...
2 min read

Apa itu Cuti dan Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Gaji?

Payroll

Cuti adalah periode waktu ketika seorang karyawan diberikan izin resmi untuk tidak masuk bekerja oleh perusahaan tempatnya bekerja.

Ada beberapa jenis cuti, seperti cuti tahunan, cuti sakit, cuti melahirkan, cuti bersama, dan lain sebagainya. Setiap jenis cuti memiliki aturan dan ketentuan yang berbeda sesuai dengan peraturan perusahaan dan peraturan perundangan yang berlaku di negara tersebut.

 

Baca juga: 7 Jenis Cuti Karyawan Menurut UU Terbaru

 

Pengaruh cuti terhadap gaji karyawan bervariasi tergantung pada jenis cuti dan kebijakan perusahaan. Berikut beberapa hal yang umumnya terjadi terkait pengaruh cuti terhadap gaji karyawan:

 

Cuti Tahunan
Cuti tahunan adalah hak setiap karyawan untuk mendapatkan cuti selama satu tahun kerja penuh. Selama cuti tahunan, biasanya gaji karyawan tetap dibayarkan penuh sesuai dengan haknya sebagai karyawan yang sedang beristirahat. Perusahaan wajib memberikan gaji penuh selama cuti tahunan berlangsung.

 

Baca juga: Peraturan & Cara Mengajukan Cuti Menikah [Contoh Surat Cuti Menikah]

 

Cuti Sakit
Cuti sakit adalah cuti yang diberikan ketika seorang karyawan mengalami sakit atau tidak mampu bekerja karena alasan kesehatan. Pengaruhnya terhadap gaji karyawan tergantung pada kebijakan perusahaan. Beberapa perusahaan mungkin memberikan gaji penuh selama cuti sakit, sementara yang lain hanya memberikan sebagian gaji atau tanpa gaji sama sekali.
Baca juga: Ketentuan Cuti Sakit Karyawan Sesuai Peraturan Kemenaker

 

Cuti Melahirkan
Cuti melahirkan adalah cuti yang diberikan kepada karyawan perempuan yang sedang hamil dan melahirkan. Biasanya, karyawan perempuan memiliki hak atas cuti melahirkan dengan gaji penuh selama periode tertentu sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.
Baca juga: Pahami Hak Cuti Melahirkan Ini! Free 4 Contoh Surat Cuti Melahirkan

 

Cuti Bersama
Cuti bersama adalah cuti yang diberikan pada waktu-waktu tertentu, seperti hari raya keagamaan atau peristiwa penting lainnya. Pengaruhnya terhadap gaji karyawan bervariasi, tergantung pada kebijakan perusahaan dan peraturan yang berlaku.

 

Baca juga: Ketahui Aturan dan Hak Cuti Berkabung Karyawan

 

Penting untuk diketahui bahwa setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda-beda terkait cuti dan pengaruhnya terhadap gaji.

Oleh karena itu, sebaiknya karyawan mengetahui dan memahami kebijakan cuti perusahaan tempatnya bekerja agar tidak terjadi kesalahpahaman terkait gaji dan hak cuti yang diberikan.

Jika ada ketidakjelasan, sebaiknya karyawan berkonsultasi dengan bagian HR  atau manajemen perusahaan untuk mendapatkan informasi yang jelas dan akurat terkait cuti dan pengaruhnya terhadap gaji.

Apabila Anda ingin mempunyai proses HR yang lebih efektif, tidak memakan waktu, dan membuat Anda fokus pada hal yang lebih efisien, Anda dapat menghubungi Abhitech.

Was this article helpful?
5 of 5