahulu mempelajari apa itu Human Resources. Singkatnya, HR berkaitan dengan manusia dalam suatu organisasi. “People Management” adalah pekerjaan yang penting namun menantang karena manusia dan sifatnya yang dinamis.

Tidak ada dua orang atau karyawan yang sama persis dalam hal perilaku, perasaan, dan kemampuan mental. Manusia tidak dapat diubah dan digeser seperti pola dalam layout ruangan atau digunakan seperti mesin karena mereka berpikir, merasakan, dan responsif.

HR adalah proses mengelola orang-orang dari sebuah perusahaan atau bisnis menggunakan pendekatan manusia. Pendekatan tenaga kerja dalam HR memungkinkan manajer untuk melihat karyawan mereka sebagai sumber daya yang penting. 

Hal ini memungkinkan organisasi untuk menggunakan tenaga mereka tidak hanya untuk memberikan manfaat bagi perusahaan, tetapi juga untuk pengembangan, kepuasan diri, dan pertumbuhan orang itu sendiri. Pada dasarnya, HR adalah sistem yang berfokus pada pengembangan karyawan dan people management yang efektif.

Jika sebuah perusahaan dapat mempercayai dan bergantung pada kekuatan capital asset, maka perusahaan juga dapat mempercayai dan bergantung pada orang-orangnya dengan memanfaatkan komitmen, bakat, dedikasi, dan kemampuan mereka.

Seringkali masalah dalam perusahaan berasal dari manusia ketimbang technical issue, atau ekonomi, Human Resource berperan penting dalam keberhasilan setiap perusahaan. Seperti yang dikatakan Oliver Sheldent:  

“No industry can be rendered efficient so long as the basic fact remains unrecognized that it is principally human.”

 

Bantuan Pihak Ketiga

Saat ini perusahaan dengan berbagai ukuran memiliki opsi layanan yang tersedia bagi mereka dalam hal menangani kebutuhan Human Resource, salah satunya adalah outsourcing.

HR Outsourcing adalah proses di mana perusahaan menggunakan jasa pihak ketiga untuk mengurus fungsi HR-nya. Sebuah perusahaan dapat mengalihdayakan beberapa atau semua aktivitas terkait HR ke satu atau kombinasi layanan. 

Umumnya fungsi HR di outsource adalah kegiatan administrasi yang berulang, seperti rekrutmen, payroll, hingga pengelolaan data karyawan. 

Pekerjaan berulang seperti itu dapat dengan mudah diserahkan kepada pihak ketiga yang spesialis sehingga memberikan hasil yang sangat baik, dan mengarah pada penghematan biaya dan usaha yang signifikan. 

Solusi ini membantu mengatasi cost dan kerumitan dalam mengelola sistem HR. HR Outsourcing dibagi menjadi tiga jenis:

  1. Application Service Provider (Software HR)

Application service provider adalah vendor yang menyediakan layanan HR berbasis komputer untuk pelanggan melalui suatu jaringan.

HR application service provider menyediakan software dan infrastruktur sebagai layanan. Sederhananya, perusahaan Anda akan mendapat akses ke software mereka melalui cloud.

HR Online software atau berbasis cloud membantu Anda mempertahankan HR in house, tetapi secara signifikan streamline proses HR. HR Online software menyediakan fitur seperti manajemen karyawan, pembuatan dan penyimpanan dokumen bisnis, dan attendance tracking & manajemen cuti.

Namun banyak penyedia perangkat lunak HR menawarkan alat dan fitur tambahan seperti:

  • Employee self-service portals
  • Training platforms dan employee training programs
  • Tools untuk manage hiring dan onboarding karyawan baru

Jika memilih application service provider, Anda harus mempersiapkan tim dan waktu khusus untuk mengoperasikan software tersebut.

Keuntungan: Dengan biaya yang cenderung lebih murah, software HR dapat streamline manajemen internal untuk membebaskan waktu dan resource untuk digunakan di tempat lain.

Kekurangan: Pada dasarnya, project HR ini memakan waktu masih dikelola oleh karyawan perusahaan. Meskipun software HR harus dilengkapi dengan basic support, vendor tidak akan memberi Anda nasihat tentang masalah HR.

 

  1. Business Process Outsourcing

Business Process Outsourcing (BPO) adalah jenis outsourcing di mana perusahaan mengalihdayakan aktivitas/proses tertentu yang terkait dengan bisnisnya ke penyedia layanan pihak ketiga.

Misalnya, dari proses dapat mencakup payroll, HR, dukungan teknis kepada pelanggan. 

Outsourcing Proses Bisnis dapat terdiri dari 2 jenis:

  1. Outsourcing back-office: melibatkan outsourcing fungsi bisnis internal seperti penggajian, HR, dll.
  2. Outsourcing front-office: melibatkan outsourcing proses terkait pelanggan seperti dukungan teknis, pemeliharaan, dll.

