...
2 min read

Apa itu Cuti Tahunan?

People Management

Cuti tahunan adalah jenis cuti yang diberikan kepada karyawan oleh perusahaan atau pemberi kerja setiap tahunnya. Cuti tahunan biasanya merupakan hak bagi karyawan yang telah bekerja dengan perusahaan selama jangka waktu tertentu.

Tujuan dari cuti tahunan adalah untuk memberikan kesempatan kepada karyawan untuk beristirahat, mengambil waktu untuk diri sendiri, menghabiskan waktu bersama keluarga, atau melakukan aktivitas lain yang menyegarkan pikiran setelah bekerja dalam jangka waktu yang cukup lama.

Disebutkan dalam Undang-Undang No 13 Tahun 2003 Pasal 79 ayat (2), Setiap karyawan berhak atas 12 hari cuti tahunan, dengan kondisi karyawan tersebut sudah bekerja minimal 12 bulan secara berturut-turut di perusahaan tersebut.

 

Baca juga: 7 Jenis Cuti Karyawan Menurut UU Terbaru

 

Beberapa hal penting mengenai cuti tahunan:

Durasi Cuti: Durasi cuti tahunan dapat bervariasi, tergantung pada kebijakan perusahaan dan peraturan ketenagakerjaan yang berlaku di negara atau wilayah tempat karyawan bekerja. Biasanya, karyawan berhak atas 12 hari cuti dalam satu tahun.

Pemberian Cuti: Pemberian cuti tahunan bisa berbeda-beda, misalnya cuti tahunan dapat diberikan secara langsung setelah karyawan mencapai masa kerja tertentu (misalnya 1 tahun kerja), atau ada juga yang menerapkan sistem akumulasi cuti dari bulan ke bulan.

Pengajuan Cuti: Karyawan biasanya diharuskan untuk mengajukan permohonan cuti tahunan ke departemen sumber daya manusia (SDM) atau atasan sebelum jadwal cuti yang diinginkan. Pengajuan cuti ini biasanya harus dilakukan dalam jangka waktu tertentu sebelum tanggal cuti yang diinginkan.

Gaji Selama Cuti: Selama cuti tahunan, karyawan mungkin berhak menerima gaji atau upah yang tetap, tergantung pada kebijakan perusahaan. Beberapa perusahaan dapat membayar gaji penuh selama cuti tahunan, sedangkan yang lain mungkin membayarnya dengan proporsi tertentu.

 

Baca juga: Ketahui Aturan dan Hak Cuti Berkabung Karyawan

 

Cuti tahunan adalah hak bagi karyawan dan dianggap sebagai bagian penting dalam menjaga keseimbangan antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi.

Penting bagi karyawan untuk memahami kebijakan cuti tahunan yang berlaku di perusahaan tempat mereka bekerja dan mengajukan cuti sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan.

Apabila Anda ingin mempunyai proses HR yang lebih efektif, tidak memakan waktu, dan membuat Anda fokus pada hal yang lebih efisien, Anda dapat menghubungi Abhitech.

Was this article helpful?
5 of 5