Keuntungan: Dengan outsource proses HR yang memerlukan pengawasan signifikan, pemilik bisnis dapat menghemat banyak waktu dan sumber daya. Semua untuk pengeluaran lebih sedikit daripada pendekatan yang dikelola sepenuhnya.

Kekurangan: Pendekatan akan bervariasi dari bisnis ke bisnis. Penting untuk hati-hati memilih mitra HR, dan proses mana yang dialihdayakan, untuk memastikan value uang.

 

  1. Total HR Outsourcing

Perusahaan sangat bisa melakukan outsourcing setiap aspek HR ke perusahaan outsourcing HR spesialis. Total HR Outsourcing  ini seperti memiliki departemen HR internal Anda sendiri, meskipun disediakan oleh penyedia pihak ketiga.

Dalam jenis outsourcing ini, seluruh fungsi HR dijalankan oleh penyedia layanan. Perusahaan klien hanya memiliki HR profesional senior yang juga ahli strategi HR. Sejumlah fungsi non-strategis dan kontak karyawan dilakukan oleh penyedia layanan.

Semuanya, mulai dari dokumentasi dasar hingga masalah disiplin dan project HR jangka panjang akan ditangani untuk Anda – membebaskan business owner dari hampir semua pekerjaan dan tanggung jawab terkait HR.

Total HR Outsourcing membantu mengisi skill gap in-house HR, dan meningkatkan HR operasional secara keseluruhan, seringkali dengan biaya yang lebih murah. 

Jika sebelumnya application service provider hanya menyediakan software, Total HR Outsourcing menyediakan software + tim khusus untuk menangani tugas administratif di perusahaan Anda.

Keuntungan: Total HR Outsourcing akan menghemat banyak waktu dan resource untuk diberdayakan pada fokus lain dalam bisnis. Ini juga berarti bahwa semua masalah HR akan ditangani oleh ahli HR yang berkualitas.

Kekurangan: Seperti yang Anda duga, HR  yang dialihdayakan sepenuhnya memiliki biaya yang lebih tinggi. 

 

Total HR Outsourcing Vs Application Service Provider (Software HR)

Jika HR Software memberi perusahaan perangkat lunak yang dapat digunakan melalui cloud, Managed Service membantu perusahaan lebih jauh lagi. 

Total HR Outsourcing menyediakan support tambahan dengan mengurus kebutuhan HR In-house perusahaan. Beberapa diantaranya adalah:

Focus Business

Application Service Provider: Automasi sebagian besar fungsi HR

Total HR Outsourcing: Automasi dan streamline fungsi HR perusahaan, sehingga meningkatkan produktivitas, sehingga Anda dapat fokus pada core business

HR Expertise

Application Service Provider: Teknologi HR yang canggih akan menampilkan insights yang lebih banyak

Total HR Outsourcing: Memberikan expertise seputar HR yang mungkin tidak dimiliki oleh tim in house perusahaan Anda

Compliance

Application Service Provider: Software yang up-to-date membuat Anda tetap on track pada aturan hukum yang berlaku

Total HR Outsourcing: Expert di bidang hukum dan regulasi; sehingga menghindari perusahaan konsekuensi keuangan yang serius

Staff 

Application Service Provider: Menggunakan staff in-house untuk mengoperasikan software HR.

Total HR Outsourcing: Mendapat HR profesional yang sangat terampil untuk menangani HR perusahaan. Anda tidak perlu khawatir tentang rekrutmen hingga streamline tim, atau masalah terkait HR lainnya.

 

Software VS Service: Jadi Pilih yang Mana?

Human Resource merupakan aspek krusial dalam perusahaan yang sering kali ditangani dengan tidak tepat.

Tidak jarang fungsi HR ditangani oleh owner, atau bantuan dari akuntan atau siapapun pada perusahaan yang dapat menjalankan fungsi tersebut.

Fungsi HR dilakukan oleh profesional pada bidang lain, hingga akhirnya sadar bahwa perusahaan kehilangan resource berpengalaman di bidang tersebut. 

Perdebatan yang sebenarnya adalah apakah Anda benar-benar membutuhkan HR internal? 

Jadi solusinya?

Total HR Outsourcing! Abhitech terus mengembangkan fungsi HR in-house untuk bisnis Anda sejak awal.

Abhitech menyediakan tim yang berpengalaman bersama dengan software HR yang telah terbukti untuk mengembangkan fungsi HR dan mendorong budaya HR yang terstruktur di organisasi Anda.

Jadi, daripada mencoba membangun HR dengan coba-coba, Abhitech menghadirkan expert untuk membantu Anda mengembangkannya!

Cari tau selengkapnya mengenai HR Managed Service Abhitech!

Masing mempertimbangkan inhouse atau outsource? Hitung cost keduanya di ROI Calculator Abhitech

 

 

Apabila Anda ingin mempunyai proses HR yang lebih efektif, tidak memakan waktu, dan membuat Anda fokus pada hal yang lebih efisien, Anda dapat menghubungi Abhitech.

Was this article helpful?
5 of 